Jehan | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
18 Nov 2022

2355

Fast Area, Lebih dari Sekadar Kafe yang Nyaman

Tidak sekadar kafe tapi Fast Area jadi ruang nyaman untuk siapa saja yang penasaran dengan hal baru.

Post Content

Kali ini kesempatan membawaku ke sebuah kafe dengan konsep berbeda. Namanya Fast Area, lokasinya masih ada di kota Surabaya Timur. Saat berkunjung ke kafe yang satu ini, aku hanya mengandalkan Google Maps. Ketikkan saja "Fast Coffee and Bike Wash" maka siapa saja dapat sampai ke titik kafe ini. 

Kafe ini cukup menarik perhatian dengan konsepnya yang berbeda dari kafe pada umumnya. Awalnya aku tahu tentang kafe ini dari Instagram, dalam beberapa unggahannya kafe ini seperti menunjukkan sebuah konsep satu tempat yang dipadukan dengan usaha lain. Dari bio Instagram mereka, aku jadi tahu kalau Fast Area bukan sekadar kafe saja. Mereka memiliki bangunan dengan tiga lantai, dan di setiap lantainya difungsikan dengan cara berbeda. 

Oya untuk review kali ini akan ku bagi per-lantai sesuai pengalamanku saat berkunjung langsung ke sana ya.

FIRST FLOOR

Saat datang ke Fast Area, siapa saja pasti akan melihat lantai dasar dari bangunannya. Ya, bagian awal Fast Area adalah sebuah ruang dengan satu bilik ruangan. Lantai satu ini difungsikan sebagai tempat cuci motor.

bike wash fast area

fast areabike wash fast area

Saat melihat lantai dasar dari bangunan Fast Area, aku melihat pemandangan desain interior dengan konsep industrial. Terlihat jelas dari dinding dan lantai mereka yang dibuat seperti bangunan yang belum selesai khas gaya industrial kekinian. Bukan sekadar kekinian desain bangunannya saja, tapi Fast Area juga menyuguhkan cuci motor yang berbeda. 

Aku tidak begitu paham dengan motor, tapi yah yang kutahu kalau kamu nyobain nyuci di Bike Wash Fast Area ini, sepertinya mereka akan menjamin memberikan yang terbaik.

SECOND FLOOR

Nah naik dari lantai dasar ke bangunan selanjutnya, aku menemukan kafe dari Fast Area. Konsep dari kafe ini masih menggunakan gaya yang sama dengan lantai bawahnya, industrial look. Pertama kali masuk ke kafe aku disambut dengan ruangan yang terasa dingin dari pendingin ruangan, itu petanda bahwa aku tidak akan kegerahan saat berdiam beberapa saat lamanya di kafe mereka.

ruangan fast area
sisi pertama fast area kafe

Pernah gak sih kamu datang ke kafe, eh tau-tau sirkulasi udara di dalam ruangan gak enak banget? Entah karena pendingin udara yang gak begitu oke atau faktor penataan ruang lainnya. Padahal Surabaya dikenal dengan cuaca panas ditambah matahari yang seringkali terik. Nah, syukurnya kafe Fast Area memiliki sirkulasi udara yang oke.

Kafe Fast Area ini memiliki tiga sisi ruang dengan dua bilik pintu geser sebagai sekatnya. Dua diantara ruangan mereka merupakan ruangan ber-AC sedangkan satu yang berada di sisi terluar hanya menggunakan kipas angin sebagai pengatur sirkulasi udara. 

Berbeda dari kafe kebanyakan untuk para smoker akan dibuat nyaman saat berada di kafe Fast Area, karena pengunjung dapat memilih menghabiskan rokok mereka di ruangan ber-AC di sisi ketiga ruangan atau di ruangan pertama Non-AC. Menurut aku, konsep Smooking room seperti milik Fast Area itu tak begitu banyak dapat ditemui di ruang publik terutama indoor-room kafe. 

ruangan fast areasisi pertama fast area kafe

Dari sisi ruang depan, aku lanjut masuk ke bilik pertama, di sana menjadi ruang di mana pengunjung dapat memasan menu hidangan dari Fast Area. Soal menu yang dijual di Fast Area memiliki varian makan dan minum yang cukup beragam, untuk harga terlihat relatif cukup oke untuk sebuah kafe dengan suasana yang cozy semacam fast Area ini.

fast areafast area kafe

Di sana aku menemukan beberapa menu makanan dan minuman andalan milik Fast Area yang dapat dipesan para pengunjung. Ada dua makanan berat dengan menu nasi, satu camilan, dan dua varian minuman yang ku pilih.

Setelah dari sisi ruang yang kedua tersebut, pengunjung dapat masuk lagi ke ruang selanjutnya di mana indoor smookin area disediakan oleh Fast Area.

fast areasmooking area indoor

fast area
saat datang ke kafe Fast Area kamu akan mendapat suasana yang tenang dan tentunya akan membuatmu nyaman dengan segala desain interior yang disuguhkan di sana.

Menu Makanan Fast Area

Chicken Katsudon (Fast Area)

menu fast areachicken katsudon

Menu pertama yang aku coba adalah Chicken Katsudon milik Fast Area. Oh ya, Fast Area menyajikan menunya dengan gaya sajian ringkas dengan rice bowl. Selain menu rice bowl, Fast Area juga memiliki menu Pasta yang cocok untuk siapa pun yang lapar saat itu.

Balik lagi ke Chicken Katsudon milik Fast Area, menu ini memiliki tampilan yang cukup sederhana. Nasi disajikan dengan irisan ayam katsu, lalu ada tambahan telor omellete dan taburan biji wijen, irisan bawang bombay serta daun bawang, dan terakhir sentuhan daun parsley segar yang mempercantik tampilan.

Saat mencicipi menu yang satu ini, ada rasa yang terasa enak dan melted di dalam mulut. Saus signature yang digunakan dalam menu chicken katsudon ini memiliki rasa yang pekat dan cukup rich. Perpaduan manis dan asin melahirkan rasa gurih yang kuat. Tidak sekadar sausnya saja yang membuat enak menu yang satu ini, melainkan tekstur dari omellete yang lembut semakin membuat Chicken Katsudon menjadi nikmat.

Meskipun tampilan dari rice bowl yang satu ini terlihat sederhana, tapi rasa yang diberikan lebih dari sederhana, enak!

Harga Chicken Katsudon: Rp32.000

Bulgogi Yakitori (Fast Area)

fast area
bulgogi yakitori

Lanjut ke menu kedua yang kucoba ada Bulgogi Yakitori. Makanan dengan lauk daging ini memiliki rasa yang sama persis enaknya dengan menu sebelumnya. Bulgogi Yakitori disajikan dengan tampilan yang cukup cantik dan terlihat lebih menggoda dibandingkan dengan Chicken Katsudon. Tapi, meskipun tampilan mereka berdua berbeda kedua makanan ini memiliki rasa richyang sama.

Di dalam satu bowl disajikan nasi dengan siraman saus signature bulgogi ala Fast Area. Pas cobain pertama kali, ada rasa yang tidak asing dari menu yang satu ini. Ya, aku merasakan saus gochujang yang cukup kuat dari Bulgogi Yakitori. Secara keseluruhan, rasa dengan sensasi manis yang ditinggalkan sebagai after taste-nya tidak membuat eneg.

Biasanya menu yang menggunakan saus bulgogi seringkali membuatku merasa tidak begitu exciteduntuk segera menghabiskannya. Tapi menu Bulgogi Yakitori dari Fast Area ini dibuat dengan komposisi yang pas hingga menciptakan rasa yang tidak berlebihan. Gulungan daging cincang yang ada dimenu ini juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah untuk digigit, selain itu daging kecap bulgogi milik Fast Area tidak memiliki bau amis. 

Dari kedua menu yang aku coba, aku cukup merasa cocok dengan keduanya. Kedua menu makanan dari Fast Area memiliki rasa yang cukup kaya dengan berbagai bahan saus yang terasa enak di lidah. Tidak hanya itu saja, bahan yang digunakan dalam menu makanan mereka pun menggunakan bahan yang segar dan dimasak dengan baik. Jadi saat aku mencoba kedua menu di atas tersebut, aku tidak merasakan sensasi makan makanan yang tidak menyenangkan, seperti mengigit daging yang keras atau mendapati flavour taste yang berlebihan.

Oya, awalnya aku mengira menu rice bowlmilik Fast Area ini memiliki porsi yang tidak begitu banyak, ternyata tidak! Mereka menyajikannya dengan porsi yang cukup bahkan relatif banyak. Jadi Pengunjung tidak perlu merasa khawatir jika ingin memesan menu rice bowl dari Fast Area.

Harga Bulgogi Yakitori: Rp32.000

French Fries (Fast Area)

fast areafrench fries

Frech Fries jadi salah satu snack di deretan menu Fast Area. Kentang yang satu ini diolah seperti hidangan kentang goreng pada umumnya. Di goreng dan diberi taburan herb untuk menambah flavour. Kentangnya sendiri sudah memiliki rasa gurih yang menurutku enak. Saat menikmatinya, aku memilih untuk menambahkan rasa lain yang ku dapat dari saus tomat dan mayonaise yang disajikan bersama kentang. 

Harga Frenc Fries: Rp20.000

Menu Minuman Fast Area

Fast Area memiliki menu minuman yang dengan dua based minuman, yakni kopi dan non-kopi. Varian dari dua based minuman yang tersedia cukup banyak dan variatif untuk dipilih. Ada pilihan coffee, signatur coffee, signature non-coffee, dan milk based.

Kali ini aku mencoba minuman signature coffee dan milk based yang ada di Fast Area.

kopi fas areamatcha & coffee archery

Matcha (Fast Area)

Matcha minuman yang cukup populer ini menjadi salah satu andalan dari Fast Area. Pas nyobain minuman ini pertama kali, aku kira akan merasakan manis yang berlebihan seperti matcha pada umumnya saat disajikan, ternyata tidak dong! Matcha Fast Area ini justru lebih kaya dengan rasa Matcha alias teh hijau, yang menurutku memang seharusnya rasa matcha menjadi sesuatu yang dominan saat menu Matcha disajikan. Selain rasa matcha yang cukup kuat, kombinasi dari susu membuat Matcha ini memiliki rasa yang creamy.

Harga: Rp25.000

Coffee Archery (Fast Area)

Coffee Archery memiliki rasa perpaduan dari espresso, cream, dan milk yang enak. Menurutku menu minuman yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati sembari bersantai di Fast Area. Coffee Archery memiliki rasa kopi yang cukup kuat, terbukti saat mencicipi minuman yang satu ini aku dapat merasakan hint taste pahit dari kopi. 

Kedua minuman dari Fast Area cukup cocok dengan lidah sekaligus seleraku. Keduanya sama-sama tidak di dominasi dengan rasa manis. Sehingga saat menikmati minuman dari Fast Area, aku dapat menikmati rasa otentik dari bahan-bahan yang digunakan dalam minuman. 

THIRD FLOOR

fast area surabaya
third floor

archery fast area

Oh ya sebenarnya sebelum menikmati menu dari Fast Area kemarin, aku sempat melihat-lihat ada apa di lantai tiga dari bangunan ini. Saat memasuki lantai dua di Fast Area, pandanganku tertarik dengan tulisan Archery Range, yang sebetulnya aku pun sudah tertarik dari awal ketika melihat unggahan Fast Area di akun Instagram mereka.

Hari itu aku berkesempatan mendapatkan penjelasan mengenai ruang dari Fast Area ini. Ternyata, di Fast Area terdapat ruang khusus panahan (archery) yang dapat digunakan oleh orang umum amatir atau mereka yang ahli. Sekalipun amatir seperti aku yang tidak tahu apa pun mengenai panahan ini, Fast Area siap mengajarkan. Cukup menarik, bukan?

Saat memasuki lantai paling atas dari Fast Area ini, aku melihat beberapa busur dan anak panah yang ada di ujung ruangan. Di sisi berlawanan terdapat 4 face target yang berjajar dan siap menjadi sasaran panah siapa pun. 

END

Fast Area menjadi salah satu ruang yang memiliki tiga fungsional berbeda di setiap lantainya. Awal ketika tahu tempat ini, aku sempat mengira tempat ini tidak dapat dikunjungi oleh orang umum karena terkesan ekslusif atau lebih tepatnya aku mengira Fast Area merupakan tempat komunitas tertentu berkumpul.

Saat melihat bike wash mereka, aku mengira tempat pencucian motor yang mereka sediakan hanya untuk motor jenis tertentu, ternyata tidak. Mereka menerima berbagai macam jenis motor yang memang membutuhkan jasa mereka. Memang sih, bike wash Fast Area sering melayani customer dengan motor yang membutuhkan perawatan khusus, seperti motor custom atau motor gede (moge). Tapi bukan berarti motor biasa tidak bisa, justru perawatan dari pelayanan yang diberikan bike wash Fast Area akan lebih baik, bukan?

Selain bike wash yang ku kira hanya untuk motor tertentu, ternyata archery range yang dimiliki Fast Area pun juga dapat diakses oleh orang umum. Siapa saja yang ingin belajar panahan dapat datang ke Fast Area. Terlebih dari bike wash atau archery range yang dimiliki Fast Area, kafe di sana pun juga dapat dikunjungi oleh orang umum.

Seperti aku kemarin yang datang ke Fast Area hanya untuk ke kafe sekalian sedikit penasaran dengan konsep tiga lantai fungsional Fast Area pun masih bisa merasakan hidangan enak dan suasana nyaman dan tenang yang ditawarkan kafe Fast Area. Menurutku tempat ini sangat cocok dikunjungi siapa pun yang menginginkan lokasi nyaman dengan fasilitas dan menu yang juga enak. 

fast areamenu fast area kafe

menu fast areaprice list bike wash fast area

menu fast areaprice list archery range

 

 

Opening Hours
Open Everyday Bikewash: 12:00-09:00PM Coffeeshop: 10:00AM-10:00PM
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data