Kuliner

Rasanya Nagih! 10 Rekomendasi Nasi Cumi Madura Enak di Surabaya


Saat berkunjung ke ibukota Jawa Timur, kurang afdol rasanya bila tidak berwisata kuliner untuk mencicipi nasi cumi hitam khas Madura paling enak di Surabaya. Olahan seafood yang khas satu ini memiliki cita rasa lezat, unik, dan otentik. Jadi, tidak heran bila wisatawan yang berkunjung ke Surabaya pasti memburunya.

Berbagai kuliner
khas Madura, seperti sate contohnya, sudah terbukti membuat ketagihan. Uniknya, berbagai olahan itu tidak dijual langsung di Madura, melainkan daerah-daerah lain di seantero Jawa Timur, khususnya Surabaya. Termasuk nasi cumi hitam yang sangat mudah ditemukan di berbagai sudut pusat pemerintahan Provinsi Jawa Timur tersebut. Guna memudahkan Anda untuk berburu olahan nasi cumi hitam di Surabaya, Berikut tempat makan nasi cumi Madura enak di Surabaya.

Kuliner Nasi Cumi Madura Enak di Surabaya

1. Warung Nasi Cuhima Bu Evie

dimanaja.com


Rumah makan pertama yang menawarkan olahan cumi hitam Madura di Surabaya adalah Warung Nasi Cuhima Bu Evie. Warung ini juga kerap disebut sebagai Nasi Madura Ngagel mengingat alamatnya yang berada di Jalan Ngangel Madya No. 08, Kota Surabaya. Di sini, olahan cumi hitam disajikan dengan beragam lauk pendamping lainnya.
Anda bisa memilih empal suwir, paru, babat, atau telur asin sebagai lauk tambahan. Sedangkan seporsi nasi cumi hitam di sini sudah dilengkapi mie goreng, serundeng, ikan teri, peyek, dan sambal. Warung sejak 1986 silam ini menawarkan harga terjangkau, mulai Rp20.000,- saja, Anda sudah bisa menikmati seporsi nasi cumi hitam lengkap.

Pasir Putih Karanggongso Dan Mangrove Pancer Cengkrong

Pantai Teleng Ria, Tempatnya Bersantai Dan Berburu Ikan Laut!


2. Nasi Madura Bu Hamina

pergikuliner.com


Warung nasi cumi hitam khas Madura paling enak di Surabaya yang plaing direkomendasikan adalah Nasi Madura Bu Hamina. Di sini, Anda bisa menikmati seporsi nasi cumi hitam dengan harga Rp20.000,- saja. Lokasinya berada di Jalan Pegirian No. 122, Kota Surabaya. Pilihan lauk lainnya ada udang, babat, tongkol, empal, dan usus.


3. Warung Bumbu Madura Ampel


Seporsi nasi cumi hitam di sini sudah ditambahi dengan lauk udang goreng serta sambal pencit yang nikmat. Warung Bumbu Madura Ampel berada di Jalan KH. Mas Mansyur 55, Kota Surabaya. Porsi nasi maupun lauk tidak pelit sama sekali, ditambah bumbunya meresap sempurna. Soal harga? Mulai dari Rp25.000,- saja per porsi.


4. Kedai Gendis

Instagram/laparlagimakanlagi


Di Ruko Grand City Regency, Jalan Rungkut Madya No. A-11, Kota Surabaya, ada Kedai Gendis yang tidak boleh sampai dilewatkan. Nasi cumi hitam andalan warung ini dibanderol dengan harga mulai Rp25.000,- per porsi. Bahkan, soal porsi penyajian tergolong ‘porsi gila’ karena baik nasi maupun lauk sama banyaknya.
Di sini, tiap porsi nasi cumi hitam diberi tambahan lauk tumis buncis campur wortel yang memberi rasa segar pada keseluruhan sajian. Telurnya juga bisa memilih digoreng mata sapi atau telur bali rebus. Mencari kuliner selain cumi hitam? Krengsengan ayam di warung ini juga tidak kalah lezat. Rasanya didominasi pedas manis.


5. Warung Nasi Empal Bu Yudi

Instagram/nani_epicure


Meskipun bertajuk nasi empal, rumah makan di Jalan Kapas Krampung 220 – III, Tambaksari, ini juga menyediakan banyak menu lain. Salah satunya nasi cumi hitam. Supaya lebih sedap, cumi hitam di sini diberi daun kemangi yang membuat cita rasanya berbeda. Banderol harga per porsi nasi cumi hitam di sini adalah Rp20.000,-.


6. Warung Pink Dinoyo WM


Ingin makan nasi cumi hitam khas Madura paling enak di Surabaya dengan harga anak kos? Tepat di depan kampus WM Dinoyo, ada Warung Pink yang bisa menjadi rujukan. Seporsi nasi cumi hitam di sini hanya dibanderol mulai Rp15.000,- saja. Setiap porsinya sudah diberi tambahan lauk berupa babat goreng.


7. Warung Semar


Diberi nama berdasarkan salah satu tokoh wewayangan Jawa yang terkenal, warung ini berada di Jalan Ngangel Jaya Selatan No. 84, Kota Surabaya. Penamaan itu sekaligus berdampak pada porsi setiap sajian dari warung ini yang cukup rasanya bila dinikmati oleh dua orang dewasa. Terutama nasi cumi khas Madura yang menjadi favorit.
Di sini, cumi hitamnya diolah dengan kepedasan sedang, sehingga cocok bagi Anda yang toleransi kepedasannya rendah. Seporsinya diberi harga Rp23.000,- saja. Kalau ingin mengganti nasi putih dengan nasi jagung yang rendah kalori, Anda cukup menambah biaya Rp2.000,- tiap porsinya. Perpaduan rasa nasi jagung dengan cumi hitam yang sempurna.


8. Warung Sego Meduro Suramadu Bu Ana

Instagram/eatteamptationsby


Di warung yang berlokasi di Jalan Demak No. 304 ini, seporsi nasi cumi hitam Madura bisa didapatkan dengan harga Rp26.000,-. Bukanya mulai pukul tujuh pagi sampai jam lima sore saja. Pastikan datang awal, ya. Soalnya, pengunjung warung ini selalu ramai, terutama saat jam sarapan dan makan siang.
Keunikan nasi cumi hitam khas Madura paling enak di Surabaya yang satu ini adalah cuminya bukan sembarangan. Cuminya dipilih yang dalam kondisi mengandung telur. Jadi, selain gurihnya daging cumi, ada pula rasa gurih dari telurnya. Sementara untuk Anda ingin mencoba menu lain, di sini ada juga nasi bebek dan rawon.


9. Warung Nasi Cumi Bu Isya


Ingin menikmati cumi hitam yang beda dari warung lainnya? Coba datang ke Warung Nasi Cumi Bu Isya di Jalan Waspada, Kota Surabaya. Di sini, ada menu nasi rawon cumi hitam bagi yang bosan dengan nasi cumi hitam kering pada umumnya. Seporsi olahan rawon cumi ini dibanderol Rp28.000,- saja.
Kuah rawonnya gurih digabungkan dengan olahan cumi hitam pedas manis. Daging sapinya juga sangat empuk sehingga tidak sulit menyantapnya. Bagi penggemar berat cumi, bisa meminta agar porsi cuminya diperbanyak. Tidak perlu khawatir, biaya tambahan yang dibebankan hanya Rp5.000,- saja. Porsi nasinya tidak usah ditanya, banyak sekali.


10. Warung Kongde Mbak May

warung-koengde-mbak-may.business.site/


Warung terakhir yang masuk daftar teratas penjual nasi cumi hitam khas Madura paling enak di Surabaya adalah Warung Kongde Mbak May. Rumah makan ini berada di Jalan Bubutan Gang 3, Kota Surabaya. Di sini, Anda bebas memilih lauk pendamping sesuai selera dengan hanya membayar Rp25.000,- per porsi.
Tips Menikmati Nasi Cumi Hitam Khas Madura di Surabaya
Tentunya Anda ingin menikmati nasi cumi hitam khas Madura yang lezat, bukan? Meski begitu, jangan lupa memerhatikan hal-hal berikut :
Pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap seafood. Bukan hanya cumi, tetapi juga udang yang bisa dijadikan sebagai menu pelengkap seporsi nasi cumi hitam Madura.
Anda memiliki toleransi pedas yang cukup tinggi karena olahan cumi hitam biasanya dibumbu cukup pedas.
Bila tidak ada alergi dan toleransi pedas cukup tinggi, maka tidak akan ada masalah berburu nasi cumi hitam khas Madura paling enak di Surabaya. Mengingat warung-warung di atas merupakan rujukan utama, jangan kaget kalau disambut antrian panjang di sana. Kapan lagi berburu nasi cumi hitam nikmat dengan harga murah meriah?

Reni

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago