rory | Sightseeing
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia | Hiking & Trekking
11 Mar 2019


Menikmati Keindahan Sunrise Gunung Telomoyo, Indahnya Bikin Lupa Diri
indahnya sunset di gunung telomoyo.

How to Get There

Setelah sekian lama aku ngga hiking, akhirnya Minggu lalu aku mutusin buat pergi hiking lagi. Tapi ngga jauh-jauh. Beberapa waktu lalu, aku sempet pergi ke Bukit Kaba di Bengkulu yang lokasinya lumayan jauh. Akhirnya salah satu temen ngajakin buat hiking ke Gunung Telomoyo yang katanya punya sunrise yang indah.

Aku udah pernah denger sebelumnya tentang Gunung Telomoyo, tapi belum pernah dateng kesana, cuma pernah ke Gunung Andong aja. Ternyata ngga terlalu jauh dari Jogja kok guys, tepatnya ada diantara Magelang dan Semarang. Kebetulan temen aku itu orang Jogja dan kita rame-rame naik mobil menuju Magelang.

Untuk menuju ke Gunung Telomoyo, dari Magelang tinggal arahkan kendaraan menuju Pasar Ngablak, sekitar 2 kilometer dari situ ada pertigaan dan beloklah ke kiri ikuti arah Dalangan. Sekitar 3 kilometer dari sana, ada pertigaan lagi dan belok kiri lagi. Lurus terus sampe sekitar 1,5 kilometer, ada sebuah jalan kecil di kanan jalan. Ada papan petunjuk ke arah Stasiun Pemancar. Nah, itu adalah jalan satu-satunya menuju Puncak Telomoyo.

gunung telomoyo magelang

What to Do

Magelang memang terkenal dengan keindahan Sunrise di Punthuk Setumbu, tapi menurut aku sunrise di Gunung Telomoyo ini juga ngga kalah epic daripada Punthuk Setumbu. Gunung Telomoyo juga dikenal sebagai landasan paralayang dengan panorama yang indah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1894 mdpl yang bisa kalian tempuh degan berjalan kaki selama satu hingga dua jam untuk menuju puncak. Tapi kalo kalian ngga mau jalan, kalian bisa naik motor atau mobil dan hanya butuh waktu sekitar 15-30 menit aja. Karena ngga mungkin buat naik city car kami ke puncak gunung, kami pun mutusin buat sewa jeep buat antar kita hingga ke puncak. Sewanya cukup terjangkau kok guys, sekitar 300 ribuan per mobilnya.

gunung telomoyo magelang

Untuk menikmati sunrise di puncak Gunung Telomoyo, kami udah harus stand by mulai jam 3 pagi baru sekitar jam setengah 4 jeep kami bergerak menuju puncak gunung. Udara pagi hari di darah pegunungan ngga usah ditanya lagi guys, dingin banget. Padahal aku udah pake jaket tebel, kaos kaki dan sepatu, tapi anginnya masih aja berasa semriwing.

gunung telomoyo magelang

Sekitar jam 5 pagi, kami sampe juga di puncak Gunung Telomoyo. Semburat langit berwarna jingga mulai terlihat dan matahari perlahan mulai keluar dari peraduannya. Pastinya aku dan teman-teman ngga mau melewatkan moment ini dan memilih untuk mengabadikannya dengan kamera. Beruntungnya langit hari itu terlihat cerah jadi kita bisa melihat keindahan sunrise yang sempurna ini.

gunung telomoyo magelang

gunung telomoyo magelang

Setelah matahari terbit, langit pun mulai terlihat berwarna biru. Pemandangan pun mulai berganti dengan deretan gunung yang terlihat dari puncak, seperti Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Andong. Kami juga bisa melihat keindahan Rawa Pening dari kejauhan. Keren banget pemandangannya. 

gunung telomoyo magelanggunung telomoyo magelang

Kami pun langsung mengeluarkan perbekalan kami yang sudah dibawa dari Jogja tadi. Tak lupa juga kami menyeduh kopi buat menghangatkan badan. Jadilah kita sarapan di puncak Gunung Telomoyo. Meskipun menu makanannya biasa-biasanya aja, tapi terasa istimewa karena pemandangannya indah banget.

Kenyang sarapan dan foto-foto, akhirnya sekitar jam 8 pagi kami turun dari puncak. Pas perjalanan pulang ini akhrinya aku bisa lihat langsung pemandangan yang keren, meskipun jalanannya agak serem soalnya berbatu dan hanya cukup untuk satu mobil. 

Video by Limpung Trip

By the way, fasilitas yang disediakan di Gunung Telomoyo ini juga udah lengkap kok guys. Di pintu masuknya ada area parkir yang cukup luas dan juga toilet.

Perjalanan ke Puncak Gunung Telomoyo kali ini bener-bener berkesan guys dan kalian yang suka hiking wajib banget buat dateng kesini, lihat langsung keindahan sunrise di Gunung Telomoyo ini. 

Tips and Trick
  • Htm Gunung Telomoyo cukup terjangkau, sekitar 5 ribu per orang.
  • Persiapkan fisik yang kuat dan kondisi tubuh yang fit.
  • Bawa perbekalan yang cukup.
  • Pakai baju hangat, jaket dan juga sepatu.
  • Bawa lagi sampah kalian turun.
  • Bawa kamera.
  •  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY