Tahu Guling Mbah Joyo, Kuliner Legendaris Favorit Presiden Sejak 1942

Tahu guling mbah joyo

lizbeth | Sightseeing
Sleman, Yogyakarta, Indonesia | halal
15 Mar 2019


Tahu Guling Mbah Joyo, Kuliner Legendaris Favorit Presiden Sejak 1942
Tahu guling mbah joyo, menjadi kuliner legendaris sejak tahun 1942.

Di Jogja emang banyak banget kuliner enak, mulai dari kaki lima hingga yang bintang lima. Smeuanya enak. Rasanya aku ngga pernah sih makan makanan yang ngga enak disini, apa karena akunya yang doyan makan ya? Hehehe.. Anyway, kemarennya aku sempet kulineran kaki lima dan nyobain Ayam Bumbu Rujak Pak Sholeh dan sebelum berangkat kuliah, aku kulineran lagi dong. Kali ini aku ditemani beberapa teman sekelas pergi ke daerah Pasar Godean buat cicipin Tahu Guling Mbah Joyo.

Tahu guling mbah joyo

Warung Tahu Guling Mbah Joyo ini sederhana sekali guys, cuma gerobakan gitu. Meskipun gitu, ternyata gerobak ini udah eksis sejak tahun 1942 lho. Salah satu tahu guling yang legendaris di Jogja ini memang cukup terkenal dan aku sendiri suka makan disini dari kecil dulu kalo pas lagi diajakin ibu belanja di Pasar Godean. Sampe sekarang pun aku kerap menyambangi gerobak Mbah Joyo ini sebelum berangkat kuliah atau kalo lagi pengen aja.

Tahu guling mbah joyo

Gerobak Tahu Guling Mbah Joyo memang sederhana, tapi siapa sangka ternyata tahu guling ini adalah favorit Presiden Soeharto? Pada tahun 1993, Gerobak Tahu Guling Mbah Joyo ini pernah masuk di Istana Negara. Wah, bisa dibayangin dong gimana enaknya tahu guling ini, bahkan sampe presiden aja suka.

Pagi itu aku tiba di Pasar Godean sekitar jam 7 pagi dan langsung pesen empat porsi Tahu Guling. Dengan sigap Mbah Joyo pun langsung membuatkannya buat aku dan teman-teman. Teman-teman aku memang belum pernah ada yang mencicipi kuliner ini, jadinya mereka penasaran banget sama rasa Tahu Guling ini. Maklumlah, kebanyakan dari mereka adalah warga dari luar Jogja.

Tahu guling mbah joyo

Piring-piring tahu guling ini akhirnya hadir di meja kami. Seporsi tahu guling berisikan bawang putih dan cabe rawit yang diuleg kasar lalu kemudian diberi kuah asem manis yang terbuat dari gula jawa. Setelah itu diberi potongan ketupat, potongan tempe bacem, beberapa iris tahu kuning, tauge, kol dan taburan bawang putih. Kemudian diatasnya diberi kerupuk.

Tahu guling mbah joyoTahu guling mbah joyo

Rasa dari Tahu Guling Mbah Joyo ini adalah asem, manis, pedes dan gurih yang tercampur dengan enaknya di lidah. Porsinya juga pas banget buat sarapan, ngga terlalu banyak tapi cukup mengenyangkan. Kalo menurut teman-teman sih rasa dari Tahu Guling ini mirip banget sama kupat tahu yang ada di Temanggung. Rasanya nano-nano soalnya semua tercampur sempurna sehingga menghasilkan efek yang lezat. Khas banget dan otentik.

Tahu guling mbah joyo

Seporsi Tahu Guling Mbah Joyo ini harganya cukup terjangkau kok guys, yaitu Rp 5.000 aja. Murah banget kan? Ngga heran kalo Gerobak Tahu Guling Mbah Joyo ini punya banyak sekali pelanggan tetap, bahkan ada yang sejak jaman dulu lho. Soalnya sih emang rasa dari Tahu Guling Mbah Joyo ini ngga pernah berubah guys, dari dulu waktu aku kecil dan pertama kali nyobain Tahu Guling ini sampe sekarang udah gede, rasanya ngga berubah dan tetap aja enak. Ngga heran juga kalo akhirnya teman-teman aku tadi langsung jatuh cinta sama kelezatan Tahu Guling Mbah Joyo.

Tahu guling mbah joyo

So guys, kalo kalian lagi traveling ke Jogja dan cari kuliner kaki lima yang legendaris dengan rasa sadis tapi ngga bikin kantong tipis, cusss lah mampir ke Pasar Godean dan temukan Gerobak Tahu Guling Mbah Joyo. Gerobak ini biasa buka mulaia jam 7 pagi sampai habis, so aku saranin kalian buat ngga dateng terlalu siang ya kalo ngga mau kehabisan.

Video by Evan Media

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY