Nasi Kuning Ambon Avon: Kuliner Ambon Kini Hadir di Surabaya!

kuliner di surabaya

leon | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
21 Dec 2018


Nasi Kuning Ambon Avon: Kuliner Ambon Kini Hadir di Surabaya!
Nasi Kuning Ambon Avon ini kuliner ambon yang wajib kamu coba!

Minggu pagi lalu, tiba-tiba saya diajak salah satu sepupu saya buat ke Car Free Day (CFD) di Surabaya. Sebenernya, di Surabaya ada beberapa titik untuk kegiatan CFD ini, tapi kemaren kita dateng ke CFD yang ada di Jalan Raya Darmo Surabaya atau daerah sekitar Taman Bungkul. Kalian pasti tahu donk ya taman kota yang satu ini, soalnya udah terkenal banget sih karena keindahannya. Karena ngga boleh bawa kendaraan bermotor untuk menuju ke area CFD, akhirnya kita pun mutusin buat naik sepeda ontel. Untungnya juga rumah saya tidak terlalu jauh dari Taman Bungkul.

Setelah lelah bersepeda, kami pun mutusin buat istirahat sambil cari sarapan. Sebenernya di area CFD ini banyak banget penjual makanan, saking banyaknya kami sampai bingung mau beli apa. Hahaha, akhirnya sepupu saya ngajakin buat nyobain Nasi Kuning Ambon. Saya pun penasaran, kira-kira bedanya apa ya nasi kuning Ambon sama nasi kuning yang biasa saya makan saat acara tumpengan? 

Nasi Kuning Ambon ini bernama Nasi Kuning Ambon Avon dan lokasinya ada di Jalan Kapuas, masuk Gang Lusy, daerahnya sekitaran Jalan Darmo situ, seberang Wismilak House. Warungnya ternyata kecil guys, tapi yang beli antri banget. Apalagi pas hari Minggu gini. Tapi kata sepupu saya sih ini nasi kuningnya enak banget dan dia sering sarapan disini, meskipun harus rela ngantri. Saya pun penasaran, kira-kira seenak apa sih nasi kuning disini?

nasi kuning ambon avon

Sambil nunggu antrian, sepupu saya pun bercerita kenapa warung ini diberi nama Warung Nasi Kuning Ambon Avon. Katanya sih, pemilik warung ini dulunya sempat merantau ke Ambon bersama seluruh keluarganya. Pas disana, pemilik warung itu menjual nasi kuning ini didepan toko bernama toko Avon. Nah, rasa nasi kuningnya pun disesuaikan dengan lidah orang Ambon yang notabene berbeda dengan lidah orang Jawa. Akhirnya mereka memodifikasi rasa dari nasi kuning ini. 

nasi kuning ambon avon

Kira-kira tahun 1999, pemilik warung tersebut kembali ke Surabaya dan kemudian membuka warung di Jalan Kapuas ini dengan nama Nasi Kuning Ambon Avon. Nama Ambon dan Avon masih tetep dipake untuk menunjukkan khasnya karena memang nasi kuning ini berbeda dengan nasi kuning yang biasa saya makan pas ada acara selamatan. 

Kalo biasanya nasi kuning yang sering saya jumpai dan cicipi disajikan dengan lauk ayam goreng atau ayam panggang, telur dadar dan lauk lainnya, beda dengan Nasi Kuning Ambon ini yang lauknya menggunakan ikan cakalang atau tongkol yang dibumbui mirip bumbu Bali. Terus dilengkapi dengan laksa juga lho, sejenis mie bening yang mirip mihun tapi teksturnya lebih kenyal. Terus nasi ini juga dilengkapi dengan sambal goreng kering menggunakan ketela yang dicampur tempe goreng, kemudian ditambah serundeng dari perutan kelapa yang disangrai kering.

kuliner di surabaya

Lauknya sendiri selain ikan cakalang, ada juga telur rebus dan ayam goreng. Lauk ini dicelupkan ke bumbu khasnya yang rasanya pedas manis sebelum disajikan. Nah, rasa pedas manis ini yang jadi ciri khas nasi kuning Ambon daripada nasi kuning pada umumnya. 

kuliner di surabaya

Harga seporsi nasi kuning ini sekitar 20 ribuan guys, menurut saya harganya masih masuk akal karena memang rasanya yang enak. Yahh, meskipun harus rela antri yang lumayan lama, tapi ini worth banget buat dicoba. Jadi, kalo kalian lagi main ke Surabaya, jangan lupa cobain nasi kuning ini ya. Warung ini buka setiap hari mulai jam 6 pagi sampai jam 1 siang. Jangan sampai kehabisan!

Video by Sapto McSapi

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY