Togean Island yang eksotik

togean island

ciciliaangelin | Sightseeing
Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, Indonesia | Beach Exploring
15 Apr 2017


Togean Island yang eksotik
Wisata yang satu ini merupakan surga bagi para penyelam karena keindahan bawah laut di Pulau Togean ini sunguh mengesankan dan selain Pemandangan Bawah Lautnya yang indah disini traveler bisa melakukan aktivitas yang asik di Pulau Togean mau tau yuk baca

How to Get There

Pulau satu ini berada di Teluk Tomini, kabupaten Tojo una-una, sulawesi Tegah, kepulauan Togean. Keindahan pulau ini memang membuat sapapun nyaman saat berada di pulau ini, jika anda bosan dengan keramaian kota maka dengan berkunjung ke Pulau Togean adalah pilihan yang tepat guys.

Lokasi yang satu ini memang sangat terpencil dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, maka dari sini lah yang menjadi daya tarik traveler. Rute untuk sampai ke lokasi ini memang cukup sulit, jika anda dari jakarta maka pertama harus menuju Palu selanjutnya Ampana dan terakhir ke Togean, dari Bandara Soekarno–Hatta International Airport, anda pilih tujuan ke Bandara Mutiara di Palu, perjalanan ini akan menghabiskan waktu sekitar 4 jam perjalanan, setelah sampai di Bandara Mutiara Palu, traveler selanjutnya bisa mengunakan jasa mobil yang bisa di sewa untuk menuju ke Ampana, dari Palu-Ampanan melalui rute Poso traveler akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 11 jam yang jaraknya sekitar 375km, meski pun jauh ya guys, tetapi disini anda akan di suguhkan pemandangan yang indah seperti pegunungan, perkebunan kopi, dan pemandangan hutan yang subur.  

Setelah sampai di Ampana anda bisa naik perahu menuju wakai dan malenge, perahu disini biasanya jam 10:00-11:00 akan mengantar traveler. Setelah melakukan perjalanan yang melelahkan, namun mengasyikan sampailah kami di Pulau Togean.

What to Do

Meskipun rute yang di tempuh cukup susah, namun meskipun begitu banyak sekali traveler dari luar pulau jauh-jauh datang demi melihat keindahan Pulau Togean.

Selain melihat keindahan yang ada di Pulau Togean disini traveler bisa melakukan beberapa aktivitas yang menarik seperti berenang, snorkeling, diving, menyusuri Pulau Togean dengan perahu, atau juga melakukan trekking memasuki hutan di Pulau Togean yang eksotik dan dihutan ini masih asri sekali alamnya dan pastinya terjaga kebersihannya.

Pulau ini terdiri dari 6 pulau besar dan 60 pulau kecil salah satunya Pulau Togean yang terletak di kawasan teluk tomini yang menyimpan kekayaan alam mengagumkan.

Pulau Togean  ini menyubuhkan pemandangan bawah laut yang sangat indah, disini terdapat beranekaraga terumbu karang yang indah, moluska, ikan dan disini banyak jenis hewan dalam air yang sudah mulai langka. Indahnya pulau togean ini membuat Pulau ini menjadi tujuan traveler dan sangat populer bagi traveler mancanegara, Pemerintah pun menetapkan Pulau Togean sebagai Taman Nasional karena panorama alam Pulau Togean yang eksotis dan membuat siapa pun takjub, dengan keindahannya.

Di Pulau Togean ini banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan diantaranya berenang, berlayar, memancing, snorkeling, diving juga seru, dan disini traveler bisa berjemur sembari melihat hamparan pasir putih yang lembut, dan di Pulau Togean ini menyubuhkan Sunset yang sangat indah berikut pemandangan sunset di Pulau Togean.

 

 

Pulau Togean ini memiliki keunikan dari pulau-pulau yang ada di Indonesia lainnya, karena di Pulau Togean ini terdapat tiga Karang yang berbeda diantaranya, karang barier, karang pantai, dan karang atol, karang atol ini unik karena bentuknya seperti pulau karang dan di tengah-tengahnya terdapat danau yang dalam. Sedangkan karang pantai ini merupakan habitat bagi binatang laut yang unik dan langka, dan Karang Barier ini karang yang mengelilingi pulau benteng atau dinding laut yang melindungi pulau dari terjangan ombak laut, Karang ini bisa traveler dapati di kedalaman 200 meter.

 

Disini Traveler juga akan mendapati Pulau Batudaka merupakan pulau terbesar di Pulau Togean dan Pulau yang satu ini sangat mudah di capai dari Pulau Togean, di pulau ini anda bisa melihat desa Bomba yang menjadi pelabuhan pemberangkatan ke Pulau Kadidiri, yang juga merupakan salah satu wisata di Pulau Togean, Nahh saat anda berada di Pulau Batudaka disini anda bisa berenag, snorkeling, atau juga menyusuri Goa Kelelawar yang teletak tidak jauh dari Desa Bomba.

Setelah ke Pulau Batudaka selanjutnya, ke Pulau Kadidiri yang terkenal sekali dengan keindahan lokasi snorkelingnya, di sini terdapat deretan batu karang yang terjal dan menjadi habitat kepiting karang.

Nah banyak sekalikan guys keseruan yang ada di Pulau Togean? Yuk langsung ajak teman, keluarga, ataupun orang tersayang, untuk merencanakan liburan di Pulau Togean yang Eksotis iniwink.

Tips and Trick
  1. Bawa kamera untuk mendapatkan view terindah di Pulau Togean
  2. Baju untuk renang dan alat snorkeling jika ingin snorkeling agar menghemat biaya, jadi anda tidak perlu menyewa alat saat berada di lokasi
  3. jika perlu bawa juga perlengkapan obat-obatan karena disini tidak terdapat apotik
  4. Jangan buang sampah semabarangan
  5. Gunakan sandal yang nyaman untuk memudahkan anda menyusuri Pulau Togean
  6. Jika membawa anak kecil jangan jauhkan pengawasan anda dari anak anda
  7. Pastikan kondisi fit untuk berkunjung ke lokasi ini Karena rute cukup rumit.
  8.  

     

Where to Stay

Nah bagi kalian yang ingin menginap di Pulau Togean, disini terdapat penginapan seperti Cottage, dan Wisman, harganya pun bervariasi dari harga 200k-500k/hari. Jadi harga sesuai dengan fasilitas yang anda butuhkan.

Nah jika anda rasa harga diatas terlalu mahal anda dapat menginap dirumah penduduk lokal dan ini gratis guys, Nah bagi kalian yang memiliki budget yang minim anda bisa berbicara dengan penduduk sekitar supaya bisa menginap di rumahnya, untuk beberapa hari.

 

 

 

 

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY