tio | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
17 Jan 2018


Sanggar Agung Temple
Di Sanggar Agung Temple kalian akan disuguhkan dengan luasnya area klenteng dan indahnya pemandangan

How to Get There

Liburan kali ini ke tempat tempat yang deket aja deh ya. Kali ini aku bakal mengunjungi salahsatu wisata yang ada di Surabaya. Tempat yang kami kunjungi kali ini adalah salahsatu tempat ibadah yang ada di kawasan Kenjeran lebih tepatnya di daerah Sukolilo, No. 100, Kenpark (Pantai Ria) Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya. Sebelumnya udah pernah lewat aja sih tapi untuk mampir baru nyobain kali ini. 

Akses kendaraan menuju ke Sanggar Agung Temple ini sangat mudah ditempuh. Opsi pertama, kalian bisa menggunakan angkutan umum yang bertujuan ke Pantai Kenjeran. Untuk opsi lainnya, kalian juga bisa menggunakan ojek konvensional/ojek online untuk menuju ke tempat ini. Atau yang terakhir jika membawa kendaraan sendiri, kalian bisa menggunakan google maps untuk mengetahui jalan menuju Sanggar Agung Temple ini. 

What to Do

Setibanya di Sanggar Agung Temple ini, kalian akan disuguhkan dengan luasnya area klenteng dan indahnya pemandangan. Selain itu, suasana angin pantai juga semilir-semilir di area Sanggar Agung Temple ini. Klenteng Sanggar Agung ini memiliki desain bangunan yang unik. Terlebih soal desainnya, klenteng ini memiliki desain bangunan yang bernuansa Bali. Desainnya lah yang menarik pengunjung untuk dateng ke klenteng ini. Selain untuk beribadah, banyaknya pengunjung yang datang ke klenteng ini juga untuk berfoto dan menikmati keunikan desainnya.

sanggar agung temple

Pas pertama masuk ke area Sanggar Agung Temple ini, kalian akan disuguhkan sangkar burung yang berisi beraneka macam burung kecil. Nah gunanya untuk apa? Gunanya adalah untuk membuang sial. Jadi di area klenteng ini ada ritual yang bernama ritual ciswak, yakni melepaskan burung kecil ke alamnya dengan tujuan membuang sial. Nah untuk melakukan ritual ini, pengunjung harus mengganti/ membayar 1 ekor burung dengan biaya 1000 rupiah.

sanggar agung temple

Di sisi kanan klenteng, terlihat bangunan kayak relief kayu yang menceritakan tetang Sang Budha Gautama saat masih anak anak dan ibu kandungnya. Tak hanya itu, terdapat relief tentang kehidupan Sang Budha Gautama juga. Nah di bagian ruangan sanggar, ada altar utama dengan latar belakang dinding relief berwarna emas. Terdapat juga arca Sang Budha beserta dewa lainnya. 

sanggar agung temple

Ini nih, spot foto yang menarik dari Sanggar Agung Temple ini. Background keren ini merupakan icon dari Sanggar Agung Temple sendiri. Tinggi patung yang ada disini bisa mencapai 20 meter lo. Patung yang di atas adalah patung Dewi Kwa Im Po Sat dan empat pelindungnya. Terus di bagian kanan kiri patung ini terdapat patung naga yang per naganya memiliki panjang hingga 6 meter. Oh iya, dari bawah sini, kalian bisa bisa melihat dengan jelas jembatan Suramadu lho. 

sanggar agung temple

Pemandangan sunset yang ditawarkan di Sanggar Agung Temple ini juga tak kalah keren lo. Pemandangannya indah banget, biasanya pengunjung memanfaatkan dengan berfoto siluet di area ini saat sunset. Suasananya yang langsung menuju laut juga menambah indahnya tempat ini. 

Video by : philip wibowo

 

 

Tips and Trick
  1. Patuhi peraturan yang ada yaa
  2. Siapkan camera untuk berfoto ria di area ini
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY