Effida | Explorer
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | Historical Places
29 Dec 2019


Taman Sari: Destinasi Wisata di Tengah Syahdunya Yogyakarta
Masih dengan tema Yogyakarta. Tujuan kedua kami saat baru sampai di Yogyakarta adalah Taman Sari.

How to Get There

Pasti udah banyak yang tahu soal lokasi Taman Sari, yap bengunan yang cukup fenomenal dan banyak dicari di Yogyakarta. Taman Sari ini beralamat di Jalan Tamanan, Patehan, Kecematan Kraton, Kota Yogyakarta, D I Y. Nah karena sebelum ke Taman Sari kami udah jemput temen kami yang ada di Yogyakarta, jadi sementara dia jadi tour guide, termasuk mengarahkan rute saat menuju Taman Sari.

Perjalanan menuju Taman Sari dimulai pukul 11 siang, Yogyakarta lagi panas dan macet, tapi tetep syahdu kok hehe. Untungnya kami dapet parkir yang nggak jauh dari pintu masuk. Biaya parkir Taman Sari adalah Rp 3000,- untuk motor, Rp 10.000,- untuk mobil, dan Rp 20.000,- untuk elf. Dari tempat parkir luar, pengunjung masih harus jalan kurang lebih 400 meter untuk menuju loket.

What to Do

Tiket masuk Kampung Wisata Taman Sari dibandrol Rp 7000,- per orang. Kalo bawa camera semacam DSLR atau mirrorless, pengunjung harus nambah biaya yakni Rp 3000,- per camera. Cukup ekonomis tiketnya, mengingat luasnya wisata Taman Sari. 

Yap, perjalanan kami untuk berburu foto dimulai. Dateng ke Taman Sari emang paling enak pas baru buka, pengunjungnya masih belum banyak dan gampang buat dapet foto tanpa harus bocor. Makin siang, makin panas juga ternyata. Kami bergegas lanjut ke bangunan berikutnya. Oh iya, Taman Sari memiliki banyak sekali bangunan dan wilayah yang tentu berbeda-beda, baik dari sejarahnya, maupun bentuk bangunannya.

taman sari yogyakarta   taman sari yogyakarta

Bangunan yang terkenal fenomenal di Taman Sari nih, Umbul Pasiraman atau Umbul Binangun sebutannya. Kolam yang dulunya digunakan untuk pemandian bagi penghuni kerajaan kini menjadi spot favorit pengunjung yang datang kesini. Karena udah cukup rame, jadi harus bergantian kalo mau foto bagus wkwk. Kalau lagi beruntung, pengunjung bisa mendapati air jernih disini. Di kanan kiri kolam juga terdapat lorong untuk menuju ke tempat lain, dan di sisi lain lagi terdapat bangunan. Pengunjung diperbolehkan memasuki bangunan hingga ke lantai 2, tapi berhubung full banget jadi kami mengurungkan niat untuk naik ke lantai 2 bangunan sekitar Umbul Pasiraman ini.

taman sari yogyakarta

taman sari yogyakarta

Yah meskipun ngantri dan susah dapet foto bagus, tapi tenang, bisa di edit biar orang yang di belakang ilang wkwk.

Spot incaranku selanjutnya adalah Sumur Gumuling. Yap, spot ini emang instagramable, tapi mainsteam. Meskipun begitu, aku tetep pensaran karena belum pernah dateng langsung ke lokasi Sumur Gumuling. Fun fact: sempet nyasar saat menuju kesini, karena nggak ada guide dan pada lupa jalan, penunjuk jalan pun nggak ada. Alhasil ngasal aja masuk ke gang samping rumah warga wkwk. Untung endingnya bisa sampai di lokasi Sumur Gumuling.

taman sari yogyakarta

Di Taman Sari, pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh seperti pakaian hingga makanan. Penjual topi, kacamata, juga banyak disini. Asal kalian pinter nawar, pasti dapet harga murah kok. Kacamata 40 ribu aja bisa ditawar menjadi 50 ribu dapet 2 haha.

Taman Sari menjadi destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi di Yogyakarta. Terlebih buat kalian yang belum pernah ke Yogyakarta, wajib mampir sekalinya datang ke kota ini.

Tips and Trick
  • Gunakan jasa guide kalau ingin keliling di kawasan Taman Sari tanpa takut nyasar
  • Datang pas baru buka, biar ga bocor terus fotonya wkw\
  • Jangan dateng terlalu sore, karena Taman Sari udah tutup sebelum petang
  • Tinggal tambah Rp 3000,- pengunjung bisa bawa camera. Bawa aja!
Where to Stay
RM House 1 Homestay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY