Wisata

Ini Dia Tempat Wisata Dekat Stasiun Cimahi yang Aesthetic

Stasiun Cimahi merupakan salah satu stasiun paling ramai dan paling sibuk di Indonesia. Di sekitar Stasiun Cimahi juga terdapat banyak destinasi wisata yang menarik. Bahkan tempat wisata dekat stasiun Cimahi kini tak terhitung jumlahnya, mulai dari wisata air hingga darat lengkap di Cimahi. 

Bagi anda yang tengah mencari referensi tempat wisata di sekitar stasiun, maka simak ulasan di bawah ini dengan seksama. Disini akan dijelaskan beberapa destinasi wisata di Cimahi mulai dari tempat, alamat lengkap hingga harga tiket masuknya. Yuk simak rinciannya berikut. 

15 Tempat Wisata dekat Stasiun Cimahi :

1. Taman Kreatif Cimahi ( Taman Kartini) 

google.com

Taman Kreatif Cimahi adalah tempat yang sangat cocok bagi anak muda kreatif yang gemar berfoto dan mencari inspirasi karya seni. Tempat ini menyajikan hamparan taman yang indah, seni mural yang keren dan aesthetic, serta instalasi seni unik. Hal itu menjadikan tempat ini sebagai latar belakang yang sempurna untuk foto yang instagramable. 

menariknya, disini sering diadakan acara seni dan pertunjukan setiap pekannya. Tiket masuk taman kreatif Cimahi juga gratis. Tak heran jika tempat ini selalu padat pengunjung. 

Jam operasional : senin sampai jumat (10.00 – 15.00) 

Alamat : Jalan Taman Urip Sumoharjo, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

2. Tangkuban Perahu – Wisata Dekat Stasiun Cimahi

infobdg.com

Mendengar nama Tangkuban Perahu tentu sudah tidak asing lagi bagi warga negara Indonesia. Tempat wisata yang satu ini berjarak kurang lebih 15 kilometer dari stasiun Cimahi. Jarak yang tak terlalu jauh jika ditempuh menghasilkan kendaraan dari stasiun Cimahi. 

Hal yang menakjubkan di Tangkuban perahu tentunya adalah pemandangan gunung berapi serta kawahnya. Di sini, wisatawan dapat melakukan trekking atau berjalan-jalan di sekitar area kawah sambil menikmati udara segar yang sejuk khas pegunungan. 

Jam operasional : setiap hari ( 07.00-17.00  WIB) 

Alamat : Kelurahan Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Harga tiket : kurang dari 50.000 per orang. 

3. Taman Hutan Raya Ir. H Juanda

infobdg.com

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan taman yang luas dan indah. Tempat wisata dekat stasiun Cimahi ini terletak sekitar 10 kilometer dari Stasiun Cimahi. Jarak yang tidak terlalu jauh jika ditempuh menggunakan kendaraan. Di taman ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan melakukan trekking atau berjalan-jalan kecil.

Walaupun bernama taman hutan, namun tempat wisata ini m memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari restoran, tempat parkir, hingga ada juga tempat penginapan dengan harga murah namun kualitas terbaik. Pengunjung dapat menikmati sensasi menginap di penginapan yang sejuk khas udara pegunungan. 

Jam operasional : setiap hari (07.00 – 16.00) 

Alamat : Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda Nomor 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Harga tiket : 15.000 per orang. 

4. Puncak Bintang Cimahi – Wisata dekat Stasiun Cimahi

infobdg.com

Puncak Bintang  adalah tempat wisata dekat stasiun Cimahi  yang cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan pemandangan Kota Cimahi dari dataran tinggi. Tak terlalu jauh, tempat wisata ini terletak sekitar 5 kilometer saja dari Stasiun Cimahi. Tentunya bisa dijangkau dengan cepat menggunakan kendaraan bermotor. 

Di Puncak Bintang, kamu dapat melihat Kota Cimahi dari ketinggian, serta menikmati udara segar yang sangat menyegarkan. Angin yang berhembus kencang serta gemerlap lampu kota Cimahi saat malam hari menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Puncak Bintang. 

Jam operasional : setiap hari 24 jam

Alamat : Jalan Mahar Martanegara Nomor 18, Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

Harga tiket :15.000 rupiah. 

6. Taman Kupu-kupu Cimahi

tourbandung.id

Selanjutnya ada Taman Kupu-kupu yang merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta. Sesuai namanya, taman ini memiliki berbagai jenis kupu-kupu yang dipelihara dan ditampilkan di dalam kandang. Keindahan aneka Kuu-kupu membuat pengunjung takjub dan betah lama-lama berkeliling di taman ini. 

Selain itu, taman Kupu-kupu Cimahi ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Disini terdapat area bermain khusu untuk anak-anak, restoran, hingga lapangan untuk olahraga.

Jam operasional : setiap hari (08.00 – 17.00) 

Alamat :Jalan Cihanjuang Cibaligo Permai Raya Nomor 58, Cihanjuang, Kecamatan  Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Harga tiket : 20.000 per orang. 

7. Kampung Adat Cireundeu

radarjabar.disway.id

Kampung adat Cireundeu merupakan tempat wisata alam yang berupa pemukiman penduduk dengan rumah panggung unik dan hampir serupa. Kampung adat Cireundeu ini memiliki luas yang terdiri dari 60 hektar untuk pertanian dan empat hektar untuk pemukiman. Makanan pokok masyarakat disini adalah singkong yang ditanam sendiri. 

Anda akan takjub jika berkunjung disini karena masyarakatnya masih kental dengan adat lokal namun tidak menolak adanya kemajuan zaman seperti teknologinya. Mereka hanya melestarikan adat budaya agar tidak punah tergerus zaman. 

Alamat : Cireundeu, Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

8. Museum Sri Baduga – Wisata dekat Stasiun Cimahi

tourbandung.id

Museum Sri Baduga adalah tempat wisata edukasi yang terletak sekitar 10 kilometer dari Stasiun Cimahi. Wisata yang satu ini merupakan tempat yang ideal untuk mengenal sejarah atau asal usul budaya Sunda.  

Museum Sri Baduga menampilkan banyak koleksi benda kuno, seni, dan benda bersejarah lainnya yang terkait dengan sejarah dan budaya Sunda. Sehingga akan banyak informasi sejarah Sunda yang didapat jika anda berkunjung ke museum Sri Baduga ini. 

Jam operasional : setiap hari selasa – minggu ( 08.00 – 16.00).

Alamat :Jln. BKR Nomor 185, Pelindung Hewan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Harga tiket : 3000 untuk dewasa dan 2000 untuk anak-anak. 

9. Wisata Kuda Pakuhaji

orami.co.id

Wisata Kuda Pakuhaji merupakan tempat wisata dekat stasiun Cimahi yang sudah terkenal karena wahana kudanya. Di sini, pengunjung dapat memilih 2 jenis kuda, yaitu kuda impor maupun kuda lokal.

Kuda impor biasanya hanya direkomendasikan untuk pengunjung yang sudah mahir dalam berkuda. Sementara kuda lokal ditujukan untuk pengunjung yang masih pemula atau yang sekedar tertarik untuk menunggang kuda. 

Dengan tarif 10.000 rupiah saja, pengunjung sudah dapat menikmati sensasi naik kuda selama 2 putaran. Tarif tersebut tentu berlaku kelipatan bagi yang ingin lebih lama dalam menunggang kuda. 

Selain kuda, ada juga wahana menarik lainya seperti kolam renang, arena ATV, wisata Outbound, taman satwa, wahana bermain anak, hingga tempat kuliner khas Sunda yang lengkap. 

Jam operasional : setiap sabtu,minggu,dan hari libur nasional saja ( 08.00-16.00 WIB). 

Alamat : Pakuhaji Tengah, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40511

Harga tiket : 10.000 per orang belum termasuk tiket wahana di dalamnya. 

10. All About Strawberry Cimahi

labirutour.com

Seperti namanya, tempat wisata dekat stasiun Cimahi ini mengusung konsep buah Strawberry. Jika berkunjung kesini, pengunjung akan mendapatkan satu gelas minuman strawberry gratis sebagai welcome drink. Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal,tentu tidak perlu khawatir. Karena disini menyediakan aneka jajanan tradisional yang siap menemani wisata anda sekeluarga. 

Jam operasional : setiap hari ( 08.00 – 20.00) 

Alamt : Jalan Cihanjuang Nompr 24, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

Harga tiket : 5000 per orang. 

11. Masjid Jami Al Baakhirah

cimahi.inews.id

Selanjutnya adalah tempat wisata religi yang dinamakan masjid Jami al Baakhirah. Masjid ini cukup unik dengan bangunan berbentuk kapal laut. Menurut cerita, Masjid ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh sehingga dibangun menyerupai kapal laut. Masjid dengan bentuk kapal tersebut memiliki luas 200 meter persegi dan mampu menampung hingga 100 orang jemaah. 

Pada bagian dalam masjid, sejumlah ornamennya dibuat persis seperti ornamen dalam kapal laut.  Lantai masjid juga berwarna coklat menyerupai lantai dari kayu, bahkan lampu masjid menggunakan lampu ball ice yang biasa dipasang pada kapal atau bunker. 

Jam operasional : setiap hari ( 03.30 – 19.30) 

Alamat : Jalan Bp. Ampi Nomor 1E, RT.02 RW.06, Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

12 . Curug Panganten Cimahi

tempat.org

Nama Curug Panganten Cimahi ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Curug yang satu ini terkenal karena konon lokasinya yang angker. Namun hal tersebut ditepis oleh adanya banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. 

Air terjun di curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan memiliki dua aliran air terjun yang berdampingan. Salah satu air terjunya berukuran lebih besar dibandingkan yang satunya lagi. Adanya pelangi di tengah air terjun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Jam operasional : setiap hari ( 07.00 – 16.00) 

Alamat : Jalan Cihanjuang, Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

Harga tiket : 5000 per orang. 

13. Situ Ciseupan Cibeber

jabarekspres.com

Situ Ciseupan Cibeber merupakan tempat wisata dekat stasiun Cimahi yang menawarkan situ atau danau dengan air yang tenang. Pesona alam berupa danau dan bukit menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang menarik untuk Anda yang hobi fotografi. 

Menariknya lagi, bagi pengunjung yang ingin berkemah di sini, tersedia fasilitas berupa glamping sewaan. Glamping di Wisata Situ Ciseupan berkapasitas maksimal hingga 4 orang. 

Sedangkan untuk yang ingin menggunakan tenda, pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewanya di lokasi. Selain menikmati keindahan alam, di situ ini juga tersedia stand UMKM yang menjual berbagai pernak-pernik aksesoris atau buah tangan dari masyarakat Kota Cimahi.

Jam operasional : setiap hari (08.00 – 16.00) 

Alamat : Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Harga tiket : 5000 rupiah untuk tiket masuk. 

14. Puncak Bukit Kujang Gunung Bohong

bandungbergerak.id

Puncak Bukit Kujang Gunung Bohong adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan pesona alam cimahi. Ketinggian puncak Gunung Bohong adalah mencapai 877 meter di atas permukaan laut. Kawasan Wisata Alam ini juga sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti lahan parkir, warung jajan, serta toilet sudah tersedia. 

Sejauh ini belum ada tiket masuk ke kawasan ini. Pengunjung hanya cukup membayar biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar 2.000 – 3.000 rupiah saja. Sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar 5000 rupiah. 

Perlu diingat! Bagi anda yang berkunjung pada hari Minggu, akan ada pungutan tiket tambahan sebesar  2.000 rupiah untuk uang kebersihan lokasi ini. 

Jam operasional : setiap hari (06.00-18.00) 

Alamat : Sukamaju Nomor 11, Citeureup, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

15. Taman Aspirasi – Wisata dekat Stasiun Cimahi

batam.tribunnews.com

Terakhir, tempat wisata dekat stasiun Cimahi lainnya yakni bernama Taman Aspirasi . Dinamakan taman Aspirasi karena pengunjung dapat menyampaikan aspirasinya melalui box yang tersedia di taman tersebut. Lokasinya yang berada di lingkungan DPRD Kota Cimahi menjadikan tempat ini sebagai tempat menampung aspirasi masyarakat.

Taman aspirasi juga bisa untuk tempat bermain anak-anak yang nyaman. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini ramai oleh lalu lalang orang setiap waktunya. 

Jam operasional : setiap hari 24 jam. 

Alamat : Jln Kaum Nomor 1, Cimahi, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

source : https://www.youtube.com/@duniakulinerenak

Demikian ulasan singkat mengenai 15 tempat wisata dekat stasiun Cimahi yang menarik dan murah meriah. Informasi diatas dapat menjadi referensi tepat bagi anda yang hendak berwisata ke wilayah Cimahi. 

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago