Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | Culinary
13 Feb 2020

1.15 K414

Berwisata Sekaligus Kulineran di Wana Wisata Sumber Biru

Finally kesampean buat main ke Sumber Biru Wonosalam. Simak sampe habis yaa!

What to Do wana wisata sumber biru

Ngomongin soal Sumber Biru, awalnya aku tau lokasi ini dari explore Instagram dan udah dari lama pengen kesini. Meskipun baru kesampean kemaren, tapi tetep happy kok sama apa yang ditawarkan di tempat wisata ini.

Setelah melewati jalanan yang cukup bikin deg-degan, akhirnya kami nyampe di “Wana Wisata Sumber Biru”. Warga Jombang tentu udah banyak yang tahu tentang wisata yang satu ini. Kalau terkenalnya sih makan di atas sungai gitu, dan itu yang bikin aku pengen kesini, pengen makan sambil rendam kaki wkwk.

wana wisata sumber biru

wana wisata sumber biru

Pertama datang, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya warung di kanan kiri jalan. Karena masih penasaran sama warung di atas sungai, alhasil kami lanjut menyusuri jalan sampe ke dalem area Sumber Biru Wonosalam.  

wana wisata sumber biru

wana wisata sumber biru

Kami menemukan area Kolam Cinta. Kayaknya sih kalo lagi bening airnya bakalan bagus nih kolam cinta. Berhubung hari itu habis hujan, jadi air di kolamnya kotor. Skip deh nggak foto di kolam cinta dan langsung menuju ke warung air.

wana wisata sumber biru

Nah, pengunjung yang ingin makan sekaligus berendam kaki harus memesan makanan di tempat ini. Ada banyak sekali menu yang bisa kalian pesan. Kayaknya nggak ada yang lebih menggoda dibanding mie instan pagi hari dengan view yang keren wkwk.

wana wisata sumber biru

wana wisata sumber biru

wana wisata sumber biru

Kami memesan 2 mie instan. Satu mie goreng dan satu mie kuah. Satu porsi mie instan dibandrol Rp 8000,-. Kalau minumnya kayaknya teh hangat lebih menggoda, tapi entah kenapa pagi itu nyeplos ‘nutrisari’ hihi pagi-pagi udah dosa pesen makanan tinggi kalori wkwk. Untuk cara pemesanannya pengunjung hanya perlu pesen kemudian cari tempat duduk di area sungai, nantinya si mbak akan mengantar makanan sekaligus kita membayarnya.

Ternyata kami nggak salah beli, menikmati mie instan sambil rendam kaki ditambah dengan pemandangan mini air terjun bikin kami betah. Oh iya, nggak perlu khawatir soal aliran air yang ada dibawah kaki ya, alhamdulillah sungai di kawasan Sumber Biru bersih dan airnya bening.

wana wisata sumber biru

wana wisata sumber biru

Tidak hanya satu dua tempat duduk yang disediakan, melainkan ada banyak banget. Meskipun datang hari Minggu, untungnya kami masih dapet tempat duduk untuk makan di atas aliran sungai. Sensasinya emang beda, happy banget dah nemu ginian wkwk.

Oh iya, untuk masuk kawasan wisata Sumber Biru, pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 5000,- per orang. Untuk kendaraan roda 2 tidak dikenakan biaya parkir alias gratis lho. Kalau lagi ke Jombang, kalian wajib nyoba dateng ke tempat wisata yang satu ini.

wana wisata sumber biru

wana wisata sumber biru

Nah, mau sekalian aku kenalin nih, Wonosalam Jombang terkenal dengan duriannya yang lezat. Durian lokal khas Wonosalam juga dijual di kawasan wisata Sumber Biru ini. Kalo kalian suka durian, bisa menikmatinya langsung di atas aliran sungai. Mantaaap!

How to Get There wana wisata sumber biru

Berangkat dari daerah Ringin Contong Jombang, aku dan satu temenku hanya berbekal maps untuk menuju ke Sumber Biru Wonosalam. Karena sama-sama nggak tahu jalan, jadi nekat deh hari itu, wkwk.

Jalanan yang dilalui untuk menuju Sumber Biru awalnya biasa saja, tapi pas udah mau nyampe tujuan, jalanan semakin extreme. Pastikan kalian menggunakan kendaraan yang memadai untuk jalanan yang naik turun ya!

wana wisata sumber biru

Tips and Trick wana wisata sumber biru

  • Datang pagi atau sore hari, kalau siang panas
  • Pastikan kendaraan Anda memadai ya untuk melewati jalan menanjak
  • Lebih baik menggunakan kendaraan roda 2
  • Jangan lupa membawa camera ya!
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.