pribadiganda
pribadiganda | Tourist
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia | halal
5.66 K5

Ikan Asam Manis Khas Makassar di Pandaan Jawa Timur

ikan asam manis khas makasar

Ikan asam manis yang menjadi salah satu primadona kuliner khas Makassar dapat ditemui juga di Pandaan, Jawa Timur. Salah satu yang paling lezat ada di Kedai Daeng Kita.
Post Content

Pernah berkunjung dan berwisata di Kecamatan Pandaan adalah salah satu pengalaman yang berkesan. Beberapa destinasi wisata yang ada di sana memang belum sempat saya sambangi semua, tapi berikutnya pasti bisa mengunjungi wisata lain lagi.

Kalau berwisata seperti ini, kurang sempurna rasanya kalau tidak mencoba aneka kuliner khas yang ada di sana. Beberapa kuliner asli daerah Jawa Timur juga dapat ditemukan di daerah yang dijuluki sebagai Pasuruan Metropolis.

Walau banyak aneka kuliner khas asli daerah tersebut, tapi saya memilih satu rumah makan dengan nama yang cukup familiar: Kedai Daeng Kita. Kata “Daeng” pada nama rumah makan itu adalah julukan bangsawan yang berasal dari daerah saya di Makassar, Sulawesi Selatan.

ikan asam manis khas makasar

Nah, di rumah makan itu saya sempat lebih dulu memperkenalkan nama dan asal daerah saya. Setelah sedikit mengobrol, Daeng Tamrin, pemilik rumah makan langsung menawarkan saya menyicip menu andalannya, yaitu ikan asam manis.

Kedai Daeng Kita memang memiliki banyak menu khas Kota Makassar. Contohnya menu ikan asam manis ini, adalah makanan yang banyak disukai di Sulawesi Selatan. Orang-orang Timur yang memang banyak berprofesi sebagai pelaut lebih menyukai berbagai jenis ikan atau hasil laut lainnya sebagai makanan sehari-hari mereka.

ikan asam manis khas makasar di Pandaan Timur
Menikmati menu ikan asam manis ini membuat saya seperti sedang berada kembali di Kota Makassar. Cita rasa saus asam manisnya sangat sesuai dengan menu ikan asam manis yang biasa saya makan di rumah makan andalan saya.


Berbahan dari jenis ikan gurami, membuat perpaduan daging ikan dan saus asam manis benar-benar nendang. Saat nanas dalam saus dikunyah bersama ikan, terasa jelas sensasi asam yang berubah jadi manis di lidah. Kombinasi lada dan bawang bombay juga menambah rasa gurih disetiap gigitannya.

Satu paket menu ikan asam manis lezat ini dihargai sebesar 40.000 rupiah. Paket menu itu terdiri dari satu ekor ikan gurami asam manis, sepiring nasi putih, dan teh hangat atau dingin.

makanan khas makasar
Rumah makan Kedai Daeng Kita berada di dekat terminal tembusan jalan tol Gempol, sekitar 300 meter dari Polsek Pandaan. Alamat lengkapnya di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Pasegan, Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Opening Hours
Buka setiap hari, pukul 09.00 - 21.00 WIB.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data