marthagaul | Sightseeing
Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia | Beach Exploring
08 Sep 2016

6.53 K7

Raja Ampat si Cantik dari Papua “Amazon Lautan Dunia” Part 1

Saat anda berkunjung ke Papua Barat jangan lewatkan keindahan yang luar biasa di Pulau Raja Ampat tempat ini sudah terkenal akan keindahannya yang membuat traveller yang melihat keindahnya kagum

What to Do raja ampat

Disini ada empat pulau utama yang memiliki keunikan tersendiri bagi anda yang bekunjung ke Wisata Raja Ampat. Empat Pulau yang dimaksud adalah Batanta, Misool, Salawati dan Waigeo. Sebutan atau nama dari Raja Ampat sendiri diambil dari mitos penduduk sekitar yang apabila diartikan kedalam bahasa indonesia mempunyai makna “Empat Raja”.

Wisata Raja Ampat nama yang cukup unik bukan? Ternyata Raja Ampat sendiri memiliki nilai sejarah atau legenda tersendiri loh…Legenda dari Raja Ampat sediri muncul dari masyarakat sekitar dan memiliki beberapa versi cerita yang diwariskan dari generasi ke generasi ( turun – temurun ) mengenai cerita legenda asal – usul nama Raja Ampat sendiri. Salah satunya cerita legenda dari Raja Ampat yang beredar di kehidupan masyarakat asli sekitar sebagai berikut.

Dijaman dahulu ada sepasang suami istri yang hidup sederhana di Teluk Kabui Kampung Wawiyai, pasangan suami istri itu bekerja sebagai perambah hutan, yang kegiatan sehari – harinya pergi untuk mencari bahan makanan. Mereka bahu membahu menyusuri hutan agar cepat mendapatkan apa yang mereka harapkan dan inginkan. Kemudian dalam perjalanannya mereka sampai di tepi Sungai Waikeo, dan beristirahat melepas lelah di Sungai Waikeo. Selama mereka beristirahat mereka melihat lima butir telur yang letaknya tidak jauh dari tempat mereka beristirahat. Setelah itu mereka dekati dan ternyata telur – telur tadi merupakan telur dari Naga. Karena merasah menemukan telur – telur yang aneh, mereka pun membungkusnya dalam sebuah noken/kantong dan dibawa pulang ke rumah. Setelah sampai di rumah telur – telur yang mereka temukan tadi disimpan di dalam kamar.

Waktu mulai berganti dan malampun mulai datang, telur – telur yang tadi mereka simpan didalam kamar mengeluarkan suara bisikan, merekapun penasaran dan mencoba mengintip dari balik pintu kamar. Setelah mereka melihat kejadian itu, betapa kagetnya kedua pasangan suami istri ini, karena melihat kelima telur yang disimpan menetas dan berwujud empat anak laki – laki dan satu perempuan. Kelima anak tadi memakai pakaian halus yang menandakan bahwa mereka adalah keturunan dari seorang Raja.

Hingga saat ini  tidak jelas siapa yang memberi nama kepada anak – anak yang dilahirkan dari telur naga tersebut, akan tetapi masyarakat sekitar mengetahui masing – masing anak tadi bernama sebagai berikut :

 Nama Raja Legenda “Raja Ampat”.

  1. Betani yang kemudian menjadi raja “Salawati”.
  2. Dohar menjadi Raja Lilinta ( Misool ).
  3. Mohamad menjadi Raja Waigama ( Batanta ).
  4. War Menjadi Raja di Waigeo.
  5. Pintolee anak perempuan di antara 4 laki-laki/raja.

