Curug Ciherang: Air Terjun, Jembatan Gantung, dan Rumah Pohon

curug ciherang

tedy | Sightseeing
Bogor, Jawa Barat, Indonesia | Waterfall
30 Aug 2018


Curug Ciherang: Air Terjun, Jembatan Gantung, dan Rumah Pohon
Siapa yang bilang Bogor tak punya tempat wisata keren? Kalian bisa coba mengunjungi Curug Ciherang kalau lagi di Bogor.

How to Get There

Nah mumpung lagi nganggur di Bogor nih, langsung aja aku cari tempat wisata yang bisa dikunjungi, eh akhirnya nemu nih Curug Ciherang. Karena ada kakak yang free atau lagi libur kerja, langsung aja aku mengagendakan untuk mengunjungi Curug Ciherang di keesokan harinya. 

Sebelum berangkat, kakakku ngasih tau kalau ternyata di kawasan Curug Ciherang ini juga ada rumah pohonnya lho. Asik kan, jadi makin banyak spot foto deh. 

Untuk lokasinya, Curug Ciherang ini ada di desa Warga Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Dari rumah, perjalanan yang kami tempuh hanya sekitar 30 menit perjalanan saja. Sambil menikmati udara Kota Bogor yang sejuk, tak terasa sampai juga di kawasan Curug Ciherang ini. 

 

What to Do

Setibanya di kawasan Curug Ciherang, kamipun memarkir kendaraan dan segera menuju ke titik lokasi Curug Ciherang. Dari gerbang awal kami masuk, kami masih perlu berjalan melewati jalan setapak, yah sekitar 15 menit perjalanan. Tenang, pemandangan alam di kanan kiri jalan akan memanjakan kalian, sehingga perjalanan melewati jalan setapak tak terasa membosankan. 

Curug Ciherang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Aliran air dari Curug Ciherang ini deres banget. Jadi, kalau pengunjung berada tepat di dekat air terjun udah pasti basah hehehe. Di bawah Curug Ciherang terdapat kolam kecil yang biasa digunakan sebagai tempat berendam oleh pengunjung. Yakin kalian nggak mau coba? Hehehe. 

Karena lokasi dari Curug Ciherang ini berada di ketinggian, jadi pengunjung lebih bisa melihat pemandangan yang indah dari ketinggian. 

Jangan lupa keluarkan camera untuk berfoto ya. Eh, hatihati lensa kalian kena air! Kalau bisa, jaga jarak sama air terjun ya guys biar ngga terkena percikannya. 

Pengunjung wajib berhati hati disini, apalagi saat bermain air, karena bebatuan disini sangatlah licin. Ada hal lain yang bisa dilakuin selain main air di kolam yakni main ke rumah pohon, yuuuk!

Setelah lumayan puas bermain air, kami langsung melanjutkan perjalanan ke rumah pohon yang lagi ngehits ini. Kalau yang satu ini sih biasa disebut ‘Rumah Pohon Ciherang Bogor’. Wisata yang satu ini akhir akhir ini ramai dikunjungi. Karena dari Rumah Pohon Ciherang ini, pengunjung bisa melihat pemandangan sekaligus berfoto dengan suasana dan background yang kece. 

Spot favorit yang serig digunakan wisatawan untuk mengabadikan momen adalah di jembatan. Yap, jembatan menuju Rumah Pohon Ciherang ini indah banget. Pengunjung bisa memanfaatkan untuk mengambil gambar dari berbagai sisi yang tentunya sangat menarik. Ihi, jadi pengen kan kalian? Wkwkw.

Oh iya, ngomong ngomong soal tiket, tiket masuk menuju ke Curug Ciherang ini dibanrol dengan harga 15.000 rupiah per orangnya. Dan kalo kalian pengen ke Rumah Pohon dan Jembatan Gantung, kalian hanya perlu membayar tambahan 2000 rupiah saja per orangnya. Cukup terjangkau ya? Dengan harga segitu kalian udah bisa berwisata ke air terjun, rumah pohon, sekaligus jembatan gantung yang ada adi Curug Ciherang Bogor ini. Untuk biaya parkir yang ada disini emang bisa dibilang lebih mahal dari yang lainnya. Untuk kendaraan roda 2 tarif parkir dikenakan 5000 rupiah per kendaraan, sedangkan untuk mobil dikenakan 25000 rupiah per mobilnya. Dengan biaya parkir yang segitu, pengunjung di Curug Ciherang ini tetap ramai kok, jadi biaya parkir yang mahal samasekali tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang kesini. 

Kalau kalian mau kesini dengan suasana yang masih sejuk, kalian bisa dateng di pagi hari. Curug Ciherang ini mulai beroprasipukul 7 pagi hingga pukul 6 sore. Biasanya sih kalau weekend tempat ini ramai pengunjung dari Jakarta. Jadi kalau kalian pengen sepi bisa dateng pagi atau weekday ya. 

Kalau ke Bogor, mampir yuk!

Tips and Trick
  • Bawalah baju ganti
  • Siapkan camera yang kece
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin 
  • kalau mau sepi, datang pagi atau weekday ya
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY