Air Terjun Mananggar

air terjun mananggar

ranisubagio | Traveler
Landak, Kalimantan Barat, Indonesia | Waterfall
19 Dec 2017


Air Terjun Mananggar
Objek wisata Air Terjun Mananggar atau biasa disebut Bananggar ini termasuk destinasi wisata yang belum banyak diketahui oleh pengunjung.

How to Get There

Liburan kali ini, aku berkunjung ke daerah Kalimantan Barat nih guys. Tujuan perjalananku kali ini menuju ke salahsatu air terjun yang terkenal di Pulau Kalimantan. Ada yang tau? Yap, Mananggar Waterfall. Air terjun yang memiliki keunikan yakni jadi satu dengan sebuah danau ini memang banyak diburu pengunjung akhir-akhir ini. 

Akses menuju air terjun ini masih lumayan sulit sehingga banyak wisatawan yang memilih menikmati keindahan air terjun ini dari atas daripada harus turun kebawah. Padahal sih viewnya bener-bener bagus dari bawah sih, namnun untuk menuju kesana, kita harus melwati jalan yang susah dan rimbunnya semak belukar di sepanjang jalan. Tepatnya, air terjun ini berlokasi di Dusun Perbuah, Desa Merayuh, Kecamatan Air Barat, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Untuk menuju ke Air Terjun ini, travellers harus memiliki kesabaran yang ekstra. Karena kalo kesini, kalian akan melewati perjalanan yang jauh dan lama banget, selain itu kelokan dan hancurnya jalan juga mewajibkan pengunjung memiliki kesabaran ekstra ya. Dari pusat Pontianak enuju ke air terjun ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 7 jam perjalanan. 

What to Do

Air terjun ini memiliki banyak sebutan diantaranya Air Terjun Mananggar, Bananggar, dan Malanggar. Meskiun namanya banyak, tapi air terjun yang dimaksud itu sama kok hehehe. Kalau udah hampir deket dan jalanan udah sangat susah, bakal ada penunjuk jalan kok, jadi kalian gak akan tersesat. Meskipun jalanan susah, tapi dijamin akan terbayar lunas kok kalau udah nyampe lokasi air terjun ini. 

air terjun mananggar

Objek wisata Air Terjun Mananggar atau biasa disebut Bananggar ini termasuk destinasi wisata yang belum banyak diketahui oleh pengunjung. Meskipun gitu, justru lebih bagus kalo sepi udah kaya air terjun pribadi wkwk. 

air terjun mananggar

Setelah memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan, traveller harus berjalan beberapa meter untuk mencapai ke air terjun ini. Banyak pengunjung yang memilih menikmati air terjun ini dari atas karena jalanannya yang susah. Tapi kalo aku dan rombongan sih enggak ya, tetep aja kucoba turun karena saking penasarannya.

air terjun mananggar

air terjun mananggar

Pas udah nyampe sini ternyata viewnya lebih keren dari bawah daripada dari atas guys. Kalian bisa bermain air dan berfoto sepuasnya dengan view air terjun yang indah ini. Kalau soal fasilitas emang disini sedikit kurang ya guys karena emang tempatnya terpencil banget hehe, tapi urusan view dijamin keren banget kok, kayak foto yang ada di kalender kalender gitu, bagus. Oh iya kalian yang pengen kesini tapi masih penasaran bisa tonton video dibawah ini:

Video by Bombastic Borneo

Tips and Trick
  • bawalah makanan yang cukup
  • jangan membuang sampah sembarangan
  • pastikan tubuh fit
  • hati hati ]jika kesini saat musim hujan, karena jalanan akan lebih berlumpur dan licin
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY