Oleh oleh

8 Oleh Oleh khas Kalimantan Utara Terkenal dan Hits

Kalimantan Utara merupakan sebutan bagi salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Saat berlibur ke kawasan Kalimantan Utara, kamu tidak hanya dapat mengunjungi banyaknya destinasi wisata, tetapi juga dapat memutuskan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Terdapat banyak pilihan oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang wajib kamu ketahui. Penasaran? Berikut daftarnya.

Oleh Oleh khas Kalimantan Utara :

1. Ikan Asin Pipih

celebes.id

Saat berlibur ke kawasan Kalimantan Utara, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang dapat kamu bawa pulang adalah ikan asin pipih. Sesuai dengan sebutannya, ikan yang satu ini telah diawetkan dengan cara diasinkan. Bentuk ikan yang khas yakni pipih juga menjadi keunikan tersendiri.

Ikan asin pipih dibuat menggunakan ikan pepija yakni jenis ikan duri lunak disukai oleh masyarakat Kalimantan Utara. Selain banyak diburu untuk dinikmati langsung, ikan asin pipih juga banyak diburu sebagai oleh-oleh.

Ikan yang satu ini dinilai mampu bertahan lama dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 25.000,-. Kamu dapat mengolah ikan asin pipih untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat. Setelah mencobanya, dijamin kamu akan dibuat ketagihan.

2. Kaltara Fried Crab

fr.foursquare.com

Jika beberapa dari kamu sudah tidak asing dengan sebutan fried chicken, tetapi pernahkah kamu mengetahui jajanan fried crab? Fried crab merupakan jajanan yang sekaligus banyak diburu sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Utara. Sesuai dengan sebutannya, jajanan yang satu ini merupakan olahan kepiting soka yang diolah dengan cara digoreng.

Kamu dapat menikmati olahan kepiting soka bersama dengan cangkangnya. Sebelum digoreng, kepiting terlebih dahulu dibersihkan dan dibalur dengan tepung bercampur wijen. Untuk menikmatinya, kamu perlu menyiapkan biaya kurang lebih Rp 90.000,-. Harga tersebut termasuk murah, ingat bahan baku kepiting soka yang sudah sangat mahal.

Kamu dapat membeli fried crab di berbagai toko oleh-oleh maupun toko jajanan di Kalimantan Utara. Biasanya fried crab dijual dengan kondisi setengah matang dan dapat digoreng kembali hingga matang saat akan dikonsumsi. Makanan yang satu ini juga dapat disimpan dalam freezer sehingga mampu bertahan cukup lama. Cita rasanya yang gurih dan lezat menjadikan fried crab banyak disukai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

3. Dodol Rumput Laut

ntb.idntimes.com

Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, kamu akan menjumpai banyaknya olahan rumput laut yang dapat dikonsumsi, salah satunya adalah dodol rumput laut. Makanan yang satu ini juga banyak diburu sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Utara untuk dibawa pulang. Selain lezat, dodol rumput laut juga dikenal kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Padahal rumput laut dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Kalimantan Utara. Biasanya, jajanan yang satu ini dikemas dengan kemasan yang praktis dan menarik. Kamu juga dapat membelinya dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

Dodol rumput laut sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Rasanya yang manis serta tampilannya yang berwarna-warni menjadikan dodol ini sayang untuk kamu lewatkan.

4. Sate Temburung

idntimes.com

Diantara banyaknya pilihan oleh-oleh khas Kalimantan Utara, sate temburung menjadi salah satu yang unik dan menarik untuk kamu coba. Sate yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa tempurung, yakni hewan laut sejenis kerang.

Yang membedakan temburung dengan kerang lainnya adalah bentuk cangkangnya yang melingkar seperti terompet. Selain cocok untuk dikonsumsi langsung saat berada di Kalimantan Utara, sate temburung juga banyak diburu sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Cita rasanya yang lezat serta tekstur dagingnya yang khas akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya.

Sate temburung biasanya dikonsumsi saat malam pergantian tahun baru. Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu dan mencoba lezatnya satu temburung.

5. Abon Kepiting Soka

shopee.co.id

Selain diolah menjadi fried crab, kepiting soka juga banyak diolah menjadi abon dengan cita rasa lezat dan gurih. Abon kepiting soka menjadi salah satu makanan sekaligus oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang banyak diburu oleh wisatawan. Bagaimana tidak, makanan yang satu ini memiliki cita rasa serta kelezatan yang berbeda dengan abon pada umumnya.

Abon kepiting soka sangat cocok untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai lauk saat makan. Biasanya, abon kepiting soka dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga tidak heran jika kerap menjadi sasaran wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kamu juga dapat dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Kalimantan Utara. Tertarik untuk mencobanya?

6. Amplang Bandeng

langsungenak.com

Amplang menjadi makanan yang tidak terpisahkan dengan kawasan Kalimantan. Terdapat banyak jenis amplang yang ditawarkan, salah satunya adalah amplang bandeng. Amplang bandeng dapat dengan mudah dijumpai di kawasan Kalimantan Utara. Salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Utara ini dikenal memiliki tekstur yang renyah serta cita rasa dan aroma yang khas.

Amplang bandeng dapat dengan mudah kamu jumpai di toko oleh-oleh di Kalimantan Utara. Kamu tidak perlu khawatir karena makanan ini dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik. Amplang bandeng dapat dipilih sebagai jajanan untuk dinikmati saat bersantai, maupun sebagai pendamping saat makan.

Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, jangan lupa untuk berburu amplang bandeng sebelum pulang.

7. Udang Kering

tokopedia.com

Selain ikan asin pipih, udang kering juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang menarik untuk kamu bawa pulang. Karena dijual dalam keadaan kering, makanan ini mampu bertahan cukup lama. Tidak hanya banyak diburu oleh masyarakat lokal serta wisatawan, udang kering juga menjadi makanan yang sudah diekspor ke luar negeri. Menarik sekali bukan?

Kamu dapat memilih untuk membawa pulang udang kering sebagai oleh-oleh untuk diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Tekstur serta aromanya yang khas tentu akan membuatmu ketagihan.

8. Sate Ikan Pari

cookpad.com

Satu lagi rekomendasi oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang tidak boleh kamu lewatkan yakni sate ikan pari. Sesuai dengan sebutannya, sate ikan pari dibuat menggunakan bahan utama berupa ikan pari. Ikan yang satu ini banyak dijumpai di kawasan Sungai Sesayap, yang merupakan sungai induk bagian utara Kalimantan Timur.

Olahan sate ikan pari hanya dibuat gunakan bahan daging ikan pari tanpa kulit. Dengan bumbu serta rempah yang khas, hidangan yang satu ini tentu akan membuatmu ketagihan. Selain banyak disukai oleh masyarakat lokal, sate ikan pari juga banyak diburu oleh wisatawan.

Nah, itulah daftar 8 oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang wajib kamu ketahui. Dari rekomendasi di atas, oleh-oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang saat berkesempatan datang ke Kalimantan Utara?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago