Makanan Khas Melaka ini Berasal dari Indonesia!

kuliner di melaka

Emily | Sightseeing
Malacca City, Malacca, Malaysia | halal
10 Oct 2018


Makanan Khas Melaka ini Berasal dari Indonesia!
Makanan Khas Melaka ini berasal dari Indonesia loh... inilah makanan khas melaka yang pernah aku coba!

Throwback to my first experience in Malacca beberapa waktu yang lalu. Disana aku sempet mengunjungi beberapa tempat kerena yang historical dan artistic juga pastinya, sebut saja Maritime Museum, Upside Down House hingga Malacca River Cruise. Selama di Malacca aku juga sempet nyobain kuliner khas nya, soalnya emnag aku udah kepo banget sih soal kuliner khas yang ada disini. Beberapa diantaranya adalah Chicken Rice Ball dan Restoran Selvam yang menyajikan makanan khas India. Kali ini, aku mau mengulas lagi soal makanan khas yang aku cicipi disana yaitu Asam Pedas Pak Man yang ada di Bukit Katil, Melaka.

kuliner di melaka

Bisa dibilang kuliner Asam Pedas Melaka ini masih ada hubungannya dengan kuliner Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Pasalnya, Minangkabau merupakan tempat dimana kuliner ini berasal yang kemudian mulai menyebar ke beberapa daerah di kawasan Melayu, seperti Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Semenanjung Malaya. Saking lezatnya, makanan ini dapat dengan mudah ditemukan diseluruh Rumah Makan Padang yang ada di Indonesia dan Malaysia, terlebih lagi sudah jadi masakan khas masyarakat Melayu dan Aceh, namun racikan bumbu yang digunakan berbeda-beda, tergantung dengan daerah masing-masing. 

Video by FLANET STUDIO

Di Melaka, bisa ditemukan banyak sekali penjual asam pedas dan saat liburan disana, aku sempet googling kira-kira asam pedas mana yang paling rekomended untuk dicoba. Setelah melalui pencarian yang lumayan panjang, akhirnya aku menemukan salah satu warung yang cukup terkenal dengan review terbanyak yaitu Asam Pedas Pak Man yang ada di 51, Jalan KNMP 2A, Kampung Bukit Katil, Malacca. Jadi semacam udah pergi jauh-jauh ke luar negeri, tapi makannya tetep aja kuliner Indonesia. Hehehe..

Kemarin aku dateng ke rumah makan ini pas jam makan siang setelah seharian muter-muter buat cari oleh-oleh. Pas jam makan siang ternyata rumah makan rame banget guys, jadi aku harus bersabar buat pesen dan dapetin kursi. Pantes aja sih karena memang Asam Pedas Pak Man ini yang terenak di Melaka ini. Tapi ngga berapa lama, akhirnya tiba giliranku untuk memesan. Aku pun memesan satu porsi Asam Pedas plus nasi dan telur asin dengan harga sekitar 20 ringgit. Dibilang mahal sih ngga ya, dibilang murah juga ngga. Standart sih harganya menurut aku.

kuliner di melaka

Asam pedas merupakan kuliner menggunakan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol, kakap, ikan tuna, ikan kembung, ikan gurami dan cumi-cumi sebagai bahan utamanya. Seafood tersebut diberi bumbu rempah-rempah. Kuliner ini bercita rasa asam dan pedas, sesuai dengan namanya. Asam Pedas adalah kuah yang didalamnya terdapat bumbu pedas dan asam lalu dilengkapi dengan aneka sayuran. Kuah ini berwarna kemerahan dan ngga terlalu kental. Tapi rasanya seger banget guys, apalagi kalo dimakan saat siang-siang begini.

kuliner di melaka

Bumbu asam dan pedasnya ini ngga cuma di kuahnya lho guys, tapi juga meresap ke dalam daging ikannya. Kebetulan ikan yang kemarin aku pesen adalah ikan patin yang dagingnya lumayan tebel. Selain ikan, diatas nasinya juga diberi setengah telur asin atau sering dikenal sebagai salted egg. Rasa telur asin ini ngga jauh beda dengan yang ada di Indonesia sih menurut aku, cuma ngga terlalu asin. Sebagai penawar rasa, diatas nasinya juga ada acar mentimun yang segar. Kombinasi yang pas banget pokoknya.

kuliner di melaka

So, buat kalian yang mau jalan-jalan ke Melaka, jangan lupa mampir ke rumah makan Pak Man ya dan cobain Asam Pedasnya yang paling enak ini. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai jam 23.00 waktu setempat. Jangan sampai kehabisan ya guys!

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY