Bukit Cumbri, pesona alam pegunungan ala negeri di atas awan !

bukit cumbri

mummyz | Sightseeing
Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia | Hiking & Trekking
26 May 2017


Bukit Cumbri, pesona alam pegunungan ala negeri di atas awan !
Mencari pemandangan yang indah ?, wonogiri punya banyak, nih salah satunya view pegunungan yang bikin adem, buat para pendaki pemula ga usa khawatir jalurnya ga terlalu curam kok malahan cocok banget buat latihan mendaki.

How to Get There

Bukit Cumbri atau biasa disebut Gunung Cumbri ini berada di daerah perbatasan wonogiri-ponorogo, pengalaman saya saat berlibur di ponorogo, untuk mencapai ke sana saya harus berkendara selama 40 menitan atau sekitar 25 km untung saja saya ditemani oleh saudara saya yang sudah pernah kesana, sebelum menuju lokasi trekking kita harus parkir mobil dulu di Desa Biting, Purwantoro, Wonogiri, tidak terlalu kesulitan karena sudah ada banyak papan petunjuk jalan yang terpasang, parkirnya murah cuma 5rb saja, warga sekitar juga ramah-ramah kok, nah setelah parkir kita siap-siap dulu karena memang trekkingnya akan lumayan menantang, saya yang notabene pendaki pemula cukup kesulitan tapi itung-itung latihan lanjut aja deh, nah dari lokasi start kita trekking selama 1jam lebih dan akhirnya sampai di lokasi.

 

What to Do

Saya tidak henti-hentinya berdecak kagum, bahkan dijalur trekkingpun sudah terlihat bagaimana keindahan alam Bukit Cumbri ini, untungnya lagi karena saya bersama saudara saya berangkat dini hari, sesampainya di bukit kita masih bisa menikmati pemandangan ditemani lautan awan, bahkan kita sempat lihat sunrise *wow*, yah walaupun saya harus menghadapi udara dingin yang menusuk.

 


Berada di ketinggian 638 mdpl membuat Bukit Cumbri punya ciri khasnya sendiri, selain lautan awan, Puncak Cumbri juga menjadi daya tarik sendiri terbukti dari hitsnya foto-foto dimedia sosial. saya akui pemandangannya luar biasa indah, dari jalur trekking kita sudah menyaksikan banyak keindahan alam walaupun sambil berhati-hati mengambil langkah kita seakan tidak sabar mengeluarkan kamera untuk mengabadikan keindahan sekitar, apalagi yang cewek-cewek nih ga terhitung deh udah berapa kali selfie, oh iya dijalur trekking kalian akan menemukan kebun jambu monyet (itu tuh yang bijinya jadi kacang mente) tapi jangan dipetik yah kawan itu punya warga setempat !!

 


Dengan struktur tanah yang tidak rata kita harus selalu berhati-hati saat berjalan maupun mengambil gambar, walaupun begitu keindahan alam bukit seakan menghipnotis khalayak untuk mengunjunginya, karena tempatnya yang sudah hits dimedia sosial menjadikan tempat ini banyak dikunjungi anak-anak muda yang penasaran akan pesona Bukit Cumbri yang katanya sih keindahannya menyamai Chocolate Hills di Filiphina, kalau saya bilang sih 11-12 lah *haha*.

Tips and Trick

1. Bawalah perlengkapan mendaki, walaupun tidak terlalu tinggi tapi medannya cukup menantang.
2. Jangan lupa membawa persediaan air yang cukup, karena kondisi bukit cukup kering dan tidak ada sumber air ataupun pedagang minuman.
3. Siap sedia jas hujan karena tidak ada tempat berteduh.
4. Selalu bawa P3K untuk berjaga-jaga.
5. Selalu hati-hati saat berjalan ataupun mengambil gambar karena tanah untuk berpijak cukup curam.
6. Jangan pernah coba-coba memetik buah jambu mete yang ada di jalur trekking, itu punya warga setempat.
7. Sinyal Operator Seluler cukup bagus disini.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY