Lontong Opor Pak Pangat: Mencicipi Kuliner Khas Cepu yang Hanya Buka 5 Jam Sehari

lontong opor pak pangat

zero | Sightseeing
Blora, Jawa Tengah, Indonesia | halal
11 Oct 2018


Lontong Opor Pak Pangat: Mencicipi Kuliner Khas Cepu yang Hanya Buka 5 Jam Sehari
Lontong Opor Pak Pangat kuliner khas Cepu yang memiliki rasa sedap! Inilah semangkuk Lontong Opor Pak Pangat!

Dari Tuban, gue coba bergeser ke Cepu buat jalan-jalan pastinya kulineran. Kemarinnya di Tuban gue udah nyobain Rajungan Remason. Nah, di Cepu ada sebuah kuliner khas yang wajib dicoba, misalnya seperti Lontong Opor ini. Ohya, buat kalian yang mungkin belum familiar, Cepu ini berada di kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kota kecil ini memang punya ragam kuliner lezat yang wajib buat kalian explore.

Mumpung gue di Cepu, gue pun sempetin buat cicipi Lontong Opor yang terkenal banget yaitu Lontong Opor Pak Pangat. Warung ini gue temukan berdasarkan rekomendasi sodara-sodara gue yang tinggal di Cepu dan 2 hari sebelum kedatangan gue, mereka udah pesenin gue Lontong Opor ini. Yup, untuk menikmati Lontong Opor Pak Pangat ini pengunjung diharuskan memesan terlebih dahulu. Soalnya kalo ngga pesen, sampe sana udah abis. Rugi banget kan ya kalo udah dateng jauh-jauh ke Cepu tapi malah kehabisan.

Warung Lontong Opor Pak Pangat ini teletak di Desa Ngloram, Cepu dan buka setiap hari mulai jam 08.00 sampe jam 13.00 aja. Dari pusat kota Blora, menuju ke warung butuh waktu 30 menit, karena emang lokasinya agak terpencil. Warungnya pun cukup sederhana dan berupa bangunan khas Jawa Tengah yang terbuat dari kayu. Bentuknya Joglo dan atapnya dari genteng tanah liat. Lantainya juga ngga dilapisi ubin alias masih tanah bercampur batu bata merah. Sederhana banget.

lontong opor pak pangat

lontong opor pak pangat

Lontong Opor ini diketehui cukup legend lho guys, soalnya sudah ada sejah tahun 1997. Nah lho, gue aja masih belom lahir pas itu. Hahaha.. Uniknya lagi, penyajian Lontong Opor ini yang beda daripada warung-warung lainnya. Kalo biasanya di warung-warung lainnya kita pesen makanan di tempat atau warung makan pasti disajikan seporsi sesuai jumlah pembeli, tapi kalo disini yang disajikan adalah semangkuk besar opor ayam serta bertumpuk-tumpuk lontong utuh yang masih rapi terbungkus daun pisang diatas nampan.

lontong opor pak pangat

Sementara potongan ayamnya yang sudah kita pesan sebelumnya ditaruh jadi satu dan dihidangkan dalam satu wadah besar untuk satu kelompok pemesanan. Pembeli juga diperbolehkan memotong sendiri lontong yang mereka mau. Sesuai selera gitu deh, jadi kalo kurang bisa nambah lagi. Tapi itu hanya berlaku untuk potongan lontongnya ya, kalo potongan ayamnya ngga boleh soalnya jumlah ayamnya udah sesuai sama yang dipesan.

Keunikan lain dari lontong opor Pak Pangat ini adalah kuah opornya. Kalo biasanya gue makan opor yang kuahnya pucat, tapi opor ini kuahnya bersantan dan agak kemerahan. Opor ini juga mengeluarkan aroma rempah yang sangat menggugah selera. Ngga lupa juga diberi taburan bawang goreng dan cabe rawit utuh.

lontong opor pak pangat

Katanya sih, bumbu yang digunakan ini beda dengan kebanyakan opor pada umumnya. Meskipun bisa dibilang bumbunya juga cukup sederhana, seperti cabe merah dan sereh. Ohya, proses masaknya pun juga sederhana lho guys, yaitu pake kayu jati di tungku khusus soalnya api dari tungku ini akan mempengaruhi rasa.

lontong opor pak pangat

Warung Opor Pak Pangat ini dalam sehari hanya membuat dan menjual 60 ekor ayam dan 400 lontong dan semuanya sudah dipesan oleh pelanggan sebelum mereka datang. Pantesan yaa mereka ngga melayani pelanggan yang pesan ditempat. Nah, buat ngakalin karena gue dan sodara-sodara gue makannya banyak, kita pun pesen ayam berpotongan khusus alias jumbo. Yaa kan daripada pas kita udah makan tapi kurang dan ngga bisa pesen lagi, mending kan pesen yang jumbo sekalian.

lontong opor pak pangat
lontong opor pak pangat

Buat kalian yang mau jalan-jalan ke Blora, sempetin mampir ke Cepu yuk dan cobain langsung Lontong Opor Pak Pangat ini. Jangan lupa, sebelum dateng pesen dulu ya ke nomer ini 0815-7568-4348/0813-9151-8212.

Video by Antara TV

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY