pritagizela
pritagizela | Freedom Seeker
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
3.1 K15

Kartiko Traditional Heritage Culinary, Resto Peranakan Dengan Ragam Jajanan Tradisional

Kartiko Traditional Heritage Culinary

Kartiko Traditional Heritage Culinary menjadi tempat terbaik untuk menyantap ragam sajian tradisional Peranakan dan Indonesia
Post Content

Berawal dari kegabutan di akhir pekan, aku akhirnya ngajakin suami buat jalan-jalan di kawasan Surabaya Barat. Sebenernya, di kawasan Surabaya Barat ini ada restoran yang lagi pengen banget aku kunjungi karena unik dan nuansanya menyenangkan banget, tapi masih belom sempet buat dateng dan akhirnya minggu lalu aku sempetin buat dateng kesana, namanya Kartiko Traditional Heritage Culinary.

Kartiko Traditional Heritage Culinary, Resto Peranakan Dengan Ragam Jajanan Tradisional

Kartiko Heritage ini lokasinya ada di Jalan Raya Darmo Permai I no 45 – 47, Dukuh Pakis, Surabaya. Lokasinya sih ada di pinggir jalan dan gampang ditemukan karena bangunannya unik. Kalian bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju kesini. Kalo kalian bawa kendaraan pribadi, parkirannya lumayan luas kok guys untuk menampung beberapa mobil dan motor.

Ngomongin soal bangunan restonya yang unik, Kartiko menawarkan bangunan perpaduan tradisional Indonesia dan Peranakan. Resto ini didominasi oleh kayu dan ornamen tertentu yang berdiri kokoh sehingga kesan mewah dan bersahaja terlihat jelas. Ngga lupa, kamu akan menemukan ornamen-ornamen khas Peranakan yang indah, cocok buat foto-foto.

Kartiko Traditional Heritage Culinary

Resto Peranakan Dengan Ragam Jajanan Tradisional

Cafe tradisional di Surabaya

rumah makan enak di Surabaya

Saat pertama kali masuk ke resto ini, kalian akan disambut dengan deretan rak yang berisikan beragam jajanan tradisional yang menggugah selera. Mulai dari lemper, kue tok, lumpia basah, lumpia kering, dadar gulung, kue lumpur dan masih banyak lagi lainnya. Harga yang dipatok mulai dari Rp 10.000 aja. Agak pricey sih emang guys kalo dibandingkan dengan beli jajanan tradisional di pasar, tapi rasanya juga lebih enak dan vibes-nya juga menyenangkan.

Jajanan SuranayaLengkap Banget kan?

Aku pun langsung duduk di lantai satu dan memesan makanan juga minuman. Ohya, menu makanan disini semua tradisional khas Peranakan sama khas Nusantara ya guys. Lengkap banget menunya. Soal harga, menurut aku sih masih masuk akal yah sama rasa dan porsinya. Cek daftar menunya disini ya guys.

Daftar Menu

menu Kartiko Traditional Heritage Culinary

menu makanan di Kartiko Traditional Heritage Culinary

Kemaren aku pesen beberapa menu, mulai dari makanan ringan sampe makanan berat. Kebetulan aku datengnya pas jam makan siang, jadinya pengunjung lumayan rame. Meskipun begitu, ngga terlalu lama kok guys mereka menyajikan pesenan aku.

wisata kuliner SurabayaIni semua pesenan aku

Menu pertama yang aku cobain adalah Nasi Segara. Seporsi nasi segara ini terdiri dari nasi berbungkus daun dengan aneka seafood, seperti ikan tongkol, kerang dan cumi. Porsinya menurutku lumayan banyak dan bikin kenyang. Nasinya super pulen dan lauknya juga enak. Cumi disini dibumbu hitam dan rasanya juara banget. Apalagi dipadukan dengan kerang dan ikan tongkol yang super nikmat. Bikin nagih.

Tempat makan enak di SurabayaNasi Segara Rp 48.000,-

Menu kedua yang ngga kalah enak adalah Nasi Amoy. Nasi Amoy ini sebenernya adalah nasi bakmoy ya guys. Selayaknya nasi bakmoy pada umumnya, nasi ini ada lauk ayam cincang yang bumbunya enak, trus juga ada semacam bistik ayam yang ngga kalah enak. Ngga lupa, mereka juga kasih kuah dan sambal yang terpisah. Kuah ini bikin nasi amoy terasa makin segar.

rekomendasi rumah makan keluarga di SurabayaNasi Amoy Rp 45.000,-

Ngga Cuma pesen makanan berat, aku juga pesen jajanan alias makanan ringan, seperti lumpia dan swekiau ayam. Lumpia ini ukurannya lumayan gede dan saus tauco-nya juga enak. Tekstur luar dari lumpia ini renyah banget dan isiannya super padat. Selain lumpia, swekiau ayam ini juga bisa jadi pilihan lho guys. Rasanya ngga kalah enak dan isiannya juga padat.

Tempat makan Tradisional di SurabayaLumpia Rp 15.000,-

Makanan khas cina di Surabaya
Swekiau Ayam Rp 30.000,-

Dateng ke Kartiko tapi ngga pesen jajanan pasarnya emang ada yang kurang guys. Ngga lupa kemaren aku ambil beberapa pilihan jajanan tradisionalnya, seperti lemper kuning, nagasari Bandung dan kue lumpur.

Makanan enak di SurabayaKue Lumpur Rp 11.000,- Nagasari Bandung Rp 10.000,- Lemper Kuning Rp 14.000,-

cafe jadul di Surabaya
Es Teh Tarik Rp 25.000,-

tepat nongkrong di Surabaya
Beras Kencur Rp 20.000,-

Overall, Kartiko Traditional Heritage Culinary ini rekomended banget buat kamu yang pengen makan makanan tradisional Indonesia dan Peranakan. Selain makanannya yang enak dan pilihan jajanan tradisionalnya banyak, disini kamu juga bisa merasakan vibes ala Peranakan yang kental, bahkan setiap sudut tempat ini instagramable, lho. So, selamat mencoba.

Video by Gotravelly

Opening Hours
Senin - Jumat: 08.00 - 20.00 Sabtu - Minggu: 07.00 - 20.00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data