brandonkeren
brandonkeren | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Historical Places
2.7 K9

Mengenang Perjuangan Arek-Arek Suroboyo di Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember

wisata di surabaya

Arek-arek Suroboyo pastine uwes rene donk? Nah Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember ini adalah tempat untuk mengenang perjuangan arek-arek suroboyo!
What to Do

Tugu Pahlawan merupakan pilihan yang tepat untu berwisata sejarah dan mengenang perjuangan pahlawan Indonesia. Monumen ini memiliki tinggi sekitar 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku tebalik. Tubuh monumen ini berbentuk lengkungan dan terdapat 10 lengkungan yang terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas dan lengkungan tersebut mengandung makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945.

Tanggal 10-11-1945 dikenal sebagai hari pahlawan dan tugu ini dibangun untuk memperingati peritiwa Pertempuran November 1945 di Surabaya dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Monumen ini pun menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

Tugu ini biasa dijadikan spot untuk berfoto bersama karena bangunannya yang sangat indah dan instagramable. Banyak sekali pengunjung yang mengabadikan moment disini. 

Next, setelah puas berfoto didepan monumen ini, aku melanjutkan perjalanan menuju Museum 10 Nopember yang ada di dalam komplek Monumen ini. Ohya, untuk masuk ke dalam museum ini dikenakan biaya sebesar Rp 5000 per orang. Tapi kalo kalian pelajar atau mahasiswa dan bawa kartu pelar atau kartu tanda mahasiswa, kalian bisa masuk secara gratis. 

Sama seperti Tugu Pahlawan, monumen ini didirikan sebagai bentuk kenangan atas keberanian arek-arek Suroboyo pada pertempuran tanggal 10 Nopember 1945. Museum ini baru diresmikan pada tahun 2000 dan cukup terkenal sebagai salah satu objek wisata sejarah di Surabaya. 

Museum 10 Nopember ini memiliki 2 lantai. Pameran 10 patung yang melambangkan bentuk semangat perjuangan rakyat Surabaya dan orasi Bung Tomo serta sebuah ruang auditorium berada di lantai 1. Sedangkan lantai 2 merupakan ruang pameran senjata, reproduksi foto-foto dokumenter dan pameran koleksi peninggalan Bung Tomo. Selain itu juga ada ruang diorama yang menyajikan delapan peristiwa yang terjadi sekitar 10 Nopember 1945 dengan narasinya.

Di dalam museum ini terdapat beberapa benda peninggalan Bung Tomo serta rekaman asli pidato Bung Tomo yang sangat bersemangat membangkitkan gelora dan hasrat rakyat akan kemerdekaan dapat didengarkan dari sebuah radio kuno. Beberapa diorama statis menggambarkan aksi kepahlawanan arek-arek Suroboyo melawan pasukan sekutu dan Belanda hanya dengan bambu runcing dan senapan rampasan mampu melawan sekutu dapat dinikmati di lantai 2 museum.

Yang bikin aku betah ada di museum ini tuh karena interiornya yang cantik. Ngga cuma itu, eksteriornya juga ngga kalah cantik dan unik. Bangunan museum ini hadir dengan atap berundak. Bagian depannya, terdapat patung yang menggambarkan tiga pemuda dengan senjata bambu runcing berjuang melawan penjajah. Uniknya lagi, museum ini ada di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan, lho.

Museum ini buka setiap hari Selasa - Jumat mulai pukul 08.00 - 14.30 dan Sabtu - Minggu pukul 08.00 - 13.30 dan tutup pada hari Senin dan hari libur nasional. So, tertarik buat berwisata sejarah di Surabaya? Kunjungi aja Tugu Pahlawan dan Monumen 10 Nopember. Dijamin bakal membangkitkan rasa nasionalis kamu!

Video by Museum 10 Nopember

How to Get There

Kalo lagi ada di Kota Pahlawan, rasanya belom afdol kalo belom berwisata sejarah ya? Minggu kemarin, aku sempet jalan-jalan ke salah satu landmark yang paling terkenal di Surabaya, yaitu Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan berada di kawasan “Kota Lama”, lebih tepatnya ditengah-tengah diantara Jalan Pahlawan, Jalan Bubutan, Jalan Tembaan dan Jalan Kebon Rojo. Tugu ini berada di depan kantor Gubernur Jawa Timur.

Ngga susah kok buat nemuin tugu ini karena banyak sekali transportasi umum menuju kesini. Kalo aku kemarin sih kesini pas jalan-jalan naik bus wisata yang ada di Surabaya. Atau kalian juga bisa kesini pake kendaraan pribadi dan cari lokasinya di Google Maps.

Tips and Trick wisata di surabaya

  • Bawa kamera.
  • Jangan merusak benda-benda bersejarah disana.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jangan merokok di dalam museum.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data