180 views | 0 Likes

Menyusuri Luasnya Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya

0 star (from 0 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 09 January 2020, 16:02:06
Effida
Traveler

Ada lagi nih wisata yang cukup deket sama kosan di Surabaya. Hutan Mangrove Gunung Anyar…

How to Get There

Sebenernya udah cukup lama pengen mampir ke Hutan Mangrove Gunung Anyar, tapi baru kesampean kemaren pas pulang sore.

Berangkat dari daerah Eiger Merr Surabaya, kami hanya menuju ke arah perempatan Gunung Anyar, kemudian belok kiri dan lurusss terus sampe kurang lebih 5 kilometer. Karena sama sama nggak tahu jalan, alhasil aku dan temen temen hanya berbekal google maps saat kesini. Perjalanan dari kos menuju Hutan Mangrove Gunung Anyar hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan saja.

What to Do

Berangkat sekitar pukul 3 sore adalah waktu yang pas untuk dateng ke Hutan Mangrove Gunung Anyar, selain itu kalian bisa dateng pagi. Asal jangan dateng siang kalau nggak mau panas yaa. Hutan Mangrove Gunung Anyar memiliki lokasi yang sangat luas, jadi siap siap jalan yak hihi.

Kemarin, tanggal 12 Desember 2019, Hutan Mangrove Gunung Anyar ini masih dalam tahap pembangunan. Masih banyak sekali tempat yang belum selesai dibangun. Kebayang sih nantinya pasti bakal keren kalo udah jadi.

Seperti wisata hutan mangrove pada umumnya, Hutan Mangrove Gunung Anyar ini memiliki jalan setapak yang terbuat dari kayu dan bamboo, tujuannya adalah untuk pejalan kaki yang ingin menikmati indahnya Hutan Mangrove Gunung Anyar.

hutan mangrove gunung anyar

hutan mangrove gunung anyar

Pertama memasuki gapura, pengunjung akan disuguhkan dengan baby mangrove yang keliatannya super seger dan sehat. Mmm, kok malah jadi pengen ikutan nanam mangrove disini ya hihi. Semakin masuk, suasana hutan mangrove mulai keliatan nih. Oh iya, kami juga sempet nemu tempat semacam sawah yang berbatasan dengan hutan mangrove. Berhubung senja lagi bagus banget, jadi kami bersantai di tempat ini kurang lebih 15 menitan haha menikmati alam ceritanya.

hutan mangrove gunung anyar

ini nih sawah yang kumaksud, ramdom banget berhenti lama disini wkwk

hutan mangrove gunung anyar

hutan mangrove gunung anyar

hutan mangrove gunung anyar

Lanjut, kalo jalanan bamboo atau kayu udah habis, nantinya pengunjung akan melewati jalan paving yang cukup lebar. Nah disini nih nantinya banyak spot yang bisa kalian gunakan untuk berfoto. Kalau sekarang sih kira2 udah 75% jadi lah ya.

Hutan Mangrove Gunung Anyar juga terkenal dengan menaranya yang tinggi. Untuk menaiki Menara tersebut, pengunjung harus terlebih dahulu naik tangga yang berbentuk spiral itu lho, cukup puyeng juga naiknya wkwk. Dari atas, pemandangan Hutan Mangrove Gunung Anyar ini terlihat makin jelas. Tanaman mangrove sangat banyak dan subur, ditambah lagi dengan semilir angin Surabaya sore hari. Betah di atas sini!

Tapi masih ada daerah yang belum kami datengin, yakni daerah perahu perahu. Yap, beranjak dari kawasan Menara, kami menuju ke arah perahu perahu. Sebelum itu, ada jembatan gantung yang harus ditaklukkan. Yah meskipun sambil goyang di atas jembatan, tapi seru karena jembatannya masih baru dan terlihat sangat kokoh.

hutan mangrove gunung anyar

Setelah melewati jembatan gantung, pengunjung akan menemui lahan yang luas lagi nih. Di area ini terdapat beberapa spot foto, perahu bebek yang dikayuh, hingga perahu mesin. Pengunjung bisa puas berkeliling dengan menggunakan perahu yang dibandrol Rp 25.000,- per orang. Kelilingnya sampe ke laut lho, nggak hanya daerah hutan mangrove doang..

Yang disayangkan dari Hutan Mangrove Gunung Anyar adalah tidak adanya papan penunjuk jalan. Jadi, kami cari jalan sendiri deh selama disana. Untungnya kami sempet tanya2 ke penduduk lokal sebelum menyusuri Hutan Mangrove Gunung Anyar, jadi nggak tersesat deh.

Fyi, tiket masuk Hutan Mangrove Gunung Anyar ini GRATIS lho. Hanya membayar parkir buat pengunjung yang membawa kendaraan.

Tips and Trick

  • dateng pagai atau sore hari
  • jangan lupa bawa camera yaa!

Gallery (7)

Comments (0)