emyharyadi_
emyharyadi_ | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
1.45 K0

Surabaya Nigt Zoo : Alternatif Wisata Malam di Kota Pahlawan

What to Do

Surabaya Night Zoo resmi di buka pada tanggal 25 Juni 2023, sebagai warga Indonesia yang numpang tinggal di Surabaya cukup lama, rasanya ada yang kurang jika tidak mengunjungi wisata satu ini. Surabaya Night Zoo adalah salah satu inovasi wisata terbaru dari kebun binatang Surabaya. Jadi tidak hanya pagi – sore hari saja di kebun binatang, kamu bisa menikmati suasana seperti menjelajah hutan di tengah kota dengan satwa nocturnal. Menurut keterangan dari sosial media PDTS Kebun Binatang Surabaya, ada 3 sesi untuk berkunjung ke Surabaya Night Zoo, sesi 1 jam 18.15, sesi 2 jam 20.15, sesi 3 jam 20.15. nah kalau menurut aku pribadi yaa sesuai yang ada di lapangan, spertinya sesi 1 tidak terlaksana karena terpotong acara pembukaan beserta hiburan yang ditampilkan oleh pihak PDTS Kebun Binatang Surabaya. Tapi untuk acara lainnya tetap berjalan lancar. 

surabaya night zoo
terlihat beberapa lukisan hewan yang berada di pintu masuk Surabaya Night Zoo

Acara berlangsung cukup meriah, dibuka dengan welcoming on fire dance di halaman kebun binatang Surabaya. Dilanjutkan dengan pemotongan pita di pintu masuk Surabaya Night Zoo oleh Direktur Utama PDTS Kebun Binatang Surabaya yaitu Khoirul Anwar. Setelah pemotongan pita disambut oleh beberapa petugas Kebun Binatang Surabaya yang sudah stand by di depan pintu masuk Surabaya Night Zoo. Memasuki area Surabaya Night Zoo, sudah ada tour guide yang memandu, sebelum menjelajah area Surabaya Night Zoo, para pengunjung diarahkan untuk melihat peta, dilanjutkan dengan pemutaran video dokumenter tentang awal mula berdirinya Kebun Binatang Surabaya. Sembari berjalan, tour guide juga mengenalkan beberapa hewan nocturnal yang memang di tampilkan cukup dekat dengan para pengunjung, tapi tetap dalam pengawasan pawangnya yaa jadi buat kamu yang berencana liburan ke Surabaya Night Zoo tidak perlu khawatir.

wisata surabaya night zoo
Antusias pengunjung mengikuti tour guide jelajah Surabaya Night Zoo

Selain melihat hewan nocturna, pengunjung juga diberi kesempatan untuk masuk ke Aquarium yang ada di Kebun Binatang Surabaya. Sebagai warga yang sudah sering berkunjung ke KBS tapi tidak pernah masuk ke Aquariumnya karena harganya sedikit lebih pricey dibandingkan tiket masuk ke KBS. Ini pertama kalinya masuk ke Aquarium KBS, pengunjung dibuat terkesan oleh koleksi ikan yang ada di Surabaya Night Zoo. Terbagi menjadi dua bagian yaitu ikan air tawar dan air laut, keduanya memiliki daya tarik masing-masing. Yang paling berkesan adalah ketika memberi makan Hiu, pengunjung dibuat histeris ketika para hiu memperebutkan makanan yang diberikan oleh keepernya. 

kebun binatang malang surabaya
antusias pengunjung mengabadikan momen ke Aquarium KBS

kbs malam surabaya
antusias pengunjung melihat satwa yang ditampilkan dalam aquarium

Setelah puas dengan dunia perikanan, tour guide mulai menuntun para pengunjung untuk melihat koleksi ular yang ada di Kebun Binatang Surabaya. Beberapa ular ada yang memang ditaruh dalam kandangnya tapi ada satu ular yang dibiarkan melilit di sebuah pohon dengan tetap diawasi oleh keepernya. Jika kita tidak benar-benar mengikuti intruksi tour guidenya, mungkin gak akan terlihat bahwa ada ular yang melilit di pohon, tapi tetap dalam pengawasan keepernya yaa, jadi sekali lagi gak perlu takut buat berkunjung ke Surabaya Night Zoo. Selain itu, ada rantai makanan dengan bentuk replika hewan, tour guide menjelaskan secara detail terkait rantai makanan yang tersedia, dan masuk ke zona lewatan landak dan kasih makan para buaya nih (sini dek curhat sama abang aja). Menurut informasi dari tour guide buaya adalah salah satu hewan yang paling setia, buaya bisa menikah setidaknya satu kali dalam 4 tahun, wah cukup setia juga yaa hihihi.

Setelah kasih makan buaya selesai, pengunjung diarahkan untuk masuk ke area food corner dan mencoba beberapa tester makanan yang telah disediakan oleh para petugas SNZ, jadi begitulah akhir dari perjalanan explore Surabaya Night Zoo.

How to Get There

Berada di tengah kota Surabaya, kamu cukup ketik kebun binatang surabaya dalam maps. lokasinya juga bisa dijangkau dengan angkutan umum guys!

Tips and Trick

- Jangan lupa pakai lotion anti nyamuk

- Jangan pakai baju berwarna gelap

- Bawa kipas portable, karna Surabaya cukup panas meskipun malam hari hehe.

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data