Pesona Sendangbiru, Cantiknya Bikin Rindu

pantai sendangbiru malang

gizeline | Traveler
Malang, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
25 Apr 2020


Pesona Sendangbiru, Cantiknya Bikin Rindu
Pesona Sendangbiru memang seolah tak pernah pudar, bahkan semakin hari semakin menarik perhatian banyak wisatawan. Pantai yang cukup populer di Malang Selatan ini memang punya keunikan tersendiri.

How to Get There

Malang memang terkenal dengan wisata pantainya yang sangat banyak jumlahnya. Saat berkunjung ke Malang kemaren, akhirnya aku dan temenku mutusin buat explore pantai di Malang Selatan ini. Tujuan awal kita adalah berkunjung ke Pantai Sendang Biru, alasannya karena memang pantai ini cukup populer di Malang Selatan.

Pantai Sendang Biru berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang, jarak menuju kesini lumayan jauh sekitar 65 kilometer dan bisa ditempuh dalam kurun waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan bermotor. Disini ngga ada transportasi umum ya guys, jadi kalo kalian mau kesini saranku mending kalian bawa kendaraan pribadi atau sewa di pusat kota Malang.

What to Do

Sebenernya ini bukan pertama kali aku ke Pantai Sendang Biru ini guys, beberapa tahun lalu aku udah pernah kesini, lebih tepatnya ke Pulau Sempu yang berada di seberang pantai ini. Setelah bertahun-tahun, pantai ini ternyata banyak perubahan juga salah satunya lebih bersih dan lebih lengkap fasilitasnya.

pantai sendangbiru malang

Anyway, aku ngga mau bahas terlalu jauh soal Pulau Sempu karena saat berkunjung kemaren aku hanya menikmati indahnya Pantai Sendang Biru. Kebetulan aku datengnya pas weekday jadi pengunjungnya ngga terlalu banyak bahkan cenderung sepi. Tiket masuk yang dipatok untuk masuk ke pantai ini adalah Rp 10.000 aja per orangnya.

Pantai Sendang Biru terkenal sebagai lokasi pelelangan ikan, namun pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat memikat. Dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Malang Selatan, Pantai Sendang Biru memiliki air laut yang lebih tenang dan ombak yang kecil. Hal ini dikarenakan terdapat Pulau Sempu di seberang pantai ini yang mampu menahan ombak besar. Uniknya lagi, pantai ini memiliki sumber mata air yang benar-benar jernih dengan warna biru yang bersih.

pantai sendangbiru malangKelihatan banget kan jernihnya

Pinggir pantai ini dipenuhi bebatuan yang cukup banyak. Tak hanya itu, banyak perahu-perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai. Perahu-perahu nelayan ini juga bisa kalian sewa untuk menyebrang ke Pulau Sempu atau sekedar berkeliling Pantai Sendang Biru ini guys. Harga sewanya ngga mahal kok, sekitar 50 – 100 ribu per perahunya dimana satu perahu bisa diisi dengan 10 orang. Nah tinggal di bagi deh tuh.

pantai sendangbiru malang

Ngga banyak hal yang aku lakuin di Pantai Sendang Biru kemaren selain duduk di tepian pantainya sambil menikmati jernihnya air laut dan sapuan angin laut ke wajah. Sesekali terlihat beberapa orang sedang memancing di tepian pantai dan ada juga beberapa yang sedang berenang lautnya.

pantai sendangbiru malang

Airnya yang jernih ini sebenernya udah manggil-manggil buat diceburin, tapi sayangnya kemaren aku ngga bawa perlengkapan mandi dan baju ganti, jadinya aku mengurungkan niat untuk menceburkan diri ke lautnya yang jernih. Kalian kalo suka berenang atau suka mancing, bisa banget buat berenang disini guys. soalnya air lautnya bener-bener tenang mirip sama kolam, apalagi airnya yang super jernih begini.

pantai sendangbiru malangAirnya menggoda banget kan?

pantai sendangbiru malang

Ohya, Pantai Sendang Biru juga menjadi tempat untuk diselenggarakannya peseta adat petik laut yang berlangsung di bulan September. Jadi, selama satu Minggu akan ada berbagai acara yang diselenggarakan, seperti wayang, live music hingga acara menghanyutkan tumpeng besar yang berisi hasil laut ke tengah laut. Acara ini menjadi symbol dari rasa syukur masyarakat kepada Tuhan.

pantai sendangbiru malang

 

Video by Gotravelly

Tips and Trick

Tertarik untuk berlibur ke Pantai Sendang Biru? Sebelum kesana, beberapa hal ini perlu kalian perhatikan ya guys:

  • Kalian yang membawa kendaraan pribadi, harus cek kondisi kendaraan kalian karena jalan menuju pantai ini cukup terjal. Kalian juga harus extra hati-hati.
  • Jangan lupa gunakan sumblock dan topi.
  • Kalo kalian pengen berenang, jangan lupa untuk bawa perlengkapan mandi dan baju ganti ya.
  • Bawa kamera underwater.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY