110 views | 0 Likes

Nyantai Sore di Pantai Pelangi yang Dulunya Tempat Konservasi Penyu

0 star (from 0 people)
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 18 December 2019, 16:16:13
aldilasalma
Traveler

Pantai yang satu ini adalah Pantai Pelangi yang dulunya ramai dan sempat hits karena merupakan tempat konservasi penyu. Seperti apa ya pesonanya sekarang? Apakah masih menarik untuk dikunjungi?

How to Get There

Selesai ngadem di Pantai Parangtritis Ngadem Siang Hari di Pantai Parangtritis, Salah Satu Pantai Iconic di Jogja aku dan keluarga lanjut jalan ke pantai selanjutnya yaitu Pantai Pelangi. Kenapa aku pengen ke Pantai Pelangi ini sih karena aku sempat baca bahwa disana adalah tempat konservasi penyu dan pelepasan tukik. Kan seru banget tuh kedengarangnnya jadi kami langsung bergegas menuju sana.

Pantai Pelangi ini diresmikan sejak tahun 2009 oleh masyarakat sekitar dan merupakan pelebaran dari Pantai Parangtritis. Pantai ini juga dikenal dengan pantainya nelayan karena pada kawasan ini banyak nelayan yang berburu ikan.

Perjalanan dari Pantai Parangtritis ke Pantai Pelangi hanya memakan waktu 10 menit saja. Pantai Pelangi ini masih dalam kawasasan yang sama dengan lokasi yang aku kunjungi di awal yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo dan Parantritis tadi. Jadi kalau bingung kalian bisa tanya warga sekitar atau berbekal maps saja. Pantainya berada di kiri jalan dari arah Gumuk Pasir Parangkusumo.

pantai pelangi jogja


What to Do

Sesampai di Pantai Pelangi kalian akan menemui tulisan “Pantai Pelangi” tapi sayang ada beberapa huruf yang udah ilang dan warnanya yang pudar serta kayunya yang lapuk. Tapi tenang selama maps-nya udah berhenti berarti nggak salah tempat hahahaha.

Kalau dilihat sekilas sih pantainya bisa dibilang sepi Cuma ada beberapa penduduk yang emang tinggalnya di bibir pantai. Aku lansung bergegas turun dari mobil dan mencari yang katanya tempat penangkaran penyu. Karena dari kejauhan aku udah nemu dan baca tulisan “Konservasi Penyu”. Begitu melihat petunjuk arahnya ternyata....

pantai pelangi jogja
Ternyata rumah atau tempat penangkaran penyu dan tukiknya sepertinya sudah tidak terpakai bahakan nggak terawat. Sayang banget sih padahal kesini mau lihat tukik-tukik itu sambil belajar. Entah punah atau udah dilepas ke laut semua aku juga nggak tau sihh. Yaaa semoga aja tempat konservasi penyu di Pantai Pelangi ini bisa berjalan lebih baik lagi ya!

Karena penyunya nggak ada dan udah terlanjur di Pantai Pelangi ini akhirnya aku memilih untuk duduk santai dibawah pohon saja sambil menikmati angin laut dan gemuruh ombak dengan sesekali berswafoto. Kalau di Pantai Pelangi ini ternyata beneran masih banyak nelayan yang mencari ikan. Meskipun nggak melaut menggunakan kapal karena masih siang hari mereka mencari ikan menggunakan pancing di bibir pantai. Maklum, saat aku kesana ombaknya juga cukup besar jadi lebih aman di bibir pantai saja.

pantai pelangi jogja
Kalau menurut aku Pantai Pelangi ini emang paling cocok buat kalian yang nggak suka tempat terlalu ramai. Karena disini masih sepi dan tenang banget. Kayaknya mahasiswa yang kuliah di Jogja kalau lagi butuh inspirasi atau penat bisa deh langsung menuju ke sini hehehe.

Sekitar tiga puluh menit kami bersantai duduk di tepi pantai saatnya kami melanjutkan perjalanan ke daerah Pantai Depok untuk berburu seafood lezat. Apalagi hari udah mulai sore dan kami tadi siang juga belum sempat mengisi perut. Nah sebelumnya aku memang udah sering kesana dan kalau ke Parangtritis paling nikmat makannya ya di daerah Pantai Depok sana. Oke buat kalian yang penasaran kayak gimana seafoodnya ikuti terus review aku yaaa!

pantai pelangi jogja


Tips and Trick

1. Datang saat sore hari

2. Pakai sunblock

3. Pakai sandal

4. Pakai kacamata hitam

Gallery (4)

Comments (0)