Pesona Wisata Wonosalam

pesona wisata wonosalam

Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | Rafting
08 Nov 2017


Pesona Wisata Wonosalam
Dari atas bukit, kita bisa menikmati view yang sangat bagus dan malihat sungai boro dari kejauhan. Tak hanya itu, di bukit ini juga ada view yang banyak diminati oleh instagramers.

How to Get There

Karena udah lama banget penasaran sama wisata Wonosalam yang menawarkan pemandangan indah. Akhirnya pas weekend cus deh karena kebetulan juga lokasi Wonosalam ada di Jombang. Lokasi Wonosalam ini berada di Kabuapaten Jombang, tapi sedikit pelosok hehe. Tak menunggu waktu lama, akupun langsung berangkat bersama temanku. Kebetulan waktu itu kami menggunakan kendaraan sepeda motor. Jarak yang kami tempuh dari pusat Kabupaten Jombang kurang lebih 1 jam dengan jarak sekitar 35km. Karena kami gak tau jalan dan belum pernah kesini samasekali, jadi kami cuma ngandalin rambu penunjuk jalan dan sesekali tanya warga setempat. Asik sih travelling kalo sambil nyasar-nyasar gitu haha. 

Dari pusat Kabupaten Jombang, jalan yang kami tempuh lumayan mulus, kecuali kalau mulai memasuki desa Wonosalam, jalan yang tadinya mulus udah berubah jadi bergeronjal dan sangat berkelok. Ya maklum sih karena emang tempatnya yang pegunungan banget, tapi dijamin seruu.

Di sepanjang jalan menuju wisata wonosalam ini, kalian bisa melihat pohon banyak pohon durian dan petani durian yang sedang memanennya. Hampir di tiap kanan kiri jalan kalian akan menemui tumupukan durian yang baru saja dipetik. Tak hanya itu, durian disini juga dijual dengan harga yang murah banget, jadi bagi kalian pecinta durian jngan sampe melewatkan momen untuk membeli durian sebanyak-banyaknya.  

 

What to Do

Setelah dipandu oleh rambu dan tanya warga setempat, akhirnya tibalah kami di wisata wonosalam. Suasananya yang sejuk dan asri jadi bikin pengen tinggal disana haha. Cus, kamipun memarkir motor dengan biaya Rp 5000,-. Setelah itu, kami harus berjalan kira-kira 20meter untuk menemui loket. Sesampainya di loket, kami membayar Rp 3.000 per orangnya. Oh iya, kebetulan lokasi yang saya kunjungi adalah sungai boro wonosalam dan bukit foto di atas awan atau bulu view. Jadi, satu tiket yang dibandrol Rp 3.000,- tadi bisa kita gunakan untuk 2 lokasi wisata yang berdekatan. 

Dari loket, ada 2 percabangan jalan. Jalan pertama adalah tangga kebawah yang mengarah menuju sungai boro, dan tangga kedua adalah tangga naik yang menuju ke atas bukit. Tak hanya itu, kita juga bisa menikmati goa sigolo-golo, wisata agro, dan root climbing. Setelah mikir lumayan lama karena sama-sama nggak tau, akhirnya kami milih buat turun dulu unuk menikmati sungai boro.

pesona wisata wonosalam

Ternyata tangga yang kami lewati cukup banyak dan jalannya juga licin dan curam. Bagi kalian yang mau ke sungai boro ini, kalian wajib ati-ati banget ya. Tangga yang dibuat kebanyakan dari kayu, batu, atau hanya sekedar tatanan tanah liat, jadi kalo musim ujan sangat tidak disarankan untuk turun ke sungai boro ini. Karena perjalanan yang cukup panjang dan lumayan capek akhirnya aku dan temenku memutuskan buat istirahat dan minum dulu di gazebo-gazebo yang telah disediakan sebagai tempat peristirahatan. Setelah beristirahat sebentar dan menikmati pemandangan yang indah, kamipun melanjutkan perjalanan yang tinggal sedikit haha.

pesona wisata wonosalam

Akhirnya kamipun tiba di sungai boro, namun sayangnya kebetulan rafting yang isediakan di sungai itu sedang tidak beroerasi, akhirnya kami memutuskan buat main main di sekitar sungai boro. 

pesona wisata wonosalam

pesona wisata wonosalam

pesona wisata wonosalam

Setelah puas berfoto dan nikmatin sejuknya udara dan air disana, kamipun melanjutkan perjalanan buat menuju ke bukit. Kami agak nyesel karena ternayata kami salah harusnya ke bukit dulu baru ke sungai soalnya jauhnya jarak menuju sungai ini membuat kami capek buanget. Setibanya di loket atau titik awal, kamipun memutuskan buat makan dulu karena udah ga punya tenaga buat naik ke atas bukit haha. Kami membeli 2 posi mie ayam dan 2 es teh di warung yang ada di belakang loket. Kalo berwisata kesini dan kalian laper, kalian wajib cobain makan di warung yang ada di belakang loket ini karena rasanya mantap banget haha. Kamipun langsung melanjutkan perjalanan menaiki tangga menuju ke bukit bulu view.

pesona wisata wonosalam

pesona wisata wonosalam

Dari atas bukit, kita bisa menikmati view yang sangat bagus dan malihat sungai boro dari kejauhan. Tak hanya itu, di bukit ini juga ada view yang banyak diminati oleh instagramers. Yuk cobain wisata sejuk anna asri ini.

 

Tips and Trick
  1. bawalah alat dokumentasi
  2. gunakan sandal yang nyaman dan tidak licin
  3. pastikan tubuh fit untuk menikmati semua wisata disini
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.