Pulau Kakaban (Danau ubur-ubur)

pulau kakaban

zero | Sightseeing
Berau, Kalimantan Timur, Indonesia | Attraction
17 Jul 2017


Pulau Kakaban (Danau ubur-ubur)
Pulau Kakaban yang satu ini memang terkenal dengan kekayaan biota lautnya dan pemandangan bawah lautnya yang mempesona.

How to Get There

Wisata yang satu ini memang sangat terkenal dan menjadi tujuan wisatawan lokal dan mancanegara, yang sangat suka dengan wisata alam. Memang Pulau Kakaban ini memiliki pesona keindahan yang sangat menakjubkan, Pulau Kakaban ini terletak di Pulau Kakaban, Gugus, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

 

Kalo lebih tepatnya Pulau Kakaban ini dekat dengan Pulau Derawan dan Pulau Kakaban adalah salah satu pulau yang indah dari 31 pulau yang dekat dengan Pulau Derawan. Kelemahan dari pulau ini ialah sarana transportasinya tidak memadai, jadi buat wisatawan malas untuk ke wisata yang satu ini, dikarenakan pulau ini terpencil, tetapi kalian jangan khawatir disini kalian bisa menyewa perahu yang ada di Pulau Derawan menuju Pulau Kakaban/ dikenal dengan danau ubur-ubur, perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 40 menit perjalanan.

 

Sesampai di dermaga Pulau Kakaban selanjutnya wisatawan akan melewati hutan mangrove untuk menuju danau kakaban yang terletak di tengah pulau Kakaban Ohya sebelum masuk ke wisata Danau Ubur-ubur ini anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar 20 ribu. 

What to Do

Wisata yang satu ini memang terkenal dengan kekayaan biota lautnya dan pemandangan bawah lautnya yang mempesona. Wisata yang termasuk di kepulauan Derawan ini memang tidak kalah dengan wisata Raja Ampat.

Pulau kakaban ini masih sangat asri dan memiliki keunikan yaitu danaunya yang menjadi tempat tinggal ribuan ubur-ubur, Karena keunikan inilah membuat wisatawan lokal dan mancanegara penasaran dan tak jarang banyak wisatawan jauh-jauh hanya untuk meneliti biota laut yang ada Pulau Kakaban.

 

Saat snorkeling atau diving didanau ini anda akan melihat 4 jenis ubur-ubur diantaranya ialah Golden jellyfish, Aurelia, Casiopea, dan Mastigias. Menariknya lagi ubur-ubur yang hidup diperairan ini tidak menyengat, asalkan anda tidak mengganggunya hehe…Ubur-ubur yang ada di perairan pulau kakaban ini hanya terdapat dua tempat di dunia, selain di Danau Kakaban ada juga di Jellyfish Lake di Palau, di kawasan tenggara laut pasifik.

 

 

 

Selain bisa melihat ribuan ubur-ubur disini anda juga akan mendapati biota laut seperti ikan badut, hammer shark, kuda laut, white tip, dan terumbu karang yang berwarna-warni hidup di perairan ini.

  

Air disini biru dan bening, bayangkan saja dari daratan anda bisa melihat beberapa ikan yang hidup di perairanini. Disini anda bisa berenang, diving, dan snorkeling sambal melihat ubur-ubur yang lucu-lucu ini. Danau ini cukup dalam dan luas sekali. Bagi kalian yang bisa renangpun sebaiknya bawa pelampung ya jaga-jaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

 

Saat berenang disini kalian di perbolehkan memegang ubur-ubur tetapi jangan di remas ya… takutnya ubur-uburnya mati kasian…memang berenang disini menjadi liburan yang sangat berkesan dan menjadi pengalaman baru bagi wisatawan yang belum pernah merasakan bereng dengan ribuan ubur-ubur yang unyu-unyu.

 

 

Gimana guys menarik sekali kan Danau kakaban ini? Selain bisa melihat indahnya biota laut yang hidup di perairan ini anda juga bisa menyusuri indahnya mangrove yang ada di pulau ini.

 

Tips and Trick

1.       Gunakan alas kaki yang nyaman

2.       Bawa kamera hp yang waterproof untuk berfoto dengan ribuan ubur-ubur

3.       Saat menuju lokasi pastikan badan anda dalam kondisi yang fit

4.       Hati-hati saat berjalanan di mangrove jalanan cukup licin dan berbahaya

5.       Jangan buang sampah sembarangan saat berada di lokasi ya, jagalah keindahan alam ini untuk generasi berikutnya guys

Where to Stay
Untuk penginapan anda bisa tidur di penginapan yang tersedia di Pulau Derawan harga penginapan yang ditawarkan cukup beragam dari 300ribu-850ribu, tergantung anda mau pilih fasilitas yang seperti apa. Semoga informasi ini berguna ya untuk kalian yang pingin liburan ke pulau ini, jangan lupa like and share kalo kalian suka.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY