Menikmati Sajian Roti Legendaris Bertema Vintage di Roti Gempol Bandung

Kuliner di bandung

Liszt1213 | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
03 Jan 2019


Menikmati Sajian Roti Legendaris Bertema Vintage di Roti Gempol Bandung
Roti yang legendaris di Bandung ini menjadi kuliner wajib di coba saat berkunjung ke Bandung loh. Nah inilah rasa roti Legendaris yang ada di Roti Gempol Bandung!

Jadi kemarin ceritanya lagi iseng main ke Bandung nyari udara seger, tapi berhubung liburan yaa macet-macetan dikit lah ya. Setelah turun dari Lembang kami serombongan emang udah rencana mau nyobain roti gempol. Kalau dilihat dari fotonya sih kayaknya enak si roti gempol ini, disajikan seperti roti bakar gitu.

Kuliner di bandung
Ternyata diberi nama roti gempol karena tokonya yang terletak di Jl. Gempol Wetan No.14. Cukup mudah mencarinya karena ada di google maps dan pas aku intip reviewnya pada bagus-bagus, jadi semakin penasaran untuk mencobanya. Katanya roti gempol ini sudah buka sejak tahun 1958. Tapi pertama buka bukan di Bandung loh, melainkan di Salatiga dan hanya menjual roti tawar saja. Baru tahun 1992 pindah ke Bandung, di toko yang sekarang ini. Setelah berjualan 2 tahun akhirnya pada tahun 1994 barulah tercipta roti gandum yang sangat populer di toko ini. Wah benar-benar ada menarik ya, toko roti saja ada sejarahnya.

Kuliner di bandung
Kalau kalian berespektasi tokonya besar, kalian salah. Toko roti gempol ini bisa dibilang kecil, seperti halaman rumah yang di sulap menjadi toko roti. Di depannya banyak orang mengantri duduk di kursi plastik. Didalamnya terlihat orang sedang memilih roti dan juga menunggu pesanan. Untung pas aku masuk ada pengunjung yang sudah selesai, langsung sikat deh tuh kursi. Kalau dilihat dari interiornya masih kental suasana vintagenya, lawas namun apik. Disana ada etalase display untuk kuenya. Jadi tidak hanya roti gempol aja disini, melainkan ada jenis kue-kue lain yang nggak kalah menarik mulai dari donat, pancake, dan roti isian yang lain.

Kuliner di bandung
roti gempol bandung
Kemarin pas lihat menunya sedikit kaget ternyata disini nggak hanya menjual aneka jenis roti saja. Buat kamu yang mau makan besar juga bisa, disini ada juga menu mie yamin asin dan mie yamin manis, nggak hanya itu bakso pun juga tersedia disini. Wahh mantab banget dan ni toko.

Untuk roti gempolnya disini ada 4 jenis penyajian. Yang pertama ada manis (coklat, susu, kacang, dan selai), asin (keju dan telur), spesial (daging dan telur, atau daging dan keju), dan yang terakhir adalah menu komplit (daging, telur, dan keju). Kalau jenis rotinya ada roti tawar putih dan roti gandum, untuk roti gandumnya harganya memang sedikit lebih mahal.

roti gempol bandung

roti gempol bandung
Yang bikin seneng disni kalian bisa pilih mau seberapa porsi rotinya, jadi ada porsi perseorangan (untuk 1-2 orang), dan porsi ririungan yang cocok untuk dimakan rame-rame. Nah untuk porsi ririungan ini kalian bisa pilih lagi untuk ½ rotinya mau varian manis atau asin begitu. Jadi bisa nyobain rata deh.

Kemarin aku pesan yang porsi ririungan ½ komplit dan ½ nya lagi manis. Roti yang aku pilih tentu saja yang roti gandum, karena best sellernya adalah roti gandum. Nggak hanya roti, kami juga pesen satu mie yamin manis karena penasaran aja enak apa nggak ya mie yamin di toko roti.

roti gempol bandung
Setelah pesan kalian bisa melihat proses pembuatanya. Roti gandum yang digunakan cukup tebal tapi terlihat lembut. Roti dibakar diatas penggorengan yang pipih khas penjual roti bakar itu (kagak tau namanya maafkeun). Disana mulai terlihat asap yang mengepul dengan aroma sedap yang mengugah selera.

Setelah menunggu kurang lebih 20 menit pesanan yang kami pesan datang. Aku penasaran banget sama roti gempol yang manisnya dulu. Pertama saat dipegang rotinya aja udah kelihatan empuk banget rotinya, beda dengan roti gandum yang pada umunya terkesan keras atau bantet, nah ini beda benar-benar empuk. Didalamnya diberi selai kacang dan coklat meses. Rasanya? ENAKKKK! Fix ini cocok di lidah aku dan bakalan pesen satu lagi untuk dibawa pulang.

roti gempol bandung
Yang kedua aku nyobain roti gempol komplitnya. Daging asap dan telurnya sudah menyatu didalam ditambah parutan keju. Sekilas memang mirip sandwich Cuma nggak ada sayurnya haha. Kalau makan yang ini paling enak ditambah saus sambal ang sudah tersedia biar makin nampol dah tu. Kalau dibanding sama yang manis tadi aku lebih suka yang manis. Tapi dua-duanya enak kok, seriusss!

Nah buat kalian yang lagi di Bandung bisa banget nyoabin roti gempol ini. Pasti kurang deh kalau makan satu. Selamat mencoba!

Opening Hours
07:00 - 21:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY