Rujak Kolam Medan: Kuliner Jagoan Medan yang Menggugah Selera

rujak kolam medan

kartikaputri | Sightseeing
Jakarta Utara, Dki Jakarta, Indonesia | halal
07 Dec 2018


Rujak Kolam Medan: Kuliner Jagoan Medan yang Menggugah Selera
Rujak Kolam Medan yang memiliki bumbu muateo dan menjadi kuliner jagoan di medan yang wajib di coba!

Minggu lalu gue diajakin salah satu temen buat belanja ke ITC Mangga Dua buat beli bahan kain. Kebetulan dia mau nikah dan pengen jahit baju sendiri, makanya kita langsung hunting ke ITC karena disana murah banget. Minggu itu kondisi ITC pas lagi rame banget dan cuacanya lumayan panas. Saat tengah berbelanja, akhirnya kami memutuskan untuk istirahat bentar buat makan siang, eh jajan sih sebenernya. Karena tadi pagi kita udah sarapan nasi, akhirnya kita pun nyari makanan ringan yang lumayan bisa ngeganjel perut.

rujak kolam medan

Ngga sengaja kita nemun salah satu warung rujak yang rame banget, karena penasaran akhirnya kita samperin juga penjualnya dan ternyata itu adalah penjual rujak kolam medan. Dari namanya sih agak unik ya soalnya disitu juga ngga ada kolam tapi kenapa makanan ini dikasih nama rujak kolam?

Ternyata nih guys, Rujak Kolam ini punya asal usul. Sebutan ini karena penjual rujak ini dulunya ada di dekat Kolam Deli, sebuah objek wisata bersejarah yang merupakan warisan kerajaan. Ngga cuma satu, tapi ada banyak penjual rujak di sekitar kolam ini dan merka sudah berjualan sejak era 60an. Keren yaa, ternyata kuliner ini udah ada sejak jaman dulu tapi masih eksis sampe sekarang.

Sebenernya sih ngga ada bedanya dengan rujak pada umumnya, bumbu rujak ini juga bumbu yang diuleg dengan tangan. Bahan untuk bumbu yang digunakan juga menggunakan kacang tapi kacangnya ditumbuk kasar jadi teksturnya masih terasa pas digigit. Keunikan lain dari Rujak Kolam ini adalah banyaknya buah yang digunakan, kurang lebih ada sekitar 8 sampe 10 buah yang dipotong, mulai dari semangka, nanas, bengkoang, pepaya, kedondong, timun, mangga, jambu air, jambu air dan jambu biji. Ditambah lagi, ada tambahan pisang muda yang membuat rujak ini terasa lebih lezat dan khas.

rujak kolam medan

Pilihan menu disini juga beragam, mulai dari Rujak Reguler (komplit), Rujak Request (non komplit), Rujak Spesial Request (1 jenis), Rujak spesial (3 jenis buah), Rujak Serut, Rujak Tumbuk dan Rujak Kacang Mete. Harganya juga terjangkau banget guys, ngga terlalu mahal juga. 

Bumbu rujak ini terbuat dari gula aren murni, terasi Medan dan asam Jawa yang kemudian ditambah dengan gerusan kacang tanah kasar tadi lalu diberi irisan pisang batu yang bikin rasanya terasa agak sepat. Lalu, ngga lupa juga buat ditambahin cabe merah rawit sesuai dengan permintaan pembeli. Kalo kalian doyan pedes, bisa tuh minta tambahin cabenya. Bumbu rujak ini terkenal banget kelezatannya sampe-sampe dijual bumbu rujaknya ada lho guys disana, mulai dari yang ukuran besar hingga yang ukuran kecil.

rujak kolam medan

Bumbu tersebut kemudian disiramkan diatas potongan buah segar. Kalo rasanya jangan ditanya lagi guys, campuran pedes manis dan segernya bener-bener bikin kalap. Rasanya kayak ngga cukup kalo cuma makan seporsi aja. Pengen deh gue beli yang banyak gitu buat dimakan di rumah. Apalagi kalo dinikmati sama kerupuk putih, makin mantap lah rujak ini.

kuliner di medan

kuliner di medan

Pantesan aja ya Rujak Kolam ini banyak banget yang beli, sampe rela antre lho. Pengen cobain juga? Dateng aja langsung ke gerai Rujak Kolam Medan yang ada di ITC Mangga Dua lantai 3D (samping eskalator). Atau ke cabang lainnya yang ada di Food Temptation Mall Kelapa Gading 3, Food Sensation Mall Kelapa Gading 1&2 dan Food Carnival AEON Mall Serpong.

Video by Official NET News

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY