Kampung Tridi Malang: Kampung Tematik yang Bikin Betah Selfie

Kampung Tridi Jodipan Malang

gizeline | Traveler
Malang, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
19 Feb 2020


Kampung Tridi Malang: Kampung Tematik yang Bikin Betah Selfie
Suka hunting foto? Coba dateng ke Kampung Tridi di Malang ini guys. Kalian pasti akan betah berlama-lama selfie di kampung tematik yang satu ini. Seindah apa kampungnya? Simak ulasanku yuk

How to Get There

Setelah makan Rujak Manis Semeru dan menjelajah Alun-alun Kota Malang, perjalanan berlanjut ke sebuah wisata yang cukup hits belakangan ini yaitu Kampung Tridi Jodipan. Kampung yang masuk dalam kategori kampung terbaik di Malang ini berlokasi di Jalan Tumenggung Ledok, Kelurahan Kesantrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Lokasi Kampung Tridi ini bisa dibilang cukup strategis guys karena letaknya bisa dijangkau dengan sangat mudah dan banyak transportasi umum yang menuju kesana. Kampung Tridi ini jaraknya hanya sekitar 500 Meter dari Stasiun Malang, kalian bisa jalan kaki ke arah selatan sampe ketemu SPBU. Nah, lokasi Kampung Tridi ini tinggal menyebrang jalan di depan SPBU tadi. 

What to Do

Memasuki gapura Kampung Tridi ini, kalian akan melihat berbagai warna diatas rumah warga yang membuat Kampung Tridi ini terlihat sangat indah dari kejauhan. Karena aku naik motor barengan sama temenku, kami langsung memarkir motor di lahan yang udah disediakan oleh pengelola wisata ini.

Kami membayar karcis Rp 8.000 untuk dua orang dimana biaya ini udah termasuk Rp 2.000 karcis parkir dan Rp 3.000 untuk tiket masuk ke Kampung Tridi ini. Anyway, dengan harga Rp 8.000 ini juga kami udah mendapatkan 2 souvenir gantungan kunci yang lucu.

Kampung Tridi Jodipan Malang

Berfoto adalah menjadi hal yang wajib dilakukan jika kalian berkunjung ke Kampung Tridi ini guys. Kalian bisa menemukan ragam gambar 3 dimensi yang menarik sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Hampir setiap rumah di kampung ini ada gambar-gambar unik yang bisa dijadikan spot foto lho guys.

Kampung Tridi Jodipan Malang

Saat pertama masuk ke Kampung Tridi ini, dekat gapura sebelum jembatan Sungai Brantas, kalian bisa melihat keunikan di Kampung Tridi ini. Ada tulisan besar Kampung Tridi dan berbagai spot selfie yang cantik banget. Terdapat gambar-gambar di sebelah kiri jalan, sementara di sisi kanan terlihat keindahan rumah-rumah warga dengan berbagai macam warna.

Kampung Tridi Jodipan Malang

Kampung Tridi ini dibentuk oleh inisiatif warga yang awalnya hanya ingin membetulkan gapura masuk kampung. Kemudian mereka berinisiatif untuk membuat kampung dengan tema tertentu, karena sebelumnya udah ada kampung warna warni yang berada tak jauh dari kampung ini. Akhirnya tercetuslah ide untuk membuat beberapa gambar 3 dimensi yang kemudian menarik banyak pengunjung karena tersebar di sosial media.

Kampung Tridi Jodipan Malang

Kampung Tridi Jodipan Malang

Kampung Tridi Jodipan Malang
Kampung Tridi Jodipan Malang

Kampung Tridi Jodipan Malang

Karena keunikannya inilah membuat Kampung Tridi dipilih menjadi lokasi syuting film “Yo Wis Ben” yang dibintangi oleh Bayu Skak dan Joshua Suherman. Sejak dijadikan lokasi syuting film inilah nama Kampung Tridi menjadi semakin terkenal dan menjadi destinasi pilihan wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Kampung Tridi Jodipan Malang
Kampung Tridi Jodipan MalangIni warung yang digunakan syuting film, patsi tau kan?

Spot unik lainnya yang wajib dikunjungi adalah adanya Jembatan Kaca yang memisahkan Kampung Tridi dengan Kampung Warna-Warni Jodipan. Dari atas Jembatan ini kalian bisa melihat Sungai Brantas yang mengalir deras dibawahnya dan melihat rumah-rumah warga yang berwarna-warni dari kejauhan sehingga menjadikannya background foto yang cantik. Pengunjung biasanya memilih untuk berlama-lama diatas jembatan ini untuk mengabadikan moment.

Kampung Tridi Jodipan MalangJembatan Kaca

Kampung Tridi Jodipan Malang
Pemandangan dari atas Jembatan Kaca

Ohya, untuk soal fasilitas kalian ngga perlu khawatir. Disini udah disediakan toilet, mushola, tempat parkir, tempat istirahat dan juga warung-warung kecil penjual makanan. Jadi kalian ngga perlu khawatir bakal kelaparan disini ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Kampung Tridi bisa kalian kunjungi setiap hari mulai jam 07.00 - 19.00.
  • Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, kalo bisa jangan dateng di akhir pekan ya soalnya bakal rame banget.
  • Bawa kamera.
  • Jaga kebersihan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY