Effida
Effida | Freedom Seeker
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
3.54 K9

Jelajah Monumen Tugu Pahlawan & Museum 10 November Surabaya

tugu pahlawan surabaya

Edisi mbolang kali ini adalah ke Monumen Tugu Pahlawan sekaligus masuk ke Museum 10 November Surabaya.
What to Do

Jam jam berkunjung paling enak untuk dateng ke Monumen Tugu Pahlawan adalah pagi atau sore hari. Pengunjung yang dateng ke Monumen Tugu Pahlawan bisa sekalian masuk ke Museum Sepuluh Nopember lho.

Sebelum masuk ke Museum Sepuluh Nopember, kami menghabiskan waktu untuk memotret dan menikmati kawasan Tugu Pahlawan Surabaya. Seneng akhirnya bisa mampir kesini setelah 2 tahun tinggal di Surabaya wkwk.

tugu pahlawan surabaya

tugu pahlawan surabaya

tugu pahlawan surabaya

Yang bisa kalian nikmati saat berada di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya adalah bangunan yang megah dan keren. Nggak jarang orang dateng untuk hunting foto karena keindahan tempat ini. Di sekitar Monumen Tugu Pahlawan juga terdapat banyak tempat duduk yang disediakan untuk pengunjung.

tugu pahlawan surabaya

Di kawasan ini, pengunjung juga bisa melihat mewahnya mobil Bung Tomo. Mobilnya emang mobil jaman dahulu, tapi keren dan kinclong banget hehehe.

Udah selesai explore Monumen Tugu Pahlawan, kami memutuskan untuk masuk ke dalam Museum Sepuluh Nopember. Untuk masuk ke museum ini, pengunjung dikenakan biaya Rp 5000,- per orang. Untuk museum ini buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore aja sob, jangan kesorean ya datengnya!

tugu pahlawan surabaya

tugu pahlawan surabaya

tugu pahlawan surabaya

Selesai membeli tiket, kami langsung masuk dan menyusuri Museum Sepuluh Nopember ini. Waw, keren isi museumnya. Mulai dari sejarah hingga banyak peninggalan masih disimpan rapi lho. Karena di Museum Sepuluh Nopember aku gak membaca tulisan dilarang memotret, jadi aman aman aja guys.

tugu pahlawan surabaya

ini tangga untuk masuk ke museum. Yap, Museum Sepuluh Nopember berada di 7 meter di bawah permukaan tanah

tugu pahlawan surabaya

ini nih peninggalan radio dari jaman Bung Tomo. Masih terawat hingga saat ini.

Pertama masuk, pengunjung akan disuguhkan dengan bagian informasi. Yap, banyak yang jaga disana dan siap menjawab pertanyaan kalian seputar museum ini. Selanjutnya, pengunjung akan disuguhkan dengan Zona Surabaya Pasca Proklamasi, nah di zona ini kalian bisa mendengarkan pidato Bung Tomo setelah Proklamasi Kemerdekaan lho. Pidatonya masih asli, merinding dengernya. Selain itu, patung Bung Tomo dan jajarannya juga dibuat sangat mirip.

tugu pahlawan surabaya

tugu pahlawan surabaya

Ada lagi yang keren yakni Zona Diorama Statis. Di zona ini pengunjung bisa dapet penjelasan via suara sekaligus melihat video dan diorama. Pengunjung juga bisa tekan tombol sendiri untuk melihat peristiwa mana yang ingin ditonton. Nggak hanya itu, ada pengaturan Bahasa juga lho, jadi kalo turis main kesini nggak kesusahan. Ada Bahasa Inoneisa, Inggris, Belanda, Jepang, Cina, dan Korea. Keren…

 tugu pahlawan surabaya

tugu pahlawan surabaya

tugu pahlawan surabaya

Yang belum pernah dateng ke Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember, wajib coba dateng dan explore tempat ini ya kalo lagi ke Surabaya! Selamat berlibur!

How to Get There

Udah berkali kali lewat daerah Monumen Tugu Pahlawan tapi baru berkesempatan mampir kemarin ini. Btw, siapa sih yang nggak tahu lokasi Monumen Tugu Pahlawan ini? Kalau disuruh menjabarkan soal jalannya, aku juga kurang tahu sih hehehe. Karena cari aman, aku dateng ke Monumen Tugu Pahlawan dengan bantuan mbah google maps, dan sampai deh…

Tips and Trick tugu pahlawan surabaya

  • Patuhi peraturan yang ada
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Jangan merusak fasilitas museum
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data