Opor Ayam Bakar Kudus: Cobain Lezatnya Kuliner Favorit Para Raja

opor ayam bakar kudus

brandonkeren | Sightseeing
Kudus, Jawa Tengah, Indonesia | halal
16 Jan 2019


Opor Ayam Bakar Kudus: Cobain Lezatnya Kuliner Favorit Para Raja
Opor Ayam Bakar Kudus, ada yang pernah cobain? Yang belum, baca reviewku aja biar bisa membayangkan enaknya wkwk.

Mungkin kalian udah familiar dengan kuliner opor ayam atau kuliner ayam bakar, tapi gimana jadinya kalo kedua makanan tersebut digabungkan? Di Kudus, kalian bisa menemukan kuliner unik ini yang menggabungkan opor ayam dengan ayam bakar. Masyarakat setempat kerap menyebutnya Opor Ayam Bakar atau Opor Ayam Panggang. 

Ternyata, selain ada Lentog Tanjung dan Sate Kerbau, di Kudus juga ada kuliner opor ayam bakar yang cukup unik dan ngga ada di daerah lain lho. Awal denger namanya aja, aku langsung penasaran pengen cobain gimana rasa dari Opor Ayam Bakar ini. Konon, kuliner ini sudah ada sejak zaman Sunan Kudus atau sekitar pada abad ke 15 dan menjadi favorit para Raja di masa itu. Wah, udah lumayan tua ya kuliner satu ini!

Video by Official NET News.

Proses pembuatan kuliner unik ini memang lumayan lama guys, karena harus melalui beberapa proses pengolahan. Pertama-tama, satu ekor ayam kampung utuh dibersihkan dari bulunya dan dikeluarkan jeroannya. Kemudian racikan bumbu halus dimasukkan ke dalam bagian ayam dan ayam tersebut dikukus hingga matang. Proses ini membuat bumbu lebih merasuk kedalam daging ayam.

Setelah matang, bumbu dalam perut ayam tadi dikeluarkan dan dimasak menjadi kuah opor yang kemudian ditambahkan dengan santan kental. Sementara itu, ayam tadi dibakar hingga agak gosong bagian luarnya. Proses pembakaran ini pun berfungsi agar aroma daging asap yang sedap keluar. Bumbu-bumbu yang digunakan biasanya aneka rempah seperti jinten, ketumbar, kunyit, kemiri, merica, bawang merah, bawang putih, daun jeruk nipis, cabai dan pala.

Opor ayam bakar ini pun disajikan dengan cara yang sangat sederhana, tapi tampilannya cukup menggoda dan bikin ngiler. Penyajiannya menggunakan nasi atau lontong yang disajikan diatas piring, kemudian ditambahkan daging ayam panggang yang telah dipotong kecil-kecil diatasnya, lalu disiram dengan kuah opor yang gurih. Biasanya, biar makin lengkap bisa ditambahkan ekstra lauk seperti sambal goreng tahu dan serundeng. Biar makin mantap, kalian bisa nambahin kuah yang banyak jadi kayak kebanjiran gitu piring kalian.

opor ayam bakar kudus

Nuansa tradisional dari opor ayam bakar ini adalah penyajiannya yang menggunakan alas daun pisang dan disantap menggunakan sendok yang terbuat dari selembar daun pisang (suru). Unik banget sih ini! 

opor ayam bakar kudus

Kalo soal rasa, kuliner ini rasanya emang unik banget guys. Kuah opornya terasa gurih, tekstur daging ayamnya juga lembut dan bumbunya bener-bener terasa disetiap potongan daging ayamnya. Jelas aja karena emang proses memasaknya yang super lama dan pemilihan daging ayamnya yang berkualitas.

opor ayam bakar kudus

Lalu, dimana bisa kalian temui penjual Opor Ayam Bakar ini? Sebenernya di Kudus ada banyak banget penjual opor ayam bakar, tapi yang paling rekomended adalah Opor Ayam Bakar di Warung Pak Suroso. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1960an dan sering disebut sebagai opor panggang Sunggingan. Sunggingan adalah nama sebuat daerah di Kudus. Lokasi warungnya berada di Jalan Niti Semito no 9, Desa Ploso, Kudus. Warung ini udah lama jadi tempat sarapan favorit warga setempat karena rasanya enak banget.

lokasi opor ayam bakar kudus

Kalo kalian mau kesini, aku saranin buat dateng pagian karena biasanya kalo kesiangan dikit aja udah habis opor ayam bakar ini. Warung ini udah buka mulai jam 6 pagi sampai habis. Jadi pastikan kalian ngga kehabisan ya guys, sayang banget kan udah jauh-jauh main ke Kudus tapi ngga bisa nyobain kuliner unik dan legendaris ini.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY