pritagizela | Freedom Seeker
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | Lake Trip
11 Mar 2022

1.33 K21

Sejuknya Sendang Seruni, Kolam Alami Dari 7 Sumber Mata Air

Sendang Seruni menjadi salah satu destinasi wisata andalan Banyuwangi yang masih alami dan menawarkan suasana tenang

What to Do Sendang Seruni Banyuwangi

Akhirnyaa sampe juga di Banyuwangi guys. Hari pertama sampe di Banyuwangi aku ngga kemana-mana dan stay di hotel aja yang mana bakal aku review nanti soal hotel yang aku tempati ini, soalnya hotelnya bagus banget dan view nya kece. Aku pilih hotel ini juga dari sini cukup dekat dengan beberapa tempat wisata keren dan salah satunya adalah Sendang Seruni.

Video by Gotravelly

Anyway, perjalanan aku menuju Sendang Seruni ini sebenernya ngga direncanakan sama sekali. Setelah bangun pagi, aku putusin buat jalan-jalan di sekitaran hotel yang mana emang hotel ini luas banget guys. Ternyata nih, keluar dari area hotel aku ngeliat sebuah petunjuk menuju Sendang Seruni yang jaraknya Cuma satu kilometer aja dari hotel tempat aku menginap. Langsung lah aku berangkat kesana jalan kaki.

Jalan menuju Sendang Seruni ini lumayan sempit, jadi kalian harus ekstra hati-hati ya guys. Kemaren aku jalan kaki melewati pemukiman orang-orang gitu dan lumayan sepi karena emang masih pagi banget. Tapi pemandangan dan suasananya aku suka banget karena tenang dan hijau.

Sejuknya Sendang Seruni, Kolam Alami Dari 7 Sumber Mata AirJalan Menuju Sendang

Singkat cerita, aku sampe di Sendang Seruni tapi ternyata masih belom buka guys. Jadi di loketnya masih tutup dan masih belom ada orang sama sekali. Karena udah jalan jauh dan capek juga kalo harus balik lagi dan ngga dapet apa-apa, akhirnya aku putusin buat ‘memaksa’ masuk. Ini soalnya di belakang pintu masuknya ada jalan kecil yang mana bisa dilalui sama orang, akhirnya masuk situ deh. Hehehe.. tapi akhirnya kita tetep bayar tiket masuk kok guys pas pulangnya soalnya penjaganya udah dateng dan per orang dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 aja. Murah banget kan?

tempat wisata terkenal di Banyuwangi

Sesampainya di sendang, masih sepi banget dan pemandangannya jadi super cantik karena masih belum ada orang lain yang berenang disana. Ohya, buat kalian yang belum tahu apa itu sendang, jadi sendang ini adalah kolam alami yang lokasinya ada di pegunungan dan airnya berasal dari mata air pegunungan.

Sendang SeruniIni dia sendangnya

Nama Seruni sendiri dipilih karena di sekitar air terjun ini ditumbuhi dengan banyak tumbuhan seruni. Kalian bisa lihat sendiri kalo di sekitar banyak banget tanaman seruni yang tumbuh subur.

Sendang Seruni Banyuwangi

Nah, di Sendang Seruni ini ada 7 sumber mata air yang mengalir di sekitar sendang, tiga diantaranya berada di dasar kolam. Kolam ini memiliki kedalaman antara 130 sentimeter hingga 160 sentimeter, yang mana masih cukup aman buat anak-anak, selama dalam pengawasan. Atau kalo kamu dateng sama anak-anak, kamu bisa ajak mereka ke kolam yang lebih dangkal guys.

Wisata alam BanyuwangiKolam Dewasa

wisata Banyuwangi

Wisata alam terdekat

Kolam Untuk anak

Rekomendasi wisata Banyuwangi

Buat kalian yang ngga bisa berenang, ngga perlu khawatir karena disini ada persewaan ban dengan harga sekitar Rp 5.000. Anyway, Sendang Seruni ini dikelilingi dengan pepohonan hijau yang rindang dan sejuk. Jadi kalo kalian berenang disini siang-siang, ngga perlu khawatir kepanasan guys.

tempat wisata di Banyuwangi

tempat wisata terkenal di Banyuwangi

Soal fasilitas, Sendang Seruni ini punya fasilitas yang lumayan lengkap. Mulai dari kamar mandi, gazebo untuk bersantai, area makan, tempat sholat sampe aula outdoor pun ada. Lengkap banget pokoknya guys. Tapi sayangnya, saat aku kesana penjualnya masih pada belom dateng. Hahaha..

obyek wisata BanyuwangiArea Food Court

wisata terdekat
Area Santai

wisata unik Banyuwangi
Mushola & Toilet

Overall, Sendang Seruni ini bisa kalian kunjungi kalo pengen coba berenang di kolam alami dengan air yang berasal dari pegunungan. Airnya seger dan suasana di sekitarnya asri banget. Ohya, disini kalian juga ngga perlu khawatir soal protokol kesehatan ya karena disini udah ada tempat cuci tangan dan semua pengunjung wajib untuk pake masker. So, selamat berkunjung.

wisata ramah anak di Banyuwangi

How to Get There Sendang Seruni Banyuwangi

Ohya, Sendang Seruni ini lokasinya ada di Dusun Sumberwatu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Untuk menuju kesini dari pusat kota Banyuwangi butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan yang mana selama perjalanan kalian akan disuguhi dengan pemandangan sawah yang hijau dan asri. Kalian bisa naik kendaraan pribadi aja ya guys soalnya disini sama sekali ngga ada kendaraan umum. Kalo bingung jalannya, cek aja langsung Gmaps ya guys atau kalian langsung arahkan kendaraan menuju Desa Tamansari yang mana disitu nanti kalian tinggal ikutin petunjuk menuju wisata ini.

 

Tips and Trick Sendang Seruni Banyuwangi

  • Jangan lupa bawa baju ganti dan peralatan mandi dan peralatan mandi.
  • Jaga kebersihan.
  • Bawa kamera underwater kalo pengen foto-foto sambil berenang.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data