pritagizela | Freedom Seeker
Madiun, Jawa Timur, Indonesia | Religius Place
24 Feb 2022

1.52 K21

Sejuknya Berwisata Religi di Rumah Kyai Dengan Lima Tempat Ibadah

Rumah Kyai ini memiliki lima rumah ibadah dari lima agama yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu wisata religi yang menarik untuk dikunjungi

What to Do Rumah Kyai Madiun

 

Hai guys, lama juga nih ngga nulis review wisata. Maklum, udah jarang jalan-jalan semenjak kasus Covid naik lagi di Surabaya Raya. Anyway, sebelum kasus covid naik, aku sempet berkunjung ke sebuah destinasi wisata yang cukup unik di Caruban, Kabupaten Madiun, yaitu Wisata Religi Toleransi yang sempet viral akhir tahun lalu.

Awalnya aku tau soal wisata ini pas lagi baca berita yang lagi viral. Jadi, di Madiun ada sebuah rumah seorang kyai yang punya lima tempat ibadah dari berbagai agama yang ada di Indonesia. Kebetulan, waktu itu lagi ada acara keluarga di Madiun dan aku sempetin buat mampir kesana.

Sejuknya Berwisata Religi di Rumah Kyai Dengan Lima Tempat Ibadah di IndonesiaGerbang Masuk Wisata

Anyway, untuk masuk kesini pengunjung sama sekali ngga dipungut biaya alias gratis. Kalian cukup bayar parkir aja sukarela disini guys dan kalian bebas masuk ke wisata religi ini.

Wisata Religi MadiunTetep patuhi protokol kesehatan ya guys

Lalu, wisata apa sih ini sebenernya? Jadi guys, dari beberapa berita yang aku baca itu mereka menyebutkan kalo tempat ini adalah rumah Kyai yang punya lima tempat ibadah dari berbagai agama, padahal setelah aku liat kesana ternyata disini bukan tempat ibadah guys, melainkan hanya miniature sehingga sama sekali ngga ada kegiatan keagamaan atau ajaran agama disini.

Wisata Religi di MadiunAda tamannya juga

Meskipun disebut sebagai miniatur, tapi ternyata tempat ibadahnya lumayan gede guys dan menarik juga buat wisata. Jadi, tempat ini dibuat emang tujuan untuk wisata edukasi kepada generasi selanjutnya bahwa Indonesia punya lima agama yang mana semuanya mengajarkan kebaikan dan meskipun agama kita berbeda-beda kita harus tetap saling mengasihi dan berbuat baik.

Rumah KyaiMiniatur Vihara

Rumah Kyai  Madiun
Miniatur Pura

Konsep ini jujur bagus banget menurut aku guys, soalnya jarang banget aku nemu wisata kayak gini. Jadi, disini emang ada miniature dari gereja, pura, vihara, klenteng dan masjid. Nah, semuanya ini emang miniatur kecuali masjid ya guys. Di masjid ini kalian bisa sholat, tapi kalo di tempat ibadah lainnya ngga bisa dipake buat ibadah.

rekomendasi wisata religi di MadiunAda mushola, bisa dipake sholat

Di tengah-tengah tempat ibadah ini kalian bisa menemukan kolam ikan yang ukurannya lumayan besar. Kolam ini konon adalah gambaran samudera yang sangat luas. Di depan sebelum pintu masuk, kalian bisa membeli makanan ikan dengan harga Rp 1.000 aja per bungkusnya dan bisa kasih makan ikan-ikan yang jumlahnya banyak disini.

Obyek wisata Madiun
Wisata menarik di MadiunKolam Ikan besar di tengah dan di sisi kanan ada miniatur gereja

Ohya, sebelum kolam ikan yang besar ini kalian juga bisa melihat makam dari Kyai Aly Mursyd ini ya guys. Lokasi makamnya ada di tengah dan sayangnya kemaren makamnya ngga dibuka untuk pengunjung. Jadi, kalian Cuma bisa liat dari luar pagarnya aja.

Tempat wisata terdekatMakam Kyai Aly Mursyid

Ngga perlu khawatir soal fasilitas juga ya guys. Meskipun tiket masuknya gratis, taoi disini udah lengkap ada toilet, tempat sholat dan ada beberapa penjual makanan, minuman serta souvenir dengan harga yang cukup terjangkau.

tempat wisata di MadiunPenjual Makanan dan Souvenir

Overall, Wisata Religi Toleransi di Rumah Kyai ini memang cukup menarik untuk dikunjungi. Meskipun hanya miniature, namun wisata ini sangat cocok untuk wisata edukasi karena bisa mengajarkan kita tentang toleransi antar umat beragama. So, buat kalian yang lagi ada di Madiun, kalian bisa berkunjung ke wisata yang satu ini. Selamat berlibur.

 

How to Get There Rumah Kyai Madiun

Wisata ini lokasinya ada di Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Untuk menuju kesini, aku saranin kalian buat bawa kendaraan pribadi aja karena kayaknya agak susah buat cari kendaraan umum disana.

Kalo kalian bawa kendaraan pribadi dari arah Surabaya, langsung lewat tol Trans Jawa dan turun di exit tol Caruban. Nah, dari sini kalian tinggal pake Google Map aja menuju ke rumah Kyai Aly Mursyd di Desa Bulakrejo.

Dari gang kalian udah bisa mengenalinya karena ada spanduk yang bertuliskan Wisata Religi Kyai Aly Mursyd. Ngga jauh dari gang tersebut, kalian bakal liat rumahnya yang paling besar di sisi kiri jalan.

Tips and Trick Rumah Kyai Madiun

  • Bawa kendaraan pribadi karena akses masuk kesini masih susah buat cari kendaraan umum
  • Bawa kamera untuk foto-foto
  • Tetap patuhi protokol kesehatan
  • Jaga kebersihan
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data