leon
leon | Sightseeing
Solo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
4.84 K6

Rawon Penjara Bu Har. Makan Rawon di Penjara?

rawon penjara bu har

Rawon Penjara Bu Har? apa makan rawon di dalam penjara enak? Nah dari pada penasaran sama rawon penjara bu har, kuy baca dulu!
Post Content

Solo memang kota legendaris yang memiliki banyak sekali kuliner maupun makanan unik. Ngomong ngomong soal makanan, di review kali ini aku bakal bahas suatu makanan yang jadi favoritku sejak kecil lho. 

Rawon. Rawon memang cocok di lidah siapapun khususnya orang Jawa ya. Rawon biasa dijual di pagi atau malam hari. Nasi dengan daging ditambah guyuran kuah rawon tentu akan lezat dinikmati di dinginnya pagi atau heningnya malam. Eh kok jadi puitis gini haha. 

Mumpung di Solo, aku mau nyobain kuliner rawon nih. Setelah cari cari rekomendasi di google, akhirnya nemu kuliner rawon yang sepertinya cukup lezat. Kondangnya sih, kuliner rawon yang satu ini adalah rawon langganan Presiden RI Joko Widodo. Widih penasaran juga dong pengen nyobain, Pak Presiden aja pernah yakaan. 

rawon penjara bu har

rawon penjara bu har

Nama warungnya adalah Warung Makan Rawon Penjara Bu Har. Terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi no 16, Kampung Baru, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Cukup mudah ditemukan karena lokasinya yang cukup strategis. Yang datang dari luar kota dan masih bingung dengan tempatnya, kalian bisa mengikuti petunjuk atau arahan google maps aja ya, mudah bukan? 

Warung Makan Rawon Penjara Bu Har cukup terkenal dan banyak yang bilang kalau rasan

ya enak. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 3 sore. Yang cari anget angetan buat sarapan, bisa banget mampir kesini. 

Karena Warung Makan Rawon Penjara Bu Har udah cukup terkenal, tak heran kalau rawon ini selalu rame pembeli bahkan terkadang pembeli harus rela mengantri. 

Ada yang penasaran nggak dari mana sebutan ‘penjara’ berasal? Awalnya kukira konsep ruangan atau warung ini berbentuk seperti penjara atau lapas. Namun ternyata tidak, nama warung penjara diberikan karena lokasi warung ini yang berada di sebelah Lapas 1 Surakarta. Unik juga ya pemberian namanya! Tenang, kalian nggak akan makan bersamaan dengan penghuni lapas kok hehe. 

rawon penjara bu har

Tak hanya dari Solo, pengunjung Warung Makan Rawon Penjara Bu Har ini ada yang dari luar kota juga lho. Pak Bondan Winarno juga pernah mampir dan mengacungi jempol Warung Makan Rawon Penjara Bu Har ini. Udah kebayang dong enaknya? 

Nggak cuma cocok disantap di pagi hari yang dingin, Rawon Penjara Bu Har ini juga rame di jam jam makan siang lho. Banyak pegawai kantor, pelajar, maupun mahasiswa yang mampir kesini saat siang hari. Tak heran kalau siang warung ini selalu keliatan penuh. 

Ada 2 menu utama yang bisa kalian pilih di Warung Makan Rawon Penjara Bu Har ini. Menunya adalah nasi rawon pisah dan nasi rawon campur, meskipun menunya terlihat sederhana, tapi jangan tanya soal rasa, wenak.

Warung Makan Rawon Penjara Bu Har ini terkenal sebagai warung rawon legendaris di Solo. Bagaimana tidak, Warung Makan Rawon Penjara Bu Har sudah berdiri sejak 1970 lho. Udah sekitar hampir 50 tahun, dan masih jaya sampe sekarang lho. 

rawon penjara bu har

rawon penjara bu har

Soal harga, masih bisa diatasi dengan kantong pelajar bro n sis wkwk. Harga satu porsi nasi rawon campur Rp 11.000,- dan nasi rawon pisah Rp 14.000,-. Meskipun terkenal dan legendaris, harganya nggak begitu mahal ternyata. Super rekomended!

Nama Bu Har yang tersemat pada nama rawon legendaris ini adalah nama pemiliknya yakni Ibu Haryati. Kata beliau, yang membedakan Rawon Penjara dengan rawon lainnya adalah bumbunya yang kental dan hitam pekat. Sepertinya, semua pecinta rawon justru suka bumbu yang kental dan hitam pekat gini deh, tak heran kalau laris terus yaa. 

From Youtube Wonderful Solo

Bisa jadi referensi kalian saat mau kulineran di Solo nih, jangan lupa ajakin keluarga kesini juga ya!

Opening Hours
buka setiap hari (6 pagi - 3 sore)
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data