pritagizela | Freedom Seeker
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
14 Apr 2022

1.1 K18

Indahnya Taman Sejarah yang Jadi Saksi Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Taman Sejarah tak hanya tawarkan hijaunya taman kota, namun juga kisah sejarah yang menarik untuk diulik

What to Do Taman Sejarah Surabaya

Mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan, tentu saja Surabaya menyimpan banyak sekali cerita sejarah yang cukup menarik untuk diulik. Banyak sekali tempat bersejarah, museum dan bangunan yang menjadi saksi perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mengusir penjajah. Tak hanya museum atau bangunan saja, ada sebuah taman kota di Surabaya yang juga cukup bersejarah serta indah untuk dikunjungi, yaitu Taman Sejarah.

Indahnya Taman Sejarah yang Jadi Saksi Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Taman Sejarah ini memang berlokasi di area yang cukup bersejarah, yaitu di kawasan Kota Tua Surabaya, di sisi Jembatan Merah dan dikelilingi oleh bangunan-bangunan bersejarah. Ngga Cuma itu, ada cerita menarik tentang taman ini. Taman Sejarah ini sempat mengalami beberapa kali pergantian nama. Awalnya, taman ini dikenal dengan nama Taman Willemsplein, yang diambil dari nama Willem seorang Raja Belanda yang berkuasa saat bentrokan terjadi.

Taman Sejarah

Setelah itu, taman ini kembali berganti nama menjadi Taman Jayengrono. Nama Jayengrono diambil dari nama Adipati Jayengrono dan taman ini diresmikan oleh Wali Kota Surabaya saat itu, yaitu Tri Rismaharini pada Desember 2012. Kemudian Wali Kota Surabaya mengganti nama taman menjadi Taman Sejarah karena taman ini dinilai memiliki aspek historis yang cukup kuat.

Seperti yang udah aku sebutin sebelumnya, taman ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan  berarsitektur kolonial Belanda. Seperti Jembatan Merah, Gedung Cerutu, Gedung International dan Gedung Garuda.

Taman Sejarah Surabaya

Taman Sejarah ini memiliki luas sekitar 5.300 meter persegi dengan beberapa fasilitas umum, seperti panggung dan area pertunjukan seni yang berada di tengah taman. Tak hanya itu, di beberapa sudut taman juga disediakan jalur relaksasi serta air mancur. Sayangnya, pas aku kesana air mancurnya ngga nyala guys.

wisata Surabaya

Layaknya taman-taman kota pada umumnya, Taman Sejarah ini juga ditumbuhi dengan pepohonan yang hijau, rumput serta bunga berwarna warni sehingga kesan sejuk sangat terasa.

taman terkenal di Surabaya

wisata alam surabaya

wisata gratis di Surabaya

Ngga Cuma itu, di taman ini juga diberi hiasan lampu-lampu cantik berbentuk lorong dan bambu runcing. Sayangnya, aku dateng di pagi hari jadi lampunya ngga dinyalakan. Next, mungkin aku akan kesini di malam hari.

wisata terdekat

Overall, Taman Sejarah ini bisa jadi salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin berwisata di Surabaya. Selamat berkunjung.

Video by Gotravelly

How to Get There Taman Sejarah Surabaya

Taman Sejarah ini lokasinya ada di Jalan Taman Jayengrono No 2-4. Untuk menuju kesini, ada banyak sekali transportasi yang bisa kalian gunakan. Kalo kalian bawa kendaraan sendiri, kalian bisa parkirkan kendaraan kalian di are Jembatan Merah Plaza lalu jalan kaki ke taman ini yang mana lokasinya ada di depan mall. Tapi, kalian juga bisa naik kendaraan umum, yaitu bus Suroboyo yang berhenti di halte depan taman.

Tips and Trick Taman Sejarah Surabaya

  • Bawa kamera untuk berfoto.
  • Jaga kebersihan.
  • Patuhi protokol kesehatan.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data