Effida | Explorer
Malang, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
21 Mar 2020


Pantai Tamban Indah : Nggak Sengaja Nyasar di Malang Selatan
Meskipun awalnya Pantai Tamban Indah nggak masuk ke tujuan wisata Malang Selatan, tapi seru juga dadakan kesana!

How to Get There

Akhirnya berkesempatan lagi buat explore Malang Selatan. Dulu pas masih tinggal di Malang seneng banget kalau diajakin temen-temen mantai ke daerah Malang Selatan. Tapi berhubung sekarang tinggal di Surabaya jadi jarang mantai deh.

Aku menempuh perjalanan dari Surabaya dengan kendaraan kereta api. Setelah menginap satu hari di SO! Boutique Hostel, keesokan harinya baru explore Malang Selatan ini. Kalo biasanya aku memulai perjalanan dari Kota Malang pukul 6 pagi, kali ini tidak. Jam 9 baru berangkat, kebayang kan gimana panasnya daerah pantai?

Gapapa gapapa, kapan lagi dapet kesempatan buat main sekaligus nginep seru di Malang, jadi dibawa santai meskipun berangkat kesiangan wkwk.

What to Do

Awalnya, tujuan kami adalah Pantai Sendang Biru. Tapi setelah menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan kami ngerasa bosen sama kondisi jalan yang berkelok dan nanjak. Alhasil kami melihat papan penunjuk jalan yang bertuliskan ‘Pantai Tamban’.

Sempet berhenti sebentar buat beli makanan dan bertanya soal lokasi Pantai Tamban dan ternyata nggak jauh dari papan penunjuk jalan itu. Setelah diskusi sama temen, alhasil kami memutuskan untuk melipir ke Pantai Tamban sebelum melanjutkan perjalanan ke Pantai Sendang Biru.

Untuk pertama kalinya sih aku denger nama pantai yang satu ini. Pantai Tamban atau Pantai Tamban Indah namanya. Kami dateng pas weekday, jadi lumayan sepi daerah pantai. Untuk masuk ke Pantai Tamban, kami tidak ditarik biaya untuk tiket masuk lho.

pantai tamban indah

pantai tamban indah

pantai tamban indah

pantai tamban indah

pantai tamban indah

pantai tamban indah

pantai tamban indah

Pengunjung bisa membawa kendaraan hingga masuk ke kawasan pantai. Ini nih yang aku cari, pantai yang nggak perlu jalan wkwk. Karena rata-rata pantai di Malang yang pake jalan kaki sudah pernah aku kunjungi seperti Pantai Gatra dan Pantai 3 Warna. Alasan lain adalah untuk mengejar waktu juga karena sudah jam 12 siang dan males buat menuju pantai yang pake trekking. Buat kalian yang mager mager club, Pantai Tamban Indah ini cocok banget kalian kunjungi!

Aku pribadi kurang tahu sejak kapan Pantai Tamban Indah diresmikan, tapi aku baru denger dan pas nyoba dateng ternyata pantainya bersih banget. Perairan Pantai Tamban Indah juga super jernih dan nggak ada sampah. Salah satu pantai terkeren di Malang sih ini.

pantai tamban indah

pantai tamban indah

Di Pantai Tamban Indah juga banyak peringatan tentang bahaya tsunami. Pantai Malang Selatan emang ombaknya gede dan yang pasti kalian nggak boleh berenang kalau berada di pantai yang satu ini. Meskipun nggak boleh berenang, masih banyak hal yang bisa kalian lakuin seperti menikmati makanan dengan pemandangan pantai hingga foto-foto dengan pemandangan cantik ini.

pantai tamban indah

Sempet heran juga kenapa ada yang memancing di pantai dengan ombak sebesar ini. Apalagi dengan terik matahari di jam 12 siang. Keren kamu mas!

pantai tamban indah

pantai tamban indah

Fasilitas di Pantai Tamban Indah cukup lengkap seperti banyaknya warung, gazebo untuk bersantai, hingga kamar mandi. Di kawasan Pantai Tamban Indah juga terdapat konservasi mangrove lho. Sengaja nggak mampir karena sepi banget waktu itu, masuk pantai aja gratis karena gaada penjaganya. Btw, Pantai Tamban Indah masuk ke dalam pantai yang aku rekomendasikan buat kalian kalo lagi ke Malang. Airnya yang jernih dan suasananya yang tenang cocok kalian kunjungi kalo lagi #kurangpiknik

Tips and Trick
  • Datang saat weekday kalo pengen sepi
  • Sore dan pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Tamban Indah
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY