Ngadem Siang Hari di Pantai Parangtritis, Salah Satu Pantai Iconic di Jogja

pantai parangtritis jogja

aldilasalma | Traveler
Bantul, Yogyakarta, Indonesia | Beach Exploring
12 Dec 2019


Ngadem Siang Hari di Pantai Parangtritis, Salah Satu Pantai Iconic di Jogja
Kalian pasti udah nggak asing dengan tempat wisata yang ini, namanya adalah Pantai Parangtritis. Terkenal dengan legenda dan mitosnya, pantai ini selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan

How to Get There

Selesai mampir di  Gumuk Pasir Parangkusumo kami memilih untuk ngadem aja di pinggir pantai. Kali ini aku memilih untuk ke Pantai Parangtritis saja sambil sedikit nostalgia. Perjalanan dari Gumuk Pasir Parangkusumo ke Pantai Parangtritis hanya memakan waktu 10 menit saja.

Begitu sampai Pantai Parangtritis ini kalian tinggal cari parkir saja, dan dikenakan Rp 5.000,- per mobil. Kami dapat parkir agak sedikit jauh dari bibir pantai karena hari Minggu jadi kawasan Pantai Parangtritis cukup ramai.

pantai parangtritis jogja


What to Do

Kalian semua mungkin udah banyak yang nggak asing sama Pantai Parangtritis ini kan? Salah satu pantai paling hits di Jogja dengan pasirnya yang hitam dan legenda Nyai Roro Kidulnya. Dan juga pantangan menggunakan baju hijau masih cukup dipercaya kalau kalian berkunjung ke pantai ini. Tapi kalau aku pribadi sih percaya nggak percaya sih ya, selama itu merupakan kepercayaan penduduk sekitar sini ya kita turutin saja dan sebisa mungkin janan melanggar. Kalau kalian gimana guys percaya nggak sama mitos pakai baju hijau kalau di Pantai Parangtritis?

pantai parangtritis jogja
Selesai dapat parkir, Aaku langsung turun dari mobil dan mulai mendekat ke pantai. Karena bulan-bulan seperti ini jadi gelombang pantai cukup tinggi dan banyak yang hanya bisa bermain di pinggir pantai saja. Oiya guys, di Pantai Parangtritis ini kalian yang bawa anak kecil bisa loh diajak bermain di kolam renang mini. Dan kolam ini menggunakan air tawar jadi buat kalian para orang tua nggak perlu was-was kalau si kecil pengen main air nggak perlu sampai bibir pantai. Tapi kolam ini nggak gratis ya alias dipungut biaya lagi, tapi aku nggak tau karena nggak tanya hehehe.

pantai parangtritis jogja
Selain bisa bermain air dan pasir kalian bisa juga menaiki dokar dan juga ATV menyusuri tepi Pantai Parangtritis ini. Atau kalau kalian males juga bisa duduk-duduk santai dan sewa tikar dibawah payung sambil menikmati kelapa muda. Wah wahhh sedep banget emang duudk nyanti sambil melihat pantai dan menikmati semilir angin begini!

pantai parangtritis yogyakarta
Buat yang suka main layangan juga bisa loh, disini banyak juga penjual layangan yang unik-unik. Mulai dari ukuran kecil hingga yang besar. Paling seru sih memang main layangan di tepi pantai begini. Udah anginnya besar, nggak takut nyangkut dipohon atau kabel listrik deh hahaha.

pantai parangtritis yogyakarta
Nah buat kalian yang suka sama ikan laut disini juga ada lo. Jadi ada berbagai macam ikan laut yang sudah digoreng dan siap dimasak lagi. Belinya per kilo atau per ons, dan bisa ditawar kalau kalian jago. Jenisnya lumanyan banyak sih dan tergantung musimnya juga, kalau yang aku temuin kemarin ada udang, cumi, undur-undur laut, ikan merlin dan masih ada ikan lain yang aku sendiri juga lupa namanya. Sebenernya mama aku mau beli sih tapi nanti saja sekalian ke Pasar Ikan Pantai Depok biar banyak pilihannya.

Puas nyantai di bibir pantai aku memutuskan untuk lanjut lagi lokasi selanjutnya yaitu Pantai Pelangi yang aku denger-denger ada tempat konservasi penyu dan bikin aku penasaran. Jadi langsunglah kami bersiap menuju Pantai Pelangi!

Tips and Trick

1. Datang saat pagi atau sore

2. Pakai kacamata hitam

3. Pakai topi juga boleh

4. Pakai sunblock

5. Bawa baju ganti

6. Pakai sandal aja!

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.