Nongkrong Asik di One Fifteenth Coffee (1/15), Kopi Paling Nikmat di Jakarta Selatan

one fifteenth coffee

Victoria | Sightseeing
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia | halal
03 Sep 2018


Nongkrong Asik di One Fifteenth Coffee (1/15), Kopi Paling Nikmat di Jakarta Selatan
Kali ini aku mau mencoba kopi disalah satu kedai kopi di Gandaria, yaitu One Fifteenth Coffee atau biasa dikenal 1/15 Coffee.

Ngopi merupakan salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan kapan saja bersama siapa saja. Memang sih, istilah ngopi ngga selalu identik dengan minum kopi, tapi kalo aku pribadi sih ngopi adalah suatu kegiatan berkumpul bersama atau kadang juga sendirian sambil menikmati secangkir minuman nikmat. 

Di Jakarta sendiri, kedai kopi memang sudah menjamur. Tapi dari sekian banyak kedai kopi yang meramaikan ibukota, ngga semuanya bisa meninggalkan kesan. Beberapa waktu lalu, aku sempet cerita kalo di kawasan Jakarta Selatan, tempat ngopi favorit aku adalah kedai kopi bernuansa vintage di kawasan SCBD, yaitu Blumchen Coffee. Kali ini, aku mau mencoba kopi disalah satu kedai kopi di Gandaria, yaitu One Fifteenth Coffee atau biasa dikenal 1/15 Coffee. One Fifteenth Coffee ini favorit salah satu temen kerjaku dan dia yang merekomendasiin aku buat nongkrong disini. 

Video by Netmediatama

Aku pun langsung menuju kesana pada Sabtu sore lalu, barengan sama temenku, Tasha. Dia bilang sih cafe ini rekomended banget buat dikunjungi, soalnya kedai kopi ini memiliki keunikan, dia pun sering banget nongkrong disini. Kita pun pergi berdua naik mobil menuju ke One Fifteenth yang ada di Jalan Gandaria 1 No 63, RT 02 / RW 03, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Sesampainya disana, aku dibuat terkesima karena tempatnya cukup nyaman dan cantik. Penataan interiornya yang cukup cantik yang berupa floral modern minimalis, membuat kedai ini terlihat menarik dan asri. Seluruh tone warna cafe ini didominasi oleh warna kayu, putih dan hijau. Ruangan utamanya luas dilengkapi dengan bar panjang. Pencahayaannya juga mendukung, ngga terlalu terang juga ngga terlalu redup. Kadang pernah sih aku ngopi di kedai kopi yang pencahayaannya terlalu remang. Tapi disini, pencahayannya tidak terlalu remang, meskipun kemarin kita datang saat menjelang malam. Selain tanaman, beberapa ornamen seperti lukisan dan majalah membuat cafe ini semakin terlihat cantik. Selain suasananya yang nyaman, pelayanan disini pun sangat ramah dan informatif. Mereka ngga segan buat ngasih info dan melayani dengan baik. Cozy banget deh pokoknya.

Untuk menu kopinya sendiri disini cukup lengkap. Berbagai racikan kopi bisa disajikan, manual brewing, espresso, v360, cappucino, latte hingga racikan non kopi pun juga ada. Selain kopi, ada juga makanan ringan yang biasa dipesan sebagai makanan pendamping untuk menikmati secangkir kopi yang nikmati. Masalah harga? Menurut aku sih masih standard cafe pada umumnya dan bisa dibilang masih masuk akal. Kisaran 50 ribu - 100 ribu aja lho guys.

Ohya, nama dari 1/15 atau One Fifteenth ini ternyata memiliki filosofi lho, yaitu 1 bagian air dan 15 bagian kopi. Artinya, mereka sangat serius dalam mengolah aneka biji kopi hingga ke cangkir-cangkir tiap pengunjungnya. 

Buat kalian yang pengen bawa pulang biji kopi juga bisa lho guys. One Fifteenth Coffee juga menyediakan bungkusan biji kopi pilihan yang bisa dibeli. Jenis biji kopinya pun beragam, mulai dari Jawa, Toraja, Dolok Sanggul, Nicaragua dan masih banyak lagi. Biji kopi yang dijual pun disajikan spesial karena diroasting oleh Morph Coffee yang merupakan salah satu kopi terbaik di Jakarta yang terkenal dengan quality control yang ketat. Dan aku pun tertarik untuk membawa pulang satu untuk diseduh di rumah.

Kemarin aku memesan latte nya yang katanya paling recommended disini, Tasha juga suggest aku buat pesen latte disini dan akupun langsung pesen. Latte nya adalah campuran kopi dengan susu which is menu kopi yang gue suka banget. Ketika pertama kali menghirup latte ini, rasanya khas banget guys. Takaran antara biji kopi dan susunya pas. Pas ngerasain pertama kali, susunya terasa lembut banget dan lama kelamaan ada rasa asam dan pahit. Semacam minuman ini terdiri dari tiga rasa sekaligus yang ketika dicampur rasanya pas banget. Nikmat.

Untuk makanan pendampingnya, aku pesen banana cake. Banana cakenya enak banget dan teksturnya fluffy plus aroma pisangnya sangat terasa. Bener-bener menggoda ketika pertama kali makanan ini mendarat di meja. Apalagi banana cake ini disajikan dengan lemongrass jelly yang light dan segar. Super yummy!

Overall, aku suka banget sama tempat ini dan pastinya aku bakal balik lagi. So, buat kalian yang lagi ada di daerah Jakarta Selatan, pengen nongkrong sambil nyobain kopi yang super nikmat, bisa langsung dateng ke One Fifteenth Coffee. Cafe ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 - 21.00 WIB. Selain di Gandaria, One Fifteenth Coffee juga ada di Menteng, Jakarta Pusa dan Temrinal 3 Domestic Bandara Soekarno Hatta. Selain Jakarta, One Fifteenth juga punya cabang di Bali lho. Info lengkapnya, kalian bisa klik disini.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY