Effida | Freedom Seeker
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia | Cave Exploring
30 Nov 2022

86512

Cave Tubing, Selusur Goa Pindul dengan Cara Unik dan Seru!

Goa Pindul menjadi tujuan wisata tepat yang bisa kamu datangi saat berlibur ke Yogyakarta. Bagaimana keseruannya? Simak review di bawah ini yaa!

What to Do Goa Pindul Yogyakarta

Holaa guys, setelah sekian lama nggak nulis review jalan jalan, kali ini aku bakal berbagi pengalaman seru setelah nyobain liburan ke Goa Pindul. Ngomong-ngomong, ini kali pertama aku datang ke kawasan wisata Goa Pindul. Kalau denger namanya, beberapa dari kalian tentu sudah tidak asing bukan? Goa Pindul menjadi salah satu ikon wisata Yogyakarta yang berlokasi di kawasan Gunung Kidul. 

Destinasi wisata ini menawarkan indahnya gua dengan stalakmit dan stalaktit yang menakjubkan. Saat datang ke Goa Pindul, wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahannya, tetapi juga dapat mencoba sensasi susur gua. Tertarik untuk mencobanya?

Setibanya di lokasi, pengunjung akan disambut dengan banyaknya fasilitas seperti area parkir yang luas, toilet, ruang ganti, tempat makan, hingga toko yang menjual souvenir dan jajanan. Jika ingin menyusuri gua dengan membawa hp atau alat perekam, tentu sangat disarankan bagi kamu untuk membeli waterproof case di lokasi wisata Goa Pindul. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menitipkan barang ke tempat penitipan sebelum basah-basahan di Goa Pindul. 

cave tubing goa pindul

Untuk mencoba sensasi susur gua atau cave tubing, pengunjung hanya dikenakan biaya mulai dari Rp 35.000,- per orang. Dengan begitu, pengunjung dapat menyusuri gua dengan peralatan pengaman yang lengkap seperti ban dan pelampung. Selain itu, pengunjung juga akan didampingi oleh guide lokal yang siap menjelaskan setiap bagian dari Goa Pindul. 

goa pindul goa pindul yogyakarta

goa pindul wisata yogyakarta

Selain megah dan indah, ternyata Goa Pindul juga kaya akan cerita sejarah. Pengunjung akan mendapat banyak pengetahuan baru selama menyusuri goa bersama guide lokal Goa Pindul. Di goa ini, pengunjung dapat melihat langsung kehidupan kelelawar, stalaktit kristal, hingga adanya tempat pertapaan. Mengunjungi goa ini bersama teman maupun keluarga tentu menjadi pengalaman liburan mengesankan yang bisa kamu coba. 

Meskipun menawarkan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau, tetapi pengunjung akan dibuat puas dengan panjangnya gua ini. Untuk menyusuri Goa Pindul, dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Terdapat beberapa bagian gua yang akan disusuri, mulai dari Zona Terang, Zona Remang, hingga Zona Gelap. 

goa pindul

Meskipun memiliki perairan yang tenang, tetapi pengunjung sangat tidak disarankan untuk berenang di perairan Goa Pindul. Hal itu dikarenakan perairan goa ini memiliki kedalaman mencapai 12 meter dan dinilai cukup berbahaya untuk berenang. Bagi kamu yang ingin berenang, kamu dapat mencobanya saat sudah keluar dari goa. Di bagian mulut goa yang indah dengan perairan jernih, disinilah pengunjung dapat melompat dari ban dan memutuskan untuk berenang.

tubing goa pindul

Overall, menyusuri kawasan wisata Goa Pindul menjadi pengalaman liburan berkesan yang pernah aku coba. Pengalaman cave tubing paling mengesankan. Kalau ke Gunung Kidul, Goa Pindul menjadi tujuan wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. 

How to Get There Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul bisa kamu kunjungi di kawasan Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Karena sama sama belum pernah ke Goa Pindul, jadi di perjalanan kali ini aku hanya mengandalkan google maps untuk sampai di lokasi. Meskipun memiliki lokasi yang terbilang cukup terpencil, tetapi wisatawan tidak akan kesusahan karena banyaknya penunjuk jalan. 

goa pindul jalan menuju goa pindul

Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan udara yang sejuk serta pemandangan penghijauan yang indah. Destinasi wisata Goa Pindul dapat menjadi referensi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Tips and Trick Goa Pindul Yogyakarta

  • Membawa waterproof case dari rumah
  • Membawa baju ganti
  • Siapkan kondisi tubuh yang fit
  • Gunakan pakaian yang nyaman
  • Datang saat weekday agar tidak terlalu ramai
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data