gililabaktour
gililabaktour | Sightseeing
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia | Culture & Art
2.41 K0

rumah kasur pasir

rumah kasur pasir

KAMPUNG KASUR PASIR ( BACK TO NATURE )
What to Do

    di kampung kasur pasir pengunjung bisa menikmati sensasi tidur di rumah yang beralaskan pasir. pengunjung juga bisa melihat masyarakat sekitar yang bercengkrama dan melakukan aktivitasnya diatas alas pasir, pengunjung juga bisa ikut bercengkrama dan mewawancarai langsung warga sekitar karena warga dikenal sangat ramah dan terbuka dengan kehadiran pengunjung. pengunjung juga bisa ikut membantu dalam proses pembuatan kasur pasir, mulai dari pengambilan pasir, penjemuran pasir, pengayakan pasir bahkan penataan kasur pasir. 

      bagi anda yang menyukai terapi kesehatan , penelitian, budaya dan sesuatu yang unik tidak ada salahnya untuk mengunjungi kampung kasur pasir. karena kampung pasir tidak akan pernah anda temui ditempat lain.

How to Get There

             Kampung kasur pasir terleak di   tiga desa, yaitu Desa Dapenda, Desa Leggung Timur, dan Desa Leggung Barat, Kecamatan Batang-batang, Sumenep, Madura, Jawa Timur.  kecamatan batang-batang kabupaten sumenep atau 20 km dari alun-alun kota sumenep. untuk mencapai lokasi desa kampung pasir dari kota sumenep kurang lebih 30 menit dengan kendaraan pribadi. untuk menikmati kearifan lokal tersebut pengunjung hanya membayar seikhlasnya atau tidak ada patokan khusus.  

         Di setiap kamar maupun di ruang istirahat di tiga desa itu pasti didapati tumpukan pasir yang dijadikan tempat tidur. Sekalipun di kamar ada tempat tidur, seperti pada umumnya, mereka nyaris tidak pernah menggunakannya. Mereka tetap memilih tidur di atas kasur dari pasir. Menggunakan kasur pasir itu sudah menjadi tradisi turun-temurun. Percaya atau tidak, tidur di atas kasur pasir dipercaya warga setempat bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Pasir yang diambil dari sekitar pantai Lombang itu tidak lengket di kulit atau tubuh meski kulit dalam keadaan basah. Butiran pasir tersebut memiliki kristal pasir yang sangat halus, bersih mengkilap, dan memiliki warna putih gading.

      Menurut warga, tidur di atas kasur pasir banyak manfaatnya. Tubuh terasa lebih hangat apabila musim hujan. Tidur di atas kasur pasir juga bisa menyembuhkan penyakit seperti pegal-pegal, asam urat, dan berbagai jenis penyakit lainnya. warga yang penulis temui mengaku tidur di atas pasir sejak ia dilahirkan. Saat lahir, dia dilahirkan di atas kasur pasir. Hingga saat ini, melahirkan di atas kasur pasir juga masih sering dilakukan warga setempat

Tips and Trick rumah kasur pasir

 untuk berkunjung ke kampung pasir usahakan membawa kendaraan pribadi dan menggunakan local guide. hal itu dikarenakan angkutan umum yang susah dan karena kampung tersebut masuk wilayah pedesaan yang agak jauh maka diperlukan penunjuk jalan dan local guide bisa membantu sebagai translator apabila warga yang diajak bicara hanya mengetahui bahasa madura saja. local guide pun bisa membantu anda mencari local transport apabila anda tidak menggunakan kendaraan pribadi dari daerah asal anda.

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data