Mie Celor H.M Syafei : Kuliner Wajib di Palembang Selain Pempek

kuliner di palembang

marthagaul | Sightseeing
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia | halal
23 Nov 2018


Mie Celor H.M Syafei : Kuliner Wajib di Palembang Selain Pempek
Selain Pempek kalian bisa cobain Mie Celor H.M Syafei yang wajib di cicipi saat berada di Palembang... inilah rasa mie yang ada disini!

Siapa yang suka banget sama mie disini? Nah kebetulan banget gue beberapa hari yang lalu lagi ada urusan di Palembang, cuma 2 hari aja sih tapi yang nggak boleh ketinggalan wisata kulinernya yakann hehe. Selain hari pertama gue udah nyobain pempek khas Palembang, ada satu kuliner lagi yang harus gue cicipi yaitu mie celor. Jadi hari kedua sebelum pulang gue mampir ke salah satu tempat mie celor yang katanya terenak di Palembang. Sebelumnya gue pernah nyobain mie celor tapi bukan di Palembang langsung, jadi gue semakin penasaran apakah rasanya sama aja apa lebih wow.

kuliner di palembang
Jadi kemarin gue nyobain Mie Celor H.M Syafei Z 26 Ilir Palembang, oke namanya emang panjang banget tapi biasanya orang-orang sebut mie celor H Syafei gitu aja udah pada ngerti kok. Karena tempat makan ini memang udah terkenal enak dan udah buka dari tahun 1950-an. Bahkana katanya Bu Megawati suka makan mie celor ini, dan waktu masih jadi presiden sering pesan mie celor ini untuk di kirim ke Istana Negara. Wih kalau kayak gitu ceritanya jadi makin penasaran sama rasanya kan.

kuliner di palembang
Buat kalian yang belum tahu apa itu mie celor adalah mie yang di celup-celupin ke air mendidih (celup = celor) lalu diberi kuah dan telur diatasnya. Jenis mie yang digunakan dalam mie celor ini adalah mie gendut lurus berwarna kuning, mirip spaghetti atau juga bisa dibilang mirip mie Aceh. Dan kuah dari mie celor ini sangat kental berwarna kuning ke oranye gitu (apasih, paham kan :D). Kuah ini dibuat dari kaldu udang galah yang gede itu lo jadi nanti rasa udangnya bakalan nendang banget.

mie celor h.m syafei
Untuk tempat makannya sebenernya nggak begitu luas ya, hanya ada beberapa meja dan kursi dan ada satu tempat masaknya di depan. Jadi kalian bisa lihat proses masaknya. Jadi pertama mie celor dan toge di celup-celupkan ke air yang mendidih, selanjutnya di tuangkan kuah kental diatasnya. Btw guys tungku masak mie celor ini cukup unik. Bentuknya kotak dan ada dua sisi satu untuk mencelpukan mie yang satu wadah kuah. Fyi wadah kuah ini diletakkan menggantung dari api karena kalau terkena api langsung bakalan panas banget dan membuat kuah semakin mengental jadi merusak teksturnya. Nah setelah disiram kuah barulah diatasnya diberi potongan telur rebus, irisan daun bawang, dan bawang goreng. Untuk proses pembuatannya emang cepet jadi kita nggak perlu tunggu lama-lama makanan sudah siap!

mie celor h.m syafei
Menurut gue satu porsi mie celor ini disajikan cukup banyak lo, pasti bakalan kenyang kalau makan ini. Dari aromanya saja sudah tercium kuah kaldu udangnya, pertama gue mau cobain kuahnya dulu. Dari tekstur kuah ini kantal mirip sup cream gitu, dan rasa udangnya bener-bener terasa gurih. Dan taugenya masih terasa segar jadi ngasih tekstur yang “kresss” giitu. Ternyata emang beda rasanya mie celor yang pernah gue makan sebelumnya dengan yang ini. Yang ini jauhhhh lebih nendang rasa kuahnya. Untuk mienya juga pas nggak terlalu lembek atau keras. Nah kalau makan mie celor ini paling enak ditambah dengan kerupuk.

mie celor h.m syafei
Kalau gue kasih rating sih 9/10 dehhh karena beneran enak. Pantes aja ini tempat makan terkenal banget di Palembang. Bahkan sekarang sudah buka 2 cabang katanya. Karena enak gue sempetin bungkus 2 porsi untuk dibawa pulang. So gimana kalian penasaran sama rasanya? Kalau ke Palembang jangan lupa mampir ke Mie Celor H.M Syafei Z 26 Ilir karena rasanya juaraa!

Opening Hours
06:00 - 20:00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.