Pantai Ujung Pandaran

pantai ujung pandaran

ranisubagio | Traveler
Sampit, Kalimantan Tengah, Indonesia | Beach Exploring
31 Aug 2016


Pantai Ujung Pandaran
Anda bosan dengan keramaian kota? Nahh di sini saya ada tempat yang menarik untuk anda kunjungi saat anda berada di Kalimantan Tengah yaitu "Pantai Ujung Pandaran" tempat ini memilki hamparan pasir yang luas dan memilki ke indahan sunset yang sangat luar

How to Get There

Dari Kota Sampit: menggunakan kendaraan pribadi atau sewa dengan memakan waktu kurang lebih selama 1 jam 45 menit jaraknya sekitar 90,3 km. Perjalanan menggunakan jalur darat akan menjadi perjalanan yang menarik dan menyenangkan karena Anda akan melewati perkebunan kelapa dan semak-semak belukar di samping kiri kanan. Anda juga akan melewati jalanan yang tak terlalu bagus.

Dari Kota Palangkaraya:

Dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum bisa naik bus jururan Palangkaraya-Sampit dari Terminal Palangkaraya. Setibanya di Sampit dilanjutkan menggunakan bus yang menuju ke Teluk Sampit, Memakan waktu sekitar 5 jam 31 menit jarak nya sekitar 312 km. tempat dimana Pantai Ujung Pandaran berada.

 

What to Do

Pantai yang terkenal dengan hamparan pasir putih dan kekayaan biota lautnya ini membentang puluhan kilometer dari Kabupaten Kotawaringin Timur hingga perbatasan Kabupaten Seruyan. Pantai Ujung Pandaran termasuk jenis pantai yang landai dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Pantai Ujung Pandaran yang jauh dari hiruk pikuk kota merupakan tempat yang menarik bagi Anda untuk berlibur melepas lelah dari rutinitas sehari-hari.

Pantai Ujung Pandaran berpasir putih, butiran-butiran pasirnya sangat halus dan Pantai Ujung Pandaran adalah objek wisata pantai yang terkenal di kalimantan tengah dengan hamparan pasirnya yang putih bersih dan menawan. didalam perairan pantai ini anda akan tercengang karna terdapat pla berbagai biota laut diantaranya ubur-ubur, ikan pari, dan berbagai jenis ikan kecil yang hidup di terumbu karang, Disini anda bisa berenang dan menyelam jika anda ingin menikmati keindahan di dalam perairan pantai ini sambil melihat berbagai ikan yang hidup di perairan ini.

Di sini merupakan tempat yang sangat cocok untuk having fun baik bersama teman-teman, orang tersayang dan keluarga.

Menjelang matahari terbit dan tenggelam merupakan waktu yang tepat untuk melihat keindahan Pantai Ujung Pandaran. Di sekitar pantai banyak ditemukan kayu-kayu besar yang berserakan. Kayu-kayu tersebut adalah kayu-kayu yang dibawa oleh ombak besar hingga ke bibir pantai yang menambah keindahan pantai ini.

Penduduk di sekitar pantai sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Disini anda bisa mengamati aktivitas para nelayan yang sedang mencari ikan menggunakan perahu, Para penduduk juga banyak yang membuat ikan asin, maka tak heran bila semerbak bau khas ikan asin menyambut Anda saat Anda berkunjung ke sana. Selain itu, setiap tahunnya di Pantai Ujung pandaran ini diadakan ritual Simah Laut yang merupakan ritual tolak bala yang dilakukan oleh para nelayan Ujung Pandaran sebelum mereka memulai pelayaran untuk mencari ikan.

Ritual ini diadakan setiap tanggal 10 bulan Syawal. Para nelayan tersebut akan bergotong royong membersihkan pantai sebelum acara ritual dimulai, kemudian berbagai sesaji yang sudah di siapkan akan ditarung ke tengah laut. Mereka mempercayai dengan adanya ritual ini akan mendatangkan keselamatan dan limpahan rejeki selama melaut.

 

Jika anda berkunjung ke Pantai Ujung Pandaran Ketika senja tiba, Pantai Ujung Pandaran menawarkan pemandangan yang sangat indah dan membuat anda kagum, yaitu karna sunset atau matahari terbenamnya yang sangat indah. Di sini Anda bisa menikmati sunset Pantai Ujung Pandaran sembari duduk santai dan berfoto dengan orang tersayang di saung-saung yang sudah di sediakan di sekitar area Pantai Ujung Pandaran khusus untuk pengunjung.

Pantainya masih lumayan bersih dan sepi, tidak terlalu banyak pengunjung yang datang ke sini berasa seperti pantai milik sendiri :D , seru bukan bagi anda yang ingin berfoto-foto di tempat ini sisa anda dan pemandangan Pantai Ujung Pandaran sambil menikmati suasana pantai yang nyaman ini dengan orang-orang tersayang.

 

Dan ini adalah suasana di Pantai Ujung Pandaran. Pengunjung di sini menikmati pemadangan sunset/sunrise yang sangat indah sekali,,, gak nyesel deh kalo anda berlibur ke Pantai Ujung Pandaran moment yang susah di lupakan karena pemandangannya yang indah dan tempat yang cocok untuk bersama orang tersayang.

 

 

 

 

Tips and Trick
  1. Anda suka bermain pasir di pantai, entah itu hanya berjalan-jalan, berjemur, atau membuat kastil dari pasir? Tapi, Anda tak ingin kan pasir-pasir yang melekat di kaki mengotori mobil Anda? Triknya, taburkan bedak bayi di kulit Anda dan semua pasir akan rontok.
  2. Ketika wisata keluarga dan anak-anak kecil ikut, mereka pasti juga akan tergoda bermain di air. Triknya, bawalah kolam khusus anak dan pompa kemudian tempatkan kolam ini di tempat yang aman dan dalam pengawasan.
  3. Pasti menyebalkan ketika sedang di pantai dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  4. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi di pantai terutama saat terik matahari.
  5. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  6. Satu hal yang paling wajib untuk dibawa ketika berlibur ke pantai yaitu sunblock. Karena disini sinar mataharinya terik sekali.
  7. Semoga tips and trick saya berguna dan membantu anda saat berlibur ke Pantai Ujung Pandaran.

    Disini saya ada video mengenai “Pantai ujung Pendaran ” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

    Anda penasaran???

    check this out -> 

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY