Jehan
Jehan | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
1.29 K0

Kopitagram, Cafe Instagramable di Surabaya Timur

Post Content

Setelah sebelumnya ngabisin waktu brunch di Dak Nalgae, aku melanjutkan waktu untuk ngopi sembari kerja di Kopitagram yang masih berada di kawasan Tenggilis. Kedatangan kemarin jadi pertama kalinya kunjunganku ke cafe yang satu ini. Sempat beberapa kali ngelewati Kopitagram, tapi selalu urung untuk berhenti karena khawatir ruangannya terlalu ramai. Tapi rasa khawatirku akan tempat yang terlampau ramai pun terbantahkan, karena kemarin pas datang untuk meet up sama teman ternyata Kopitagram masih cukup lengang dan enggak crowded sama sekali.

Cafe di Surabaya Timur ini memang terlihat selalu ramai dari luar, tapi ternyata ruang di dalamnya sangat luas dan aku baru tahu itu pas datang langsung ke sana. Dari bagian luarnya saja, siapa pun dapat melihat kalau cafe ini menawarkan konsep ruang minimalis yang kekinian. Semakin kekinian lagi saat tahu mereka punya tagline "Hi Netizen!", dua kata tersebut tertulis di dinding masuk cafe mereka.

kopitagram tenggilis surabaya
cafe cozy surabaya timur
cafe estetik di surabaya timur



Kenapa aku bisa mengatakan kalau itu menjadi sebuah tagline dari Kopitagram, ya karena saat masuk ke dalam pun para waiter atau pun waitress serempak menyambut kedatangan para pelanggan dengan sapaan "hi netizen" entah gimana tepatnya (lupa), pokoknya siapa pun yang masuk ke dalam adalah netizen. Lucu juga sih pas denger kalimat itu, berasa related gitu sebagai netizen yang menjadi penikmat konten perdunia mayaan hehe.

Pas datang seorang waiter dengan cekatan langsung menyapa dan melakukan SOPnya ke untuk melayani aku dan kawanku. Setelah memilih sudut yang dirasa nyaman, kami pun di berikan sebuah buku menu lalu dijelaskan untuk memencet alarm di ujung meja, jika sudah ingin memesan.

Sembari melihat buku menu Kopitagram yang colorful dan di desain serupa sebuah katalog majalah aku mulai menimbang-nimbang ingin pesan apa. Tapi tentu saja, seperti biasa aku hanya ingin kopi hitam. Oya, tak hanya tombol untuk memanggil waiter dan waitress saja, di setiap ujung meja juga tersedia barcode yang bisa di scan untuk melihat e-menu mereka.  

Suasana Kopitagram Tenggilis Surabaya

Penasaran dengan suasana secara keseluruhan dari cafe ini membuatku berjalan dan berkeliling singkat selagi menanti pesanan datang. Kopitagram salah satu tipikal cafe yang punya ruang cukup luas bange, jarak tiap meja pun gak terlalu berdekatan.

kopitagram coffee shop surabaya
review tempat kopitagram


Ada banyak sudut dengan model tempat duduk yang beda-beda, ada sudut dengan beanbag yang memberi kesan santai, sudut dengan meja memanjang yang cocok buat meet time ramean bareng kolega, ada juga sudut bergaya ala amphiteater yang memberi sudut pandang meluas. Oh ya ruangan mereka punya area outdoor dan indoor ya, so kamu bisa pilih sesuai dengan selera. Detil dekorasi dari Kopitagram pun cukup estetik cocok bangetlah sama style kekinian yang cakep buat dijadiin bahan konten.

Menu Makanan & Minuman di Kopitagram

  • Black on the Rock

menu minuman di kopitagram
Seperti yang sudah aku singung sebelumnya, aku hanya mencari kopi hitam ada beberapa pilihan kopi hitam yang mereka punya, dengan teknik cukup bervarian. Tapi pilihanku jatuh ke Black on the Rock, di mana espresso ditambah dengan es batu saja. Sebagai penikmat tanpa embel-embel pecinta kopi, sampai saat ini aku tak pernah punya selera yang muluk-muluk soal minuman yang satu ini. Bahkan aku tak menaruh perhatian khusus pada metode apa kopi itu diproses. Menurutku taste akhir dari kopi mereka enak-enak aja. Entah itu aroma, acidity, dan flavor atau semua komponen dari seduhan kopi aku cocok-cocok aja. Penyajian on the rock cocok buat kamu yang ingin menikmati kopi di antara espresso atau americano.

Harga: Rp27.000 (reguler size).

  • Es Kopi Susu Tiramisu

es kopi enak kopitagram
Menu yang satu ini teman aku yang pesan, jadi aku gak nyobain. Menurut dia, es Kopitagram milik mereka cukup creamy dan punya tekstur cenderung kental. Ada karakter rasa tiramisu yang khas, tapi gak terlalu kuat so light gitu deh. Kopinya pun cukup beras. Menurut teman aku, Kopi Susu Tiramisu cocok buat orang yang gak terlalu suka kopi strong.  

Harga: Rp35.000 (regular size).

  • Nacho Cips Buat Deep Talk

menu makanan kopitagram
Sesuai dengan nama menunya, camilan nacho dari mereka emang cocok buat deep talk. Tapi, gak cuma itu aja, karena camilan yang satu ini cenderung ringan cocok juga buat aktivitas lainnya, entah itu kegiatan santai atau kegiatan yang butuh konsentrasi pas lagi ngerjain tugas atau kerjaan. Perpaduan tortillas chip yang kriuk dengan berbagai komponen topping yang gak pelit terasa enak di lidah.

Harga: Rp45.000.

  • Bakmi Ayam Ketemu Jamur

menu bakmi jamur kopitagram
Pas pesan ini, aku dapat sajian tipikal mie kriting tipis yang teksturnya gak terlalu kenyal banget (cocoklah kalau mereka ngeklaim homemade mie). Toppingnya pakai jamur champignon sama irisan ayam yang dipotong dadu. Sayang banget, penyajian topping yang tampak di buku menu dan realita makanan aslinya gak sesuai.

Pas datang jamur mereka di goreng sampai brown banget, bahkan ada aftertaste gosong yang kerasa di lidah. Buat ayamnya dimasak manis serupa semur. Oh ya, dapat kuah juga yang cukup kental mirip kuah ramen, rasa kuahnya ngaldu dengan aroma rempah yang kuat. Sedap!  

Harga: Rp43.000.

END

Bisa jadi tempat yang oke buat nongkrong santai di di coffee shop. Menu dan suasana ruangnya enak dan nyaman. Mungkin harganya sedikit pricey tapi cukup worth it dengan kenyamanan yang bakal di dapat.

Opening Hours
setiap hari, pukul 08:00 am - 11:00 pm.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data