Jehan
Jehan | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Festivals
2.85 K0

Festival Rujak Uleg 2023, Berbeda dari tahun 2022 dan Sebelumnya loh!

Ini pertama kalinya aku datang ke Festival Rujak Uleg 2023 yang harusnya menjadi pesta rakyat kota Surabaya itu. Tapi...
What to Do

Kemarin Sabtu (6/5) kota Pahlawan ini kembali menggelar acara Festival Rujak Uleg untuk yang kesekian kalinya sejak tahun 2007. Sebagai pembuka rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), festival ini menjadi pembuka dari berbagai rangkaian agenda yang akan diadakan selama satu bulan mendatang.

Sore itu, aku berkunjung ke Festival Rujak Uleg bersama seorang kawan. Lebih tepatnya sampai di kawasan jalan Kembang Jepun yang menjadi lokasi terselenggaranya acara pada sekitar pukul 17.30 WIB.

  • Waktu Festival Rujak Uleg 2023

Ketika sampai di sana, terlihat suasana mulai terasa ramai meski acara masih belum dimulai. Menurut rundown acara yang aku dapatkan dari salah satu akun informasi kota Surabaya, tertulis bahwa acara akan dimulai pukul 18.00 WIB. Itu artinya, aku masih memiliki waktu menunggu sekitar setengah jam sebelum acara dimulai.

hiburan di festival rujak uleg 2023 surabayafestival rujak uleg 2023 - salah satu penampilan dari musikus lokal di sisi luar area festival

Namun dugaanku salah, meski jam sudah menunjukkan waktu lebih dari pukul 18.00 acara Festival Rujak Uleg 2023 masih belum juga di mulai. Situasi lokasi di Kya Kya sudah mulai ramai dipenuhi para pengunjung yang sedang menantikan hal yang sama denganku.

  • Bagaimana Acara Rujak Uleg 2023?

Acara yang masuk ke dalam kalender event Surabaya 2023 ini mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya festival yang jadi agenda tahunan kota Surabaya ini dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Namun kemarin ketika datang ke lokasi, aku menemukan fakta bahwa ternyata Festival tersebut menjadi acara yang hanya boleh dimasuki oleh orang tertentu saja. Ya, masyarakat umum tidak semuanya boleh memasuki area festival. Ada pagar yang terpasang mengitari setiap sisi di area festival diselenggarakan.

Jadi, siapa saja yang boleh memasuki area Festival Rujak Uleg 2023?

- Pejabat Publik

- Peserta Festival

- Panitia Festival

- Mereka dengan Surat Tugas Jalan

partisipasi peserta di festival rujak uleg 2023
festival rujak uleg 2023 - rombongan peserta festival

Lalu, bagaimana dengan masyarakat umum? Kalau kata petugas saat itu sih, akan diperbolehkan masuk, tapi menunggu acara diresmikan terlebih dahulu. Mengetahui informasi tersebut, aku pun akhirnya menunggu hingga acara Festival Rujak Uleg 2023 dimulai.

Akhirnya, sekitar pukul 20.00 terlihat acara mulai dibuka. Suara drumband menjadi musik yang mengiringi kedatangan Eri Cahyadi, Selaku Wali Kota Surabaya. Tak lama kemudian, sambutan pun diberikan olehnya disusul dengan pejabat publik lainnya.

  • Festival Rujak Uleg 2023

Sayangnya situasi di lokasi mulai tidak menyenangkan untuk disimak dan dilanjutkan dengan tetap berada di sana. Area Kya Kya sudah sangat penuh dengan masyarakat yang beberapa mulai tumbang dan diangkut oleh petugas kesehatan yang berjaga. Sebagian juga terlihat mulai lelah berteriak untuk segera diperbolehkan masuk ke area festival. Bahkan, sebagian dari mereka tidak sedikit yang memaki proses dari terselenggaranya Festival Rujak Uleg Surabaya kemarin.

festival rujak uleg surabaya
festival rujak uleg - peserta festival mengenakan pakaian sesuai dengan tema yang ditentukan  

Sekitar pukul 21.00 WIB aku mulai merasa sangat lelah dan akhirnya memutuskan untuk berhenti untuk melanjutkan partisipasi di acara yang katanya menjadi pesta rakyat tersebut. Perlahan aku mulai menerobos celah-celah masyarakat umum yang masih setia menunggu diperbolehkan masuk ke dalam area festival tersebut.

suasana festival rujak uleg 2023
festival rujak uleg 2023 - terlihat masyarakat memperhatikan festival di balik pagar pembatas

Butuh waktu yang tidak singkat untuk sampai di bibir jalan agar bisa menghirup udara segar. Malam itu, aku merasa kecewa telah datang ke Festival Rujak Uleg 2023. Acara yang memiliki jam karet, sistem yang tidak mentuankan rakyat kotanya sendiri. Lalu, apalagi?

Oya, lihat dari beberapa konten yang ramai bersliweran di media sosial masyarakat diperbolehkan masuk sekitar pukul 22.00 WIB. Luar biasa sekali, bukan? Semoga segala bentuk festival lainnya berjalan dengan baik ya~

How to Get There

Buat kamu yang ingin menghadiri festival, pastikan untuk cari tahu informasi lebih jelas dan detil mengenai lokasinya ya! Soal bagaimana untuk sampai ke titik tujuan, kamu bisa menaiki moda transportasi apapun sebagai akomodasimu.  

Tips and Trick

Tips untuk kamu yang ingin datang ke festival:

  • Pastikan kondisi tubuh sehat
  • Bawa uang tunai secukupnya
  • Bawa air mineral, pastikan tubuh terhidrasi
  • Pakai alas kaki yang nyaman
  • Hindari kerumunan yang berlebihan 
  • Waspada dengan barang bawaanmu

Selamat berfestival ria!

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data