Wawasan

Keliling Dunia Dengan Touring motor? 9 Traveller Ini Membuktinya

Siapa yang tidak mau pergi berkeliling dunia? Tentunya pasti semua orang ingin mengelilingi dunia mengunjungi berbagai kota-kota di setiap belahan dunia. Menikmati keindahan alam, budaya, serta keunikan yang ada. Tentunya akan sangat mengasyikkan jika dapat terwujud. Namun, yang menjadi kendala adalah masalah biaya. Pastinya, kita harus merogoh kantong dalam-dalam untuk dapat mewujudkan salah satu cita-cita tersebut. Namun  orang traveller ini mampu keliling dunia hanya dengan touring motor. Siapa sajakah mereka?

1. Rhys Lawrey


Rhys Lawrey yang nekat melakukan perjalanan keliling dunia menggunakan sepeda motor. Pemuda berkebangsaan Inggris tersebut nekat melakukan perjalanan bersama dengan motor kesayangannya, Triumph Tiger 800 XC selama 15 bulan lamanya.
Tentu saja hal ini menjadi perjalanan yang amat mengesankan untuk Lawrey. Pemuda berusia 27 tahun tersebut berhasil mengunjungi 71 negara yang berada di 5 benua. Fantastis bukan? Baginya melakukan perjalanan tersebut merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Kunjungan Ke Saung Angklung Udjo

2. Mike Mills dan Shanon Mills


Kedua pasangan suami istri asal Amerika Serikat ini berhasil mengelililingi 41 negara di berbagai belahan dunia sejak tahun 2014. Mereka memulai perjalanan dari Amerika lalu menuju Meksiko, Belize, Guetamala, dan masih banyak lagi. Mike dan Shanon Mills juga sempat datang ke Indonesia. Mereka mengelilingi Pulau Jawa menggunakan sepeda motor.
Ada kegembiraan tersendiri ketika meraka berhasil berkunjung ke negara yang ada di belahan dunia menggunakan sepeda motor. Mereka tidak serta merta berkeliling dunia saja, tapi pasangan suami istri tersebut berkampanye tentang humanitas.

3. Nikki Misurelli


Banyak bilang berpetualang merupakan hal sangat berbahaya bagi wanita. Seorang wanita yang kini berusia 30 tahun, Nikki misurelli membantah opini tersebut. Terlebih ungkapan itu pernah di lontarkan oleh sang mantan kekasih kepadanya. Alhasil, Nikki membuktikan bahwa dirinya bisa berkeliling dunia sendiri.
Menghabiskan waktu selama 12 tahun lebih, Nikki memulai turnya dari Alaska, Italia, Spanyol, Austria, Portugal, bahkan sepak terjangnya sudah mencapai benua Australia. Total perjalan yang telah Nikki lalui adalah 17.500 mil hanya dengan menggunakan sepeda motornya. Diketahui juga bahwa Nikki memulai perjalanannya berkeliling dunia sejak berumur 18 tahun.

4. Jefferey Polnaja


Salah satu orang Indonesia yang berhasil menjelajahi berbagai negara di dunia dengan sepeda motor adalah jefferey Polnaja. Awalnya, pemuda kelahiran Kota Kembang ini hanya melakukan touring di Pulau Jawa dan Bali saja. Namun, Jefferey tertantang untuk melakukan touring berkeliling dunia dengan sepeda motor kesayangannya.
Petualangan tersebut ia mulai sejak tahun 2006, dengan menaklukkan benua Asia, lalu menuju Afrika. Pada tahun 2012 sempat kembali ke Indonesia, namun dirinya tidak menghentikan petualangannya begitu saja. Justru di tahun tersebut Jeffery pergi menuju Alaska dan Siberia.
Menurut Jeffery, ada pengalaman yang paling berkesan saat touring, ia pernah tertahan di perbatasan antara Bangladesh ke Bhutan selama tiga hari lantaran terdapat masalah pada visanya. Untunglah masalah tersebut dapat terselesaikan sehingga Jeffery dapat kembali melakukan perjalanannya berkeliling dunia

5. Kevin Sanders dan Julia Sanders


Kevin dan Julia Sanders merupakan pasangan suami istri asal London, Inggris yang berhasil mengelilingi dunia dalam waktu tercepat, yaitu 12 hari.Tentu saja prestasi membanggakan mereka tercatat dalam buku Guinness World Records. Sungguh luar biasa perjalanan yang pasangan suami istri Sanders lakukan.
merupakan salah satu dari traveller yang berkeliling dunia dengan mengendarai motor. Steve berhasil menjelajahi dunia dari Singapura sampai London pada tahun 1973 silam. Bisa dikatakan Steve merupakan salah satu legenda traveller yang mengelilingi dunia dengan touring motor.

