Melepas Penat di Taman Menteng: Sarana Rekreasi yang Sejuk dan Murah Meriah

taman menteng jakarta

Farah | Sightseeing
Jakarta Pusat, Dki Jakarta, Indonesia | City Trip
07 Sep 2018


Melepas Penat di Taman Menteng: Sarana Rekreasi yang Sejuk dan Murah Meriah
Udara yang sejuk dan suasana tenang yang ada di Taman Menteng, membuat siapapun betah berlama-lama di lokasi ini!

How to Get There

Berawal dari keinginan untuk jalan-jalan pagi sambil cari angin segar, mumpung kemarin gue juga lagi libur dan ngga ada kerjaan, gue pun mutusin buat jalan-jalan pagi ke salah satu taman yang lumayan enak buat santai yaitu Taman Menteng. Bisa dibilang taman ini keren banget dan kerap digunakan untuk berbagai kegiatan juga spot untuk berfoto. Warga Jakarta pun sudah pasti ngga asing lagi sama taman yang satu ini karena memang menjadi wahana rekreasi yang murah meriah untuk semua kalangan.

Taman Menteng ini cukup luas juga guys ternyata. Lahannya yang berbentuk persegi empat dan membuatnya berada di pinggir 5 jalan raya. Di sebelah barat taman tepat berada di Jalan Hos Cokroaminoto dan dijadikan sebagai alamat resmi taman ini soalnya dipinggir taman ada tulisan Taman Menteng. Di sebelah barat taman ada hotel Ibis yang biasa digunakan wisatawan untuk menginap di dekat daerah Menteng ini.

Sementara disebelah utara taman bertepatan dengan Jalan Prof Muhammad Yamin dan di timur taman ada di jalan Kediri. Lalu, disebelah selatan taman ada diantara 2 jalan, yaitu Jalan Sidoarjo dan Jalan Kertosono dimana kedua jalan ini banyak terdapat warung kaki lima yang menyediakan aneka macam makanan dan minuman seperti nasi goreng, siomay, batagor dan minuman. 

Lokasi taman ini juga ngga jauh dari Bundaran HI lho guys, sekitar 1 km ajaa. Kalo dari Monas juga lumayan deket, jaraknya sekitar 2 km dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Menariknya lagi nih, ternyata di kawasan Taman Menteng ini ada 3 taman lain yang jaraknya cukup berdekatan yaitu Taman Situ Lembang, Taman Pasopati dan Taman Kodok.

Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kendaraan apapun. Mengingat lokasinya yang berada di pusat kota, Taman Mentang bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau juga kendaraan umum. Karena kebetulan gue kemarin males nyetir, gue pun mutusin buat naik ojek online aja untuk menuju ke taman ini. Praktis dan ga ribet.

What to Do

Akhirnya sampai juga di Taman Menteng setelah menembus kemacetan kota Jakarta. Kondisi cuaca Jakarta emang lagi panas guys, tapi setelah gue sampe disini ternyata udaranya lebih sejuk karena taman ini dikelilingi banyak pohon. Taman seluas 2 hektar ini mulai diresmikan sejak tanggal 28 April 2007 dan terdapat sekitar 1000 pohon dari 30 jenis tanaman hias yang sudah ditanam sebagai sarana penghijauan di tengah kota. Tanaman-tanaman hias tersebut berguna sebagai penyerap polusi dan tentunya tidak berbahaya bagi manusia.

Selain aneka macam tumbuhan, taman ini juga memiliki banyak kanopi yang merambati tiang sehingga terkesan natural seperti di area perhutanan. Di taman ini juga dibangun 44 buah sumur yang bertujuan untuk mengairi tanaman dan juga untuk penanggulangan banjir yang sering terjadi di Jakarta. Kalo menurut gue sih, taman ini punya konsep Eco Friendly Garden karena bener-bener ramah lingkungan dan masyarakat tentunya.

Sedikit cerita nih guys, ternyata dulunya taman ini adalah stadion sepakbola pada pemerintahan Belanda. Namun, setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1960 stadion ini dijadikan markas klub sepakbola Persija. Lalu, pada tahun 2004 Gubernur Sutiyoso menjadikan stadion tersebut sebagai sarana umum yang berupa taman hijau ditengah kota Jakarta.

Selain berfungsi sebagai penghijauan kota, Taman Menteng juga punya fasilitas yang menarik lho guys. Seperti arena bermain atau playground, sarana olahraga, rumah kaca dan wisata kuliner. Selain itu, taman ini juga punya gedung berlantai 4 untuk tempat parkir agar pengunjung tidak parkir kendaraan mereka di pinggir jalan dan menyebabkan kemacetan. 

Buat kalian yang suka benget sama olahraga futsal dan basket, di lapangan ini udah disediakan lapangan futsal dan basket yang sangat terjaga dan bisa digunakan oleh umum. Lalu juga ada area playground yang bisa digunakan untuk anak-anak bermain, jadi buat kalian yang punya anak kecil, jalan-jalan ke taman ini bisa menjadi pilihan rekreasi. Hal yang paling menarik perhatian gue adalah Rumah Kaca. Taman ini punya 2 gedung yang terbuat dari kaca dan digunakan sebagai tempat pemeran lukisan dari seniman-seniman Indonesia. Selain itu, rumah kaca ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk pagelaran seni seperti teater ataupun pembacaan puisi. 

Awalnya, pembangunan rumah kaca ini bakal digunakan untuk tempat pembibitan berbagai tanaman yang ada di Indonesia. Tapi akhirnya dialihfungsikan untuk pagelaran seni. Menurut gue ini bakal lebih bermanfaat karena kreasi para seniman ini bisa dipamerkan dan dinikmati masyarakat secara gratis. Sayang banget sih pas gue kesana lagi ngga ada kegiatan pameran apapun. Tapi, rumah kaca ini cukup keren kalo mau dibuat spot foto.

Spot foto keren lainnya adalah air mancur dan kolam ikan yang ada ditengah-tengah taman, posisinya ada diantara rumah kaca dan lapangan olahraga. Ukuran kolam ikannya lumayan gede dan berbentuk bundar, banyak banget ikan yang hidup disana. Biasanya sih pengunjung yang dateng bisa melihat ataupun memberi makan ikan-ikan tersebut. 

So, buat kalian yang lagi ada di Jakarta dan pengen rekreasi ke tempat yang ngga jauh-jauh dan terjangkau, gue saranin buat dateng ke Taman Menteng ini guys.

Video by Donal Mc Guinness 

Tips and Trick
  • Taman Menteng buka setiap hari dan tidak dikenakan biaya sama sekali.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jangan rusak tanaman disini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY