gililabaktour
gililabaktour | Sightseeing
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia | Historical Places
2.74 K0

Museum keraton sumenep

museum keraton sumenep

Keraton Sumenep adalah tempat kediaman resmi para Adipati/Raja-Raja selain sebagai tempat untuk menjalankan roda pemerintahan. Kerajaan Sumenep sendiri bisa dibilang sifatnya sebagai kerajaan kecil (setingkat Kadipaten) kala itu, sebab sebelum wilayah Sum
What to Do

            Keraton yang dibangun pada tahun 1762 dan merupakan satu-satunya keraton yang ada di Jawa timur ini sayang jika tidak dimasukkan dalam rute perjalanan anda ke kabupaten sumenep. karena musium ini banyak menyimpan Benda bersejarah yang cukup mendapat perhatian lebih dari wisatawan domestik dan internasional diantaranya adalah labang mesem, Pendopo, Istana  dan Taman Sare dan lain-lain.

         Banyak juga hal-hal menarik yang tentunya berhubungan dengan sejarah yang bisa anda lihat di museum, seperti kereta keraton yang dibuat pada abad ke 18, keramik dari Dinasti Ming, naskah kuno, peralatan pertanian dan nelayan kuno, prasasti, arca, hingga koleksi ragam senjata seperti: keris, tombak, pedang, meriam, ada juga alat rumah tangga kerajaan, serta peralatan pribadi anggota kerajaan.

How to Get There

         Lokasi Museum dan Keraton (Istana) Sumenep Seratus meter di sebelah timur Taman Adipura bisa disebut juga taman bunga sumenep atau di pusat kota kabupaten sumenep. museum keraton sumenep bisa ditempuh 4 jam perjalanan darat dari surabaya atau 1 jam perjalanan udara dari surabaya dan 10 menit perjalanan  dari terminal bus arya wiraraja sumenep.

        untuk menikmati kearifan lokal kabupaten sumenep dengan menjelajahi bukti sejarah kabupaten sumenep melalui benda-benda peninggalannya tidaklah mahal, tiket masuk hanya Rp. 3000 per orang anda sudah diperkenankan untuk mengagumi warisan sejarah sumenep. 

Tips and Trick museum keraton sumenep

       Bagi anda yang ingin berkunjung ke museu keraton sumenep berikut beberapa Tips dari penulis diantaranya : 

1. Bagi anda yang berkunjung kesumenep dan ingin menikmati Museum keraton sumenep sebaiknya datang antara jam 8 - 9 pagi karena pada waktu tersebut anda bisa menemukan suasana yang kondusif ( tidak terlalu rame )

2. Mintalah didampingi oleh tour guide museum agar anda bisa menerima informasi tentang peninggalan sumenep.

3. bila diperlukan gunakanlah local guide .

4. jam buka museumdari jam 8 pagi - 4 sore jangan datang diluar jam tersebut

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data