Setelah tumbuh dewasa, ke empat anak laki – laki itu menjadi raja dan memerintah dengan bijaksana. Sementara, anak perempuan ( Pintolee ) suatu hari ditemukan sedang hamil dan mengeluarkan dua buah telur. Setelah diketahui oleh kakak – kakaknya Pintolee, satu telur yang dia lahirkan diletakan dalam kulit kerang, dengan ukuran besar ( Kulit Bia ) dan kemudian dihanyutkan hingga terdampar disebuah pulau yang diberi nama Pulau Numfordan yang satunya, tidak menetas dan berubah menjadi batu yang kemudian diberi nama Kapatnai. Batu ini diperlakukan seperti Raja oleh penduduk sekitar, dan diberi tempat untuk bersemanyam serta diletakan pula dua buah batu sebagai pertanda pengawalan terhadap persemayaman tersebut. Sampai saat ini masyarakat sekitar masih menghormati keberadaan persemayaman tersebut dan menjadi objek pemujaan.

Keunikan di Pulau ini bukan hanya Legendanya yang melekat pada cerita rakyat tetapi keunikan pulau ini yaitu, Pesona pemandangan laut yang elok dan sangat indah. yang bisa anda lihat baik itu dari bawah laut maupun dari atas laut yang akan menghipnotis Anda karena keeksotisan pulau ini dan keindahannya. Untuk itu sebaiknya Anda tidak melewatkan moment yang sangat berharga pada waktu berkunjung kesana yaitu melihat kekayaan biota laut dan terumbu karang.

Kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan saat berlibur di Kepulauan Raja ampat? yang bisa anda lakukan di sini sebagai berikut :

Menjelajahi pulau “Raja Ampat” menggunakan perahu dengan teman,keluarga, dan orang tersayang atau pun Melakukan permainan “kayak” yang membuat moment liburan anda semakin mengasyikan. Menyelam di sini juga seru loh, berbeda dengan menyelam pada umum nya karena di saat anda menyelam di perairan Raja Ampat anda bisa menyaksikan sisa-sisa puing reruntuhan kapal  yang ada di bawah laut. Ayo!!! coba pengalaman baru menyelam di reruntuhan kapal. Disini anda bisa menikmati indahnya pulau karang di sekitar Pulau Wayag sambil menggunakan perahu.

Bagi anda pencinta Binatang di sini anda bisa mengunjungi burung cenderawasih merah yang unik, lucu, dan indah khasPapua Barat. Atau juga memancing dengan cara tradisional Papua dan di sini anda juga bisa berkunjung ke suatu tempat penangkaran kuskus dan setelah sampai di tempat penangkaran anda di perbolehkan untuk memberi makan kuskus yang imut dan lucu ini.

Di Kepulauan Raja Ampat ini terdapat Gua Kelelawar yang bisa anda jelajahi dan melihat langsung sekelompok kelelawar yang tinggal di gua ini. Di sini juga anda bisa membuat patung kayu sendiri yang dipandu oleh pengrajin Asmat dan bisa anda bawa pulang untuk kenang-kenangan berlibur ke Raja Ampat.

Snorkeling di Kepulauan Raja Ampat wow!!! Di sini adalah tempat yang paling cocok untuk anda melakukan snorkeling, karena di sini anda bisa melihat berbagai macam biota laut dan terumbu karang, yang sangat indah dan masih terjaga keasriannya dan kebersihannya. Atau juga melakukan perjalanan untuk menemukan air terjun yang ada di Raja Ampat.

Selain itu di sini Anda juga bisa menyaksikan “Hantu Laut“ apa itu Hantu laut? Yang di maksud hantu laut ialah fenomena alam yang unik dan menarik, yang terletak di Timur Waigeo, Fenomena ini terbentuk dari sebuah sinar yang berasal dari air laut. Unik bukan ini hanya anda dapati saat berkunjung ke Raja Ampat.

Jika anda menyukai pemandangan sunset disini anda bisa menyaksikan diatas perahu dan sambil melihat keindahan sunset dan fenomena ini hanya bisa dilihat pada akhir tahun saja.

Anda ingin tau Kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan saat berlibur di Kepulauan Raja ampat? yang bisa anda lakukan di sini.

klik disini

How to Get There raja ampat

Rute yang ditempuh oleh para pengunjung atau wisatawan untuk sampai di lokasi objek wisata di Papua ini adalah dengan melakukan perjalanan udara, dan menuju ke kota SorongPapua Barat ( Domine Edward Osok ). Di bandara ini tidak ada jalur penerbangan internasional yang bisa langsung menuju ke Domine Edward Osok. Jadi, apabila Anda yang datang dari luar negeri, Anda harus transit dulu di Jakarta, Surabaya, Denpasar atau Makasar. Dan apabila Anda ingin menempuh jalur terpendek, Anda dapat transit dulu di Ujung Pandang dan memakan waktu sekitar 2 jam 15 menit untuk sampai di kota Sorong.

Jika anda melalui jalur darat dari Ujung Pandang ke kota Sorong Jarak yang anda tempuh sekitar 2.585 km dengan waktu tempuh sekitar 86 jam :D. Kemudian dari kota Sorong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mobil menuju ke pelabuhan rakyat, menuju ke ibu kota Raja Ampat ( Waisai ).  Setelah itu, perjalanan Anda akan dilanjutkan kembali dengan menggunakan transportasi Kapal Ferry atau juga anda bisa menyewa speed boat, dan jika Anda ingin melakukan perjalanan untuk menujuk ke lokasi ini, anda harus menyediakan perbekalan seperti air mineral, makanan instan dan keperluan lainnya. karena di Waisai (ibukota Raja Ampat), harga keperluan perbekalan semakin mahal. Di pelabuhan ini ada dua kapal ferry yang melayani jalur perjalanan dari Sorong ke Waisai, dan biasanya berangkat tiap pukul 14.00 WIT, kemudian kapal yang satunya akan berangkat sekitar 1 – 2 jam kemudian. Perjalanan akan memakan waktu 4 – 5 jam untuk sampai di pelabuhan Waisai.

Bagi Anda yang ingin menyewa speedboat, waktu yang sangat ideal untuk menyeberang adalah sebelum air laut naik, yang biasanya di akibat gelombang pasang atau sebelum pukul 12.00 WIT. Hal ini dilakukan karena dikuatirkan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, karena speedboat lebih kecil dari pada Kapal, sehingga sangat mudah terguncang oleh ombak. Kemudian yang menjadi catatan bagi Anda adalah patuhilah instruksi dari Nahkoda kapal apabila menginstruksikan menunda perjalanan menuju ke Pelabuhan Waisai karena cuaca buruk, gelombang pasang atau masalah lainya. Memang agak rumit sekali rute perjalanan ke Raja Ampat. Akan tetapi, kedepan pemerintah setempat akan mengembangkan bandar udara di WaisaiBandar Udara Marinda ), yang nantinya bisa mempermudah akses untuk menuju ke lokasi Raja Ampat.

 

Akses Menuju Kepulauan Raja Ampat

Untuk akses ke Objek wisata Raja Ampat ini cukup sulit karna hanya bisa menggunakan perahu untuk menuju ke lokasi ini.

Usahakan untuk datang lebih pagi agar anda bisa menikmati seluruh lokasi yang ada di pulau ini. Selama perjalanan di atas perahu, wisatawan tidak akan bosan karena anda bisa menikmati keindahan perairan di Kepulauan Raja Ampat.

Pemandangan seperti ini tentunya tidak bisa dinikmati jika anda menempuh perjalanan melalui jalur darat.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Raja Ampat.

Tips and Trick raja ampat

  1. Sebelum berangkat, travelers mesti punya perencanaan matang. Yang pertama tentu tentang transportasi dan penginapan. Untuk transportasi akan dibahas lebih detail di bawah. Sedangkan untuk penginapan, kalian dapat browsing di internet untuk mencari penginapan murah jauh-jauh hari, terutama di Waisai. Kalau budget terbatas, jangan bermimpi bisa tidur dicottage  Penginapan standar biasa dihargai sekitar Rp200.000* per malam. Kalau kalian ingin lebih hemat, kalian bisa tidur di rumah-rumah penduduk yang memang disewakan. Namun harus diperhatikan kebersihannya agar tidak kecewa saat tiba. Apalagi kalau kamu berniat tinggal lama disana.
  2. Kalau kamu memulai perjalanan dari Jakarta, kamu bisa mencari tiket maskapai yang lagi promo ke Sorong yang biasanya berkisar Rp1 juta-an*. Kalau lagi beruntung, kamu bisa dapat promobuy 1 get 1 free, alias beli satu tiket dapat gratis satu tiket lagi. Atau, kamu bisa naik kapal PELNI dari Tanjung Priok – Sorong, tiketnya hanya sekitar Rp700.000* – Rp800.000*. Perjalanan yang harus ditempuh lumayan lama, yaitu 5 hari 4 malam. Agak pegal ya, travelers? Tapi kalau kamu ingin menikmati perjalanan, kamu bisa memilih naik kapal.
  3. Travelers, setelah kamu sampai di Sorong sebagai gerbang pertama masuk ke Raja Ampat, kamu masih harus melanjutkan perjalanan ke pelabuhan. Kamu bisa naik taksi dengan tarif sekitar Rp50.000* – Rp70.000*. Selanjutnya, kamu bisa naik kapal menuju ke Waisai. Alternatif transportasinya ada 2 kapal, yaitu kapal cepat yang bisa ditempuh dalam waktu 3 jam, dan kapal biasa dengan tarif lebih murah yang bisa ditempuh dalam waktu 5 – 6 jam, tergantung dari ombak.
  4. Setelah tiba di Waisai, travelers harus pergi dulu ke kantor Departemen Budaya dan Pariwisata untuk membayar biaya konservasi. Untuk wisatawan lokal Rp250.000* dan Rp 500.000* untuk turis mancanegara. Setelah itu, kalian bisa langsung menuju ke penginapan yang sudah dipesan.
  5. Untuk menjelajahi Raja Ampat, travelers harus bangun pukul 4 pagi waktu setempat. Pergilah ke Pasar Waisai untuk mencari perahu yang disewakan dari nelayan. Harga sewanya sekitar 3* – 5* juta sudah termasuk pengemudi, namun belum termasuk BBM. Kamu bisa menuju ke Pulau Wayag yang menjadi destinasi favorit wisatawan. Hamparan gunung-gunung kecil dan laut biru dapat kamu nikmati disana. Bisa juga snorkeling di Five Rocks dan Teluk Kabui. Paket diving di Raja Ampat biasanya lebih mahal. Kalau kamu bawa uang pas-pasan dan masih ingin bermain-main dengan air, kamu bisa snorkeling dan berenang. Sewa kapal untuk ke Pulau Mansuar biasanya 2 juta* dengan penumpang 10 orang. Kalau mau snorkeling di Waiwo, rata-rata sewa peralatan snorkeling adalah Rp50.000*, sedangkan biaya paket diving berkisar antara Rp550.000*.
  6. Cara paling murah untuk bisa sampai ke Raja Ampat ya dengan rombongan. Kalau jalan sendiri, biayanya bisa membengkak. Bayangkan saja kalau tarif sewa speed boat sekitar 2* – 5* juta. Kalau bareng temen, kalian bisa patungan sehingga jatuhnya lebih ekonomis. Selain itu, biar kamu tidak kelaparan dan terserang kantong kempes, kamu wajib membawa bekal makanan sebanyak-banyaknya. Kamu bisa belanja terlebih dulu di Sorong karena kalau sudah tiba di Waisai harganya bisa berkali-kali lipat.
  7. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  8. Disini saya ada video mengenai “Raja Ampat” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

    Anda penasaran???

    check this out ->

                                 

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data