6. Anita Yusof


Tidak hanya Indonesia, negara tetangga juga mempunyai traveller wanita muslimah yang pertama kali menjelajahi dunia menggunakan motor. Anita Yusof memulai perjalanan dari kanada, kemudian menuju ke Amerika Serikat, Argentina, Brazil dan masih banyak lagi.
Tentu saja sepak terjang Anita patut diperhitungkan, karena ibu dua anak ini tidak menggunakan motor besar yang biasanya untuk touring. Perjalan Anita dimulai pada tahun 2015, dan berakhir pada 14 September 2016. Selama setahun perjalannya, Anita mampu mengelilingi 40 negara di empat benua. Hal ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa.

7. Nicole Espinosa


Nicole merupakan salah satu traveller asal Amerika Serikat. Semua perjalanannya dia dokumentasikan dalam akun Youtube pribadinya. Sejauh ini, Nicole masih terus melanjutkan perjalanan keliling dunia menggunakan motor. Nicole juga sempat ke Indonesia beberapa waktu lalu bersama dengan traveller motor dunia. Nicole menceritakan bagaimana pengalamannya selama berpetualang di Benua Afrika.

8. Mario Iroth dan Lilis Handayani


Indonesia kembali memiliki traveller nekat yang mampu keliling dunia hanya dengan mengendarai motor. Mario Iroth dan Lilis Handayani merupakan pasangan suami istri asal asal Bandung yang bisa mengendarai motor sampai Paris.
Awalnya Mario dianggap tidak normal karena memilih mengundurkan diri dari pekerjaannya dan lebih memilih untuk menjadi seorang rider petualang. Ditemani istrinya, Mario mulai berkeliling dunia dengan start berada di bandung.
Namun, usahanya keduanya tidak sia-sia. Mario dan Lilis berhasil mengenalkan budaya Indonesia ke luar melalui blog dokumentasinya . Mereka juga mencoba mengenal keanekaragaman budaya yang berada di belahan dunia lainnya.
Mario dan Lilis telah Pasangan suami-istri ini menamakan diri mereka “Wheel Story”. Kisah petualangan mereka saat berada di wilayah Benua Asia dinamakan dengan Wheel Story 1. Petualangan mereka dimulai sejak tahun 2013, dan hingga kini mereka telah berhasil berkeliling ke 40 negara di dunia.

9. Ted Simon

merupakan seseorang yang dikenal oleh bikers dunia. melakukan perjalannya dengan menggunakan sepeda motor untuk berkeliling dunia pada tahun 1973 saat dirinya berusia 42 tahun. Semua pengalamannya ia tuliskan dalam sebuah buku. Karya yang paling terkenal adalah Jupiter’s Travels and Riding High.
Di Inggris, Ted Simon adalah legenda untuk para petualang sepeda motor. Pria yang saat ini berusia 87 tahun tersebut telah berhasil mengelilingi 45 negara dengan jarak tempuh 103.000 km.

Berkeliling dunia memang hal yang sangat menyenangkan. Apalagi kita dapat menemukan berbagai hal baru yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Tentu saja, biaya yang dikeluarkan untuk bisa mewujudkan impian tersebut tentu saja tidak sedikit. Anda harus benar-benar mempersiapkan segalanya bahkan dari hal yang paling terkecil sekalipun.
Sama halnya dengan berkeliling dunia menggunak motor. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sedetail mungkin. Mulai dari Paspor, pengurusan visa, mata uang tiap-tiap negara, pakaian, makanan, kondisi kendaraan dan juga kondisi tubuh. Jangan sampai rencana tersebut gagal karena kurangnya persiapan.
Ketika memutuskan untuk touring motor berkeliling dunia, maka tidak hanya modal nekat saja, tapi juga harus memiliki komitmen yang tinggi. Hal tersebut diperlukan untuk menghadapi segala situasi yang akan terjadi di kemudian hari. Namun, semua itu akan terbayar dengan rasa puas oleh keberhasilan dan pengalaman yang didapat.

Reni

View Comments

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago