pritagizela
pritagizela | Freedom Seeker
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
2.88 K14

Nikmatnya Batagor & Cuankie Serayu, Bikin Rela Ngantri..

Batagor Dan Cuankie Serayu

Batagor dan Cuankie Serayu adalah salah satu kuliner legendaris kota Bandung yang banyak dicari tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga wisatawan..
Post Content

Masih seputar kuliner khas Bandung nih guys. Setelah bosen makan di restoran terus, akhirnya aku dan beberapa teman mutusin buat cari streetfood. Kalo ngomongin soal kuliner khas Bandung emang beragam banget guys, mulai dari seblak, nasi timbel, siomay, batagor dan masih banyak lagi lainnya. Nah, pas kesana minggu lalu, aku sempet nyobain salah satu jajanan khas Bandung yang cukup terkenal, yaitu Cuakie Serayu. Pernah denger?

Video by Gotravelly

Cuakie Serayu ini emang jadi kuliner andalan kota Bandung karena punya banyak keistimewaan. Kalo kamu pengen cobain, kamu bisa langsung datang ke kedainya yang ada di Jalan Searyu no 2, Kota Bandung. Lokasinya ada di pusat kota guys dan ngga sulit untuk menuju kesana. Kebetulan juga lokasinya cukup dekat dengan hotel tempat aku menginap, akhirnya aku dan teman-teman mutusin buat jalan kaki kesana melalui Jalan R.E Martadinata. Biar kamu ngga bingung, kamu bisa ikuti arah map kesana ya.

Nikmatnya Batagor & Cuankie Serayu, Bikin Rela NgantriBagian depan kedai

Sesampainya disana, aku langsung bisa melihat antrian yang lumayan panjang di depan kedai cuanki ini. Maklum, pas aku sampe sana udah masuk jam makan siang dan emang sering antri kalo udah siang hari meskipun bukan hari libur. Tapi, kalian ngga perlu khawatir ngga kebagian tempat duduk ya guys karena disini udah ada dua area makan, yaitu area indoor dan outdoor. Kebetulan pas aku dateng kemaren area indoor udah penuh, akhirnya aku jalan ke belakang untuk pilih tempat duduk di area outdoor dan dapetlah satu meja kosong.

Batagor Dan Cuankie SerayuAntrian terlihat dari jauh wkwkwk

Batagor Dan Cuankie Serayu  Bandung
Area makan indoor

wisata kuliner Bandung

Area outdoor disini lumayan adem guys karena di bawah pohon yang rimbun dan ada payung-payung penutupnya. Anginnya juga sepoi-sepoi banget meskipun saat itu siang hari.

makanan enak di bandungArea makan outdoor

Kuliner terkenal di bandung

Di bagian depan kedai, kalian bisa melihat ada gerobak yang khusus menyajikan untuk pembeli yang ingin take away. Tapi kalo kalian ingin dine in, kalian bisa masuk ke dalam dan ngantri langsung disana. Soal menu, disini mereka ngga Cuma tawarkan cuankie, tapi juga ada batagor yang bisa kamu pesen satu porsi atau setengah porsi.

Makanan wajib coba di bandungAntrian Khusus Take away

Nikmatnya Batagor & Cuankie Serayu, Bikin Rela Ngantri..
Daftar Menu

Ohya, kalo kalian mungkin belum familiar dengan cuankie ini aku ceritain dikit ya. Jadi, Cuankie Serayu ini memang udah jadi promadona sejak tahun 90an. Bisa dibilang kuliner ini salah satu kuliner legendaris Bandung dan dijajakan keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Nah, kata cuanki sendiri merupakan singkatan dari Cari Cuan Jalan Kaki, unik sekali kan namanya?

Rekomendasi kuliner enak di bandungLagi disiapin guys

Karena semakin lama semakin banyak penggemar dari cuanki ini, akhirnya sang penjual memutuskan untuk menetap di sebuah warung atau kedai yang berada di Jalan Serayu ini agar memudahkan penggemarnya untuk datang dan menyantap cuanki ini.

makanan viral di bandung

Aku pun kemaren memesan setengah porsi cuanki dan setengah porsi batagor. Mumpung ada disini dan udah lama banget juga ngga makan cuanki, jadi aku pesen keduanya. Hahaha..

Jika diperhatikan sekilas, cuanki ini mirip dengan bakso pada umumnya. Tapi, ada bagian lain yang ngga kamu temukan di bakso yaitu adanya  aci sebagai pengganti mie. Seporsi cuanki ini terdiri dari beberapa isian, seperti bakso, bakso goreng, siomay, tahu bakso dan pangsit goreng.

Makanan Khas bandungCuanki Setengah Porsi Rp 12.000,-

Lalu apa istimewanya? Keistimewaannya ada dalam kuahnya guys. Kalo bakso biasanya menggunakan kuah dari tulang sapi, berbeda dengan kuah cuanki yang terbuat dari tulang ikan. Nah, inilah yang membuat cuanki berbeda dengan bakso dan terasa lebih lezat.

Rasa dari kuah cuanki ini adalah perpaduan dari asin dan gurih sehingga pas udah sampe di mulut bisa bikin ngga berhenti ngunyah. Aku kemaren cobain tanpa sambal ataupun kecap dan saos, rasanya udah enak banget. Kalo kamu duka pedes, kamu bisa tambahin dengan sambal ya.

Batagor enak di bandung

Kuahnya enak banget

Next, mari kita cobain menu Batagor Serayu ini. Seporsi batagor ini berisikan siomay kering, bakso, tahu dan pangsit goreng. Agak beda ya dengan batagor yang biasa ditemui di luar Bandung?

Batagor Dan Cuankie SerayuBatagor Serayu Rp 12.000,-

Meskipun aku pesen setengah porsi, tapi menurut aku porsinya cukup bikin kenyang. Nah, ciri khas dari Batagor Serayu ini adalah saus kacangnya yang kental dan rasanya ngga terlalu manis sehingga cocok di lidah semua orang. Bener-bener enak kalo dinikmati saat siang hari ini begini.

Cuankie enak di BandungBumbu kacangnya enak banget

Overall, Cuankie dan Batagor Serayu ini cukup rekomended buat kalian yang pengen kulineran di Bandung. Bahkan, ini jadi kuliner wajib yang harus kamu cobain saat pertama kali tiba di Bandung. Rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau membuat siapapun ketagihan dengan kuliner yang satu ini. Selamat mencoba.

Opening Hours
Setaip hari jam 11.00 - 19.00 Jumat 13.00 - 19.00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data