Serunya Berwisata Edukasi di Mini Agrowisata DKPP Surabaya

mini agrowisata dkpp

gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
19 Dec 2019


Serunya Berwisata Edukasi di Mini Agrowisata DKPP Surabaya
Surabaya sekarang udah punya agrowisata lho guys! Disini pengunjung bisa berwisata edukasi dalam bidang pertanian. Seperti apa isi dari Mini Agrowisata ini? Baca selengkapnya disini ya

How to Get There

Masih seputaran wisata di Surabaya. Beberapa waktu lalu aku smepet mengunjungi Masjid Cheng Ho dan Museum Pendidikan, kemaren aku jalan-jalan ke sebuah wisata edukasi di Surabaya yang baru-baru ini dibuka, yaitu Mini Agrowisata yang berada di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya.

DKPP Surabaya ini berlokasi di Jalan Pagesangan II No 56, Surabaya. Lokasinya emang agak jauh dari pusat kota Surabaya, untuk menuju kesini pun jarang ada transportasi umum. Tapi tenang aja guys, kalian bisa naik kendaraan pribadi untuk menuju kesini atau kalian bisa naik ojek online dengan tarif beragam.

What to Do

Mini Agrowisata ini sebenernya udah lama dibuka, tapi baru-baru ini happening di Surabaya karena menjadi sebuah wisata edukasi dalam bidang pertanian yang seru untuk dikunjungi. Mengingat Surabaya juga ngga punya agrowisata dan ini adalah satu-satunya di Surabaya, meskipun ngga gede-gede banget sih. Karena ini menempati sebuah kantor, jadinya pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya tiket masuk lho untuk menikmati agrowisatanya.

mini agrowisata dkpp

Mini Agrowisata ini menempati tanah seluas 1,5 hektar dan ketika kalian mengunjunginya kalian akan diajak untuk belajar mengenai pertanian, peternakan dan juga perikanan. Ngga cuma itu lho guys, kalian juga bisa belajar soal budidaya tanaman hidroponik disini. Menarik sekali guys!

mini agrowisata dkpp

Beberapa tanaman yang ditanam dengan metode Hidroponik

mini agrowisata dkpp

Saat pertama kali memasuki mini agrowisata ini, aku langsung menjumpai banyak sekali tanaman buah dan sayuran. Ada tanaman kol yang besar-besar dan segar, lalu juga ada aneka tanaman buah-buahan seperti jeruk, jambu dan labu Tiongkok yang merambat. Banyak sekali greenhouse yang bisa kalian temukan di mini agrowisata ini. Misalnya seperti greenhouse khusus untuk budidaya anggrek, budidaya tanaman hidroponik, budidaya tanaman obat keluarga (Toga) dan masih banyak lagi lainnya.

mini agrowisata dkppTanaman Kol 

mini agrowisata dkpp
Greenhouse Anggrek

mini agrowisata dkpp

mini agrowisata dkpp
Greenhouse Tanaman Obat

mini agrowisata dkpp


Menariknya disini guys, ada sebuah kolam-kolam kecil yang berisi ikan terapi. Jadi pengunjung yang datang bisa menjajal untuk terapi ikan di kolam guys. Ngga cuma itu, kalian juga bisa melihat hewan-hewan ternak yang juga dipelihara di Mini Agrowisata ini guys, ada ayam, kelinci, biawak, kambing dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan beberapa ikan juga dibudidayakan disini lho guys, misalnya seperti ikan nila dan ikan lele. Kalian pun bisa memancing atau meminta bibitnya disini lho, tapi selagi masih ada persediannya ya.

mini agrowisata dkpp
mini agrowisata dkpp

Disini juga ada sarana hiburan buat anak-anak lho guys. Seperti adanya area outbound untuk bermain anak dan juga saung untuk tempat bersantai. Disini juga ada beberapa spot foto yang cukup instagenic lho guys.

mini agrowisata dkpp

Tapi, yang paling menarik perhatianku adalah adanya sebuah kolam kecil yang terdapat turbin kecil untuk mengalirkan air. Kolam kecil ini dikelilingi oleh tanaman padi yang mulai menguning. Rasanya seperti berada di pedesaan. Tak jauh dari situ, kalian akan menemukan greenhouse lagi yang berisi tanaman buah timun suri, melon dan buah naga. Sayangnya buah-buah tersebut masih belum saatnya untuk dipanen, jadinya ngga bisa dibawa pulang deh guys.

mini agrowisata dkpp
mini agrowisata dkpp
mini agrowisata dkpp

Untuk sarana fasilitas pun cukup lengkap disini guys, ada mushola dan toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung yang datang. So, buat kalian yang pengen beragrowisata di Surabaya, bisa dateng ke Mini Agrowisata di DKPP Surabaya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya tiket masuk disini. 
  • Mini Agrowisata bisa dikunjungi setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 3 sore.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Ajak teman-teman dan keluarga kalian.
  • Jaga kebersihan tempat ini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY