Balung Kethek, Nostalgia Camilan Jaman Dulu. Kini Rasanya Beragam Lho!

balung kethek solo

brandonkeren | Sightseeing
Solo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
30 Nov 2018


Balung Kethek, Nostalgia Camilan Jaman Dulu. Kini Rasanya Beragam Lho!
Camilan jaman dulu dan sekarang memiliki beraneka rasa, membuat balung kethek hits!!!

Siapa nih yang suka ngemil? Semua orang pasti suka banget ngemil,apalagi kalo cuaca lagi dingin kayak gini, pasti paling enak kalo ngemil. Ngomongin soal camilan atau makanan ringan, beberapa Minggu lalu aku sempet pergi ke Solo buat datengin acara nikahan salah satu temen kantor dan kebetulan juga sebelum pulang ke Surabaya aku sempet beli salah satu camilan khas Solo yang enak banget dan udah jadi camilan favoritku sejak kecil, yaitu Balthek atau Balung Kethek.

Apa sih Balung Kethek itu? Kalo menurut arti dalam bahasa Jawanya, Balung Kethek adalah Tulang Monyet. Tapi camilan ini bukanlah camilan yang terbuat dari tulang belulang monyet lho guys. Itu hanya istilahnya aja dan sebenernya camilan ini adalah keripik singkong. Konon katanya sih, diberi julukan Balung Kethek karena keripik ini digigit keras seperti tulang (balung) dan bisa bikin yang makan meringis menampakkan gigi seperti kethek (monyet).

balung kethek solo

Sebenernya camilan ini mulai jarang dijual atau bisa dibilang hampir punah, tapi masih ada beberapa penjual yang masih menjualnya bahkan varian rasanya juga udah mulai beragam dan bisa dibilang kekinian, seperti rasa jagung manis, balado, ayam bakar, gurih, pedas, manis dan keju.

balung kethek solo

Balung Kethek dulunya terbuat dari sisa-sisa rebusan ketela dan teksturnya keras rasanya juga hanya manis. Tapi sekarang, Balung Kethek ini terbuat dari singkong mentega sehingga menghasilkan tekstur keripik yang lebih empuk dan ngga keras. Bahkan rasanya udah gurih meskipun tanpa bumbu lho. 

Cara membuatnya juga cukup sederhana, singkong mentega yang sudah dikupas dan dibersihkan, lalu dipotong-potong tipis dan langsung digoreng tanpa dijemur. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kebersihan Balung Kethek ini. Setelah digoreng, balung kethek ini dikemas sesuai rasa yang udah diberikan pas proses penggorengan. Bumbu yang digunakan juga bumbu khusus yang kualitasnya terjamin. 

balung kethek solo

Biasanya keripik ini di bungkus dalam takaran 100 gr, 130 gr dan 150 gr dengan harga kisaran Rp 10.000 - Rp 13.000 per bungkusnya. Untuk membelinya pun kalian bisa banyak menemuinya di pusat oleh-oleh kota Solo, di pasar malam Ngarsopuro setiap Sabtu dan juga Car Free Day setiap Minggu. Ngga cuma itu lho guys, ternyata camilan yang hampir punah ini juga mulai banyak dijual di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Bandung dan Bali. Atau, kalo kalian yang dari luar kota, bisa banget beli Balung Kethek ini secara online. Mudah banget kan?

balung kethek solo

Meskipun makanan ringan ini tergolong sederhana, tapi kalian ngga usah khawatir soal kebersihannya karena Balung Kethek ini sudah dapet lisensi Halal dari MUI dan ijin usaha dari BPOM. 

Untuk soal rasa, aku bisa bilang kalo keripik ini ngga ada duanya sih. Beda banget sama keripik singkong pada umumnya. Yaa jelas donk ya, bahan bakunya ada beda, pasalnya singkong mentega yang digunakan untuk membuat Balung Kethek ini dikirim langsung dari Boyolali, Jawa Tengah. Jadi rasa keripiknya khas banget dan gurih pastinya. Teksturnya juga ngga keras dan rasanya unik. Varian rasa favorit aku sih jagung manis dan pedas. Tapi meskipun pedas, menurut aku juga ngga pedas banget dan bisa dibilang kurang pedas untuk kalian yang penyuka pedas. Hehehe..

balung kethek solo

Jadi, kalo kalian main ke Solo, jangan lupa buat beli Balung Kethek ini ya guys buat oleh-oleh keluarga di rumah dan kerabat. Atau buat camilan di rumah juga bisa, cocok banget dinikmati dalam segala suasana. 

Video by Yusuf Mahmudi

